Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEPEMIMPINAN DALAM PENDIDIKAN Definisi Kepemimpinan Pendapat Beberapa Tokoh A.Wiirawan (2002:18), kepemimpinan sebagai proses pemimpin menciptakan visi,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEPEMIMPINAN DALAM PENDIDIKAN Definisi Kepemimpinan Pendapat Beberapa Tokoh A.Wiirawan (2002:18), kepemimpinan sebagai proses pemimpin menciptakan visi,"— Transcript presentasi:

1 KEPEMIMPINAN DALAM PENDIDIKAN Definisi Kepemimpinan Pendapat Beberapa Tokoh A.Wiirawan (2002:18), kepemimpinan sebagai proses pemimpin menciptakan visi, mempengaruhi sikap, perilaku, pendapat, nilai-nilai, norma dan sebagainya dari pengikut untuk merealisasi visi. B.Mc. Farland, kepemimpinan sebagai suatu proses dimana pimpinan digambarkan akan memberikan perintah/ pengarahan, bimbingan/ mempengaruhi pekerjaan orang lain dalam memilih dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. C.Koontz (1986:506), kepemimpinan adalah pengaruh, kiat (seni), proses mempengaruhi orang-orang sehingga mereka mau berusaha secara sepenuh hati dan antusias untuk mencapai tujuan. D.Weber, kepemimpinan suatu kegiatan dalam membimbing suatu kelompok sedemikian rupa sehingga tercapailah tujuan kelompok itu yang merupakan tujuan bersama.

2 Pokok Definisi Kepemimpinan 1.Perilaku mengarahkan aktivitas. 2.Aktivitas hubungan kekuasaan dengan anggota. 3.Proses komunikasi dalam mengarahkan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan yang spesifik. 4.Interaksi antar personel untuk mencapai hasil yang ditentukan. 5.Melakukan inisiatif dalam melakukan kegiatan dengan memelihara kepuasan kerja. 6.Aktifitas organisasi meningkatkan prestasi.

3 Beberapa Konsep Kepemimpinan 1.Kepemimpinan merupakan suatu kemampuan yang berupa sifat-sifat yang dibawa sejak lahir yang ada pada diri seorang pemimpin (trait within the individual leader). Jadi, seseorang dalam menjadi seorang pemimpin karena memang dilahirkan sebagai pemimpin dan bukan karena dibuat atau dididik untuk itu (leaders were borned and not made). 2.Kepemimpinan sebagai fungsi kelompok (funcion of the group), sukses tidaknya suatu kepemimpinan tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan atau sifat-sifat yang ada pada seseorang,tetapi dipengaruhi oleh sifat-sifat dan ciri-ciri kelompok yang dipimpinnya. 3.Kepemimpinan sebagai suatu fungsi dari situasi (funcion ofthe situasion). Sukses tidaknya kepemimpinan ditentukan oleh situasi yang selalu berubah yang mempengaruhi perubahan dan perkembangan kehidupan kelompok yang dipimpinnya.

4 Komponen Kepemimpinan Pendidikan 1.Proses rangkaian tindakan dalan sistem pendidikan. 2.Mempengaruhi dan memberi teladan. 3.Memberi perintah dengan cara persuasi dan manusiawi tetapi tetap menjunjung tinggi disiplin dan aturan yang pipedomani. 4.Pengikut mematuhi perintah sesuai kewenangan dan tanggung jawab masing-masing. 5.Menggunakan authority dan power dalam batas yang dibenarkan. 6.Menggerakkan atau mengerahkan semua personel dalam institusi guna menyelesaikan tugas sehingga tercapai tujuan, meningkatkan hubungan kerja di antara personel, membina kerjasama, menggerakkan sumberdaya organisasi, dan memberi motivasi kerja.

5 Kriteria Kepemimpinan 1.Kepemimpinan yang visioner 2.Kepemimpinan yang efektif dalam penentuan kebijakan. 3.Ketepatan pemimpin dalam mengambil keputusan. 4.Pendelegasian. 5.Sikap demokratik yang dikembangkan pemimpin. Ciri-Ciri Kepemimpinan Pendidikan 1.Manusiawi. 2.Memandang jauh kedepan (visioner). 3.Inspiratif (kaya akan gagasan). 4.Percaya diri. Prinsip Kepemimpinan 1.Kepemimpinan gaya otokrasi (otocratic leadership). 2.Kepemimpinan gaya partisipasif atau demokrasi (participative or democratic leadership). 3.Kepemimpinan gaya bebas atau liberal (the lazes-faire leadership).


Download ppt "KEPEMIMPINAN DALAM PENDIDIKAN Definisi Kepemimpinan Pendapat Beberapa Tokoh A.Wiirawan (2002:18), kepemimpinan sebagai proses pemimpin menciptakan visi,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google