Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Pdt. R. W. Sagala. Ayat Bersahutan Ulangan 11:18-23 18 Tetapi kamu harus menaruh perkataanku ini dalam hatimu dan dalam jiwamu; kamu harus mengikatkannya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Pdt. R. W. Sagala. Ayat Bersahutan Ulangan 11:18-23 18 Tetapi kamu harus menaruh perkataanku ini dalam hatimu dan dalam jiwamu; kamu harus mengikatkannya."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Pdt. R. W. Sagala

2 Ayat Bersahutan Ulangan 11: Tetapi kamu harus menaruh perkataanku ini dalam hatimu dan dalam jiwamu; kamu harus mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu. 19 Kamu harus mengajarkannya kepada anak-anakmu dengan membicarakannya, apabila engkau duduk di rumahmu dan apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun; 20 engkau harus menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu, 21 supaya panjang umurmu dan umur anak-anakmu di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepada mereka, selama ada langit di atas bumi. 22 Sebab jika kamu sungguh-sungguh berpegang pada perintah yang kusampaikan kepadamu untuk dilakukan, dengan mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya dan dengan berpaut pada-Nya, 23 maka TUHAN akan menghalau segala bangsa ini dari hadapanmu, sehingga kamu menduduki daerah bangsa-bangsa yang lebih besar dan lebih kuat dari padamu.

3 136 AKU SUKA CRITAKAN Reff: Aku suka critakan serta puji namaNya Aku suka masyhurkan hal kecintaanNya 1/4 Aku suka critakan barang yang di surga Yang penuh kemuliaan hal Yesus dan cinta Aku suka critakan karna benar itu Yang sungguh menyenangkan hatiku sepenuh 2/4 Aku suka critakan kabar yang terindah Yang brikan kesukaan lebih dari dunia Aku suka critakan yang bri ku bersuka Padamu ku kabarkan dan pada dunia 3/4 Aku suka critakan kabar dari surga Yang brikan kemenangan atas sgala dosa Aku suka critakan karna banyak orang Yang suka mendengarkan kabar yang brikan trang 4/4 Aku suka critakan pada yang blum dengar Yang rindu mendengarkan kabar Injil benar Dan klak di dalam surga ku akan nyanyikan Lagu ceritra Yesus yang ku tlah masyhurkan

4 Ayat Inti: Ulangan 11:19 ”Kamu harus mengajarkan kepada anak-anakmu dengan membicarakannya, apabila engkau duduk di rumahmu dan apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun (Ulangan 11:19)”

5  Sekarang ini, salah satu bisnis yang sangat menjanjikan kepada para pelaku bisnis ialah bisnis mengelola sekolah atau pendidikan.  Kemana saja anda pergi (khususnya) di kota- kota besar anda akan menemukan begitu banyak bisnis yang berhubungan langsung dengan pendidikan, apakah itu bersifat formal atau informal.  Dimana-mana saudara akan menemukan begitu bayaknya sekolah dan kursus-kursus.  Mengapa?  Jawabannya, orang sekarang ini sudah semakin sadar bahwa ”pendidikan” adalah penting dan dapat merubah keadaan seseorang.

6 Raja Solaiman, orang yag paling bijaksana yang pernah hidup di dunia ini berkata ”Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dar jalan itu.

7 ”Mengapa Solaiman memberikan nasehat agar orang muda dididik secepatnya (pada masa muda mereka)?  Raja Solaiman mengerti betul bahwa ”pendidikan dan latihan yang diberikan sejak masa muda, memiliki pengaruh sepanjang umr”. Dengan begitu banyaknya sekolah-sekolah yang muncul pada saat ini disertai dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing, kita perlu memilik sekolah yang tepat untuk anak-anak kita yang Tuhan berikan kepada masing-masing keluarga kita. Saudara, tulisan ini sengaja saya persiapkan agar kita dapat ”melihat kembali keuntungan-keuntungan dari pendidikan Kristen sebagai satu sarana untuk melatih dan menyelamatkan orang-orang muda kita”.

8 Marilah kita pelajari bersama ”Apa dan Bagaimanakah Pendidikan Kristen itu!”.  Sdr, pendidikan Kristen setidaknya medmpersiapkan 6 hal penting berikut ini:

9 1.PENDIDIKAN KRISTEN ITU ADALAH ALKITABIAH  Sebagai seorang anggota Gereja MAHK masing-masing kita menyadari bahwa, nilai- nilai ”rohani”adalah merupakan suatu hal yang sangat mendasar dan penting dalam diri kita. Yang secara pribadi kirta harus berusaha agar selalu hidup sesuai dengan Firman Allah, Rumah Tangga kita selalu kita jaga agar baik dan berbeda dengan rumah tangga dari orang- orang yang tidak beriman.  Di tempat kerja, kita berusaha menjadi orang yang selalu dikenal dengan baik dalam tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaan di tempat dimana kita bekerja. Sekarang, bagaimana dengan sekolah atau pendidikan anak-anak kita! Apakah sudah memilh sekolah yang terbaik untuk mendidik mereka?

10  Sehubungan dengan keyakinan kita sebagai seorang Kristen, kita percaya bahwa kita bukan hanya hidup untuk kehidupan dunia ini, melainkan juga harus mempersiapkan diri untuk hidup ”yang akan datang”. Itulah sebabnya segala ”aspek” hidup kita ini harus ditujukan kepada kekekalan. Alkitab adalah merupakan suatu suluh yang menerangi jalan kita menuju ”kekekalan itu”. Sehingga di dalam memilih sekolah bagi anak-anak kita, kita harus memilih sekolah yang didirikan atas dasar Alkitab.

11 Pengalaman bangsa Israel adalah merupakan pelajaran penting bagi rumah tangga kita masing-masing. Kepada bangsa itu Allah, melalui hambaNya Musa menasehatkan untuk: ”... mengajarkan kepada anak- anakMu, dengan membicarakannya...” (Ulangan 11:19).

12  Saudara, Apa yang harus diajarkan oleh bangsa itu kepada anak-anak mereka adalah ”Alktab”. Alkitab (Firman Allah) harus selalu diajarkan kepada anak-anak kita baik pada saat mereke di rumah maupun pada saat mereka berada di sekolah. Saya betul-betul yakin bahwa Sekolah Advent adalah sekolah yang didirikan atas dasar Alkitab dan lebih mengutamakan Alkitab dalam mendidik para pelajar dan mahasiswanya.

13  Ny. White menuliskan dalam buku Pendidikan, hal. 16: ”Karena Allah merupakan sumber segala pengetahuan yang benar... Kitab suci adalah standar sempurna kebenaran... oleh sebab itu harus diberi tempat tertinggi dalam pendidikan”. Marilah kita renungkan, apakah sekolah tempat kita menyekolahkan anak-anak kita adalah merupakan sekolah yang mengutamakan ”Alkitab”?

14 2. PENDIDIKAN KRISTEN ADALAH PENDIDIKAN YANG SEIMBANG Berbeda dengan pendidikan lainnya, pendidikan Kristen itu berusaha untuk mendidik orang-orang muda secara seimbang dalam 3H yakni: head (pikiran) Hand (tangan) Heart (hati)

15 Ellen White mengatakan: ”Pembangunan tabiat merupakan tugas terpenting yang pernah dipercayakan kepada manusia”. (Education,p. 225)

16 Sekolah mana yang menyadari hal ini?  Dari pengalaman, saya dapat merasakan bahwa sekolah- sekolah yang tidak dikelola oleh gereja ini lebih menonjolkan ”Head”. Mereka sangat menonjolkan ilmu pengetahuan duniawi bahkan nampaknya hampit tidak memperhatikan “Hand” apa lagi ”Heart”.  Di sekolah-sekolah ini nilai-nilai rohanisangat kurang diperhatikan.sehingga akhirnya muncullah dari sekolah- sekolah itu orang-orang pintar(besar kepala), penuh dengan ilmu pengetahuan tapi kurang dalam hal kerohanian; Terlalu banyak contoh yang dapat kita berikan mengenai orang-orang yang seperti ini, Mereka pintar, tetapi tidak terlalu percaya kepada Tuhan, bahkan menertawakan orang yang beragama.

17 Saya sangat tertarik kepada kutipan Ellen White dalam buku Counsels to Parents, Teachers and Students, hal 64 yang berkata: True education means more than taking a certain course of study. It is broad it includes the harmonious development of all the physical powers and the mental faculties. It teaches the love and fear of God, and is preparation for the faithful discharge of life’s duties.

18 Sekolah Kristen, yang dikelola oleh gereja ini menyadari benar bahwa mendidik anak-anak bukan hanya untuk mendapat ilmu pengetahuan, tetapi mendidik anak-anak lingkupnya lebih luas dari hanya sekedar memindahkan ilmu kepada para pelajar dan mahasiswa.

19 3. PENDIDIKAN KRISTEN ADALAH MERUPAKAN PENDIDIKAN YANG PRAKTIS  Berbeda dengan pendidikan yang dikelola oleh lembaga- lembaga pendidikan lainnya, pendidikan Kristen bersifat praktis. Dalam pendidikan yang dikelola oleh organisasi Gereja MAHK ini, para pelajar dan mahasiswa didik agar terlatih mengerjakan hal-hal yang praktis. Di sekolah Kristen para pelajar dan mahasiswa dilatih untuk menjadi orang-orang yang berguna dan pada saat yang sama dapat menggunakan tangannya.

20  Sekolah Kristen menyediakan sarana ”pekerjaan” bagi mereka yang ingin dilatih untuk bekerja. Selai belajar, para pelajar dan mahasiswa juga dilatih untuk menjadi orang yang rajin, mandiri melalui pekerjaan angan yang tersedia.  Tersedianya lapangan pekerjaan bagi para pelajar dan mahasiswa di lembaga pendidikan Kristen seperti di SLA/PTASN adalah merupakan respons terhadap apa yang Ellen White sebutkan dalam buku Education, halaman 225:

21 Ellen White Education, hal 225:  ”Semua yang terlibat dalam pekerjaan merupakan tangan Allah yang menolong. Mereka adalah para pekerja yang bekerja sama dengan para malaikat; bahkan mereka adalah manusia-manusi perkasa melalui siapa malaikat-malaikat menyelesaikan pekerjaan mereka, sebagai sarana pendidikan ”pekerjaan universitas” apakah yang dapat menyamai ini?”

22 Berbeda dengan sekolah-sekolah lain, di sekolah Kristen dari sejak muda anak-anak kita sudah dilatih untuk menjadi orang-orang yang siap bekerjasama dengan malaikat Allah melalui ”pekerjaan” hal ini tidak heran akan menjadikan anak-anak ini menjadi orang- orang yang kelak akan menjadi orang-orang yang berhasil dalam pekerjaan mereka. Di Sekolah Kristen anak-anak dididik untuk menjadi taat, berdisiplin, tahu untuk menghargai waktu, mau bekerja dengan tangan, ulet, ulet, rajin, jujur, setia dalam melakukan pekerjaan, yang semua ini bertujuan untuk membangun mereka menjadi manusia yang praktis, berdaya guna, elehgan dan dapat dipercaya.

23  Penelitian telah membuktikan bahwa anak-anak anggota jemaat kita yang telah belajar di sekolah yang dikelola oleh Gereja kita dari sejak SD Hingga ke Perguruan Tinggi, bilamana mereka terjun di tengah-tengah masyarakat, didapati bahwa mereka akan lebih setia terhadap imannya, bila dibandingkkan dengan mereka yang tidak pernah mengecap pendidikan di Sekolah Kristen.

24 4. PENDIDIKAN KRISTEN MENGAJARKAN KEPADA ANAK DIDIKNYA BERSOSIAL  Masih ungkapan yang begitu terkenal ”Tak seorangpun yang dapat hidup di sebuah pulau?” Pendidikan Kristen sangat mendukung kebenaran ungkapan di atas. Itulah sebabnya di SLA/PTASN, para pelajar dan mahasiswa dididik untuk menjadi orang yang bersosial. Mereka dikumpulkan dan tinggal bersama-sama dengan sahabatnya dalam satu kamar dan dalam satu asrama, berbagai latar belakang keluarga digabung dijadikan satu, untuk maksud agar mereka bersosial. Ada acara kebaktian bersama, bermain bersama, olah raga bersama, belajar bersama.

25 Kehidupan sosial di sekolah-sekolah Kristen dibuat merupakan aplikasi dari tulisan Ellen White dalam buku Pendidikan, halaman 225, ”pendidikan itu mencakup segenap lingkungan kewajiban, terhadap diri sendiri, terhadap dunia, terhadap Allah”. Di Sekolah mana lagi kita menemukan hal seperti ini, kecuali di sekolah Kristen.

26 5. PENDIDIKAN KRISTEN ADALAH MERUPAKAN PENDIDIKAN MISSIONARIS  Sebagai Lembaga Pendidikan Kristen, sekolah kita menyadari eksistennya di dunia ini bukan seperti sekolah lain. Keberadaan sekolah Kisten ialah dengan maksud agar para pelajar dan mahasiswanya dapat menjadi jembatan dan penghubung antara manusia dan Allah. Pendidikan Kristen adalah merupakan sekolah missionans.

27 Ellen White, Kerinduan Segala Zaman, jilid 1 hal 175 menuliskan: “Setiap murid yang sejati dilahirkan dalam Kerajaan Allah sebagai seorang missionaris ”

28  Dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah kita para pelajar dilatih untuk menjadi missionaris, mereka diajak untuk mengadakan perlawata, penginjilan ke penjara dan melakukan pekerjaan missionaris yang lainnya. Karena Sekolah kita meyakini sepenuhnya bahwa:”Pendidikan bukan hanya mempengaruhi kehidupan saat ini, tetapi juga mempengaruhi kehidupan kita sampai kepada kekekalan”. (Baca CT90).  Untuk melatih para pelajar dan mahasiswa menjadi warga negara Surga, maka mereka sementara belajar diajar juga untuk melakukan tugas dan pekerjaan Kristen. Saudara, hal seperti ini tidak akan pernah saudara dapatkan di sekolah-seklah lainnya. Hal ini hanya saudara dapatkan di sekolah Kristen.

29 6. PENDIDIKAN GEREJA MASEHI ADVENT HARI KETUJUH ADALAH MERUPAKAN PENDIDIKAN YANG MENOLONG ANAK-ANAK KITA UNTUK TETAP SETIA DAN BERIMAN  Saya tidak mengatakan bahwa hanya orang-orang dididik dan bersekolah di Advent saja yang akan menjadi orang yang berhasil, orang-orang yang dididik di sekolah lain juga banyak yang berhasil bahkan menjadi tiang-tiang gereja. Tetapi saudara, akan lebih mudah untuk mendidik anak-anak kita berada dalam kebenaran ini bila mereka bersekolah di sekolah Kristen bila dibandingkan mereka bersekolah di sekolah lainnya.

30 Mengapa?  Jawabannya ada dalam Fundamental of Education, hal 231,  Ny. White berkata: ”Sekolah-sekolah kita menjalankan peraturan yang lebih tinggi, dimana tidak terjadi bentuk-bentuk ketidaksetiaan. Para murid harus dididik dalam hal Kekristenan yang praktis dan Alkitab haruslah dijunjung tinggi sebagai buku pelajaran yang paling penting.

31  Dunia ini bukanlah tujuan akhir kita. Perjalanan kita masih jauh di depan, tujuan akhir kita ialah kerajasan surga. Dalam menempuh perjalanan yang panjang ini, masing-masing kita baik orangtua, dan orang-orang muda serta anak-anak kecil sekalipun haruslah mempersiapkan diri untuk tetap layak untuk menjadi warga Surga.

32 Dunia kita sekarang ini menjadi semakin bobrok, kejahatan sudah semakin menjadi-jadi dan datang dari segala penjuru. Setan berusaha untuk menggagalkan renacana keselamatan, dia tahu bahwa lingkaran ”keselamatan” yang paling lemah ialah ”manusia”. Dan manusia yang paling mudah ia kuasai ialah ”orang-orang muda”. Itulah sebabnya kita harus berhati-hati menjaga anak-anak muda kita, bukan hanya di rumah tetapi juga sekolah mana yang harus mereka pilih.

33 Saya ingin menganjurkan agar sebagai orangtua janganlah kita memilih untuk memasukkan pada sekolah yang bukan hanya mempersiapkan mereka menjadi orang yang hebat di dunia ini, tetapi pilihlah sekolah yang mempersiapkan mereka untuk menjadi warga negara Surga. Marilah kita mempersiapkan orang-orang muda kita untuk masuk sekolah Kristen yang memiliki pengaruh besar dalam mempersiapkan mereka menjadi warga negara Surga.

34 1. DIDASARKAN PADA ALKITAB 2. MEMPERTAHANKAN KESEIMBANGAN 3. MENGAJARKAN HAL-HAL YANG PRAKTIS 4. MENGAJARKAN ANAK-ANAK MENJADI ORANG YANG BERSOSIAL 5. MELATIH MEREKA UNTUK MENJADI MISSIONARIS 6. MENJADIKAN MEREKA ORANG YANG SETIA KEPADA AGAMA DAN TUHANNYA.

35 184 TUHAN PIMPIN SPANJANG JALAN Reff: Tuhan pimpin, Tuhan pimpin Tangan Tuhan pimpin aku Ku turut dengan setia karna Tuhan pimpin aku 1/4 Tuhan pimpin spanjang jalan amat senanglah hatiku Dan hilanglah ketakutan karna Tuhan pimpin aku 2/4 Pada waktu kesusahan atau waktu kesukaan Aku tetap rasa aman karna Tuhan yang hentarkan 3/4 Sungguh lemah aku Tuhan Ku hanya harap padaMu Hatiku pnuh kesukaan karna Tuhan pimpin aku 4/4 Bila kerjaku habislah dan aku sudahlah menang Tidak ku takut maut pula bila ku tiba di sebrang


Download ppt "Oleh: Pdt. R. W. Sagala. Ayat Bersahutan Ulangan 11:18-23 18 Tetapi kamu harus menaruh perkataanku ini dalam hatimu dan dalam jiwamu; kamu harus mengikatkannya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google