Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kepemimpinan Lecture Note: Mulyati, SE, M.T.I. Kepemimpinan  Proses pengarahan dan pemberian pengaruh pada kegiatan-kegiatan dari sekelompok anggota.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kepemimpinan Lecture Note: Mulyati, SE, M.T.I. Kepemimpinan  Proses pengarahan dan pemberian pengaruh pada kegiatan-kegiatan dari sekelompok anggota."— Transcript presentasi:

1 Kepemimpinan Lecture Note: Mulyati, SE, M.T.I

2 Kepemimpinan  Proses pengarahan dan pemberian pengaruh pada kegiatan-kegiatan dari sekelompok anggota yang saling berhubungan tugasnya.  Kemampuan mempengaruhi orang yang mengarah kepada pencapaian tujuan organisasi.

3 Implikasi Pengertian Kepemimpinan  Kepemimpinan menyangkut orang lain- bawahan atau pengikut.  Kepemimpinan menyangkut pembagian kekuasaan yang tidak seimbang diantara pemimpin dan anggota kelompok.  Selain memberikan pengarahan, pemimpin dapat mempergunakan pengaruh.

4 Fungsi Kepemimpinan  Aktivitas yang dipertahankan kelompok dan berkaitan dengan tugas yang harus dilaksanakan oleh pemimpin, atau seseorang lain, agar kelompok dapat berfungsi secara efektif.

5 Gaya Kepemimpinan  Berbagai pola tingkah laku yang disukai oleh pemimpin dalam proses mengarahkan dan mempengaruhi pekerja.

6 Pemimpin Otokratik  Pemimpin yang cenderung untuk mensentralisasi otoritas dan mengandalkan kekuatan legitimasi, penghargaan untuk mengatur bawahan.

7 Pemimpin Demokratik  Pemimpin yang mendelegasikan otoritas kepada orang lain, mendorong partisipasi, dan mengandalkan kekuatan keahlian, dan referensi untuk mengatur bawahan.

8 Pendekatan Studi Kepemimpinan SIFAT- PERILAKU SITUASIONAL / CONTINGNECY

9 Pendekatan Sifat Kepemimpinan  Menurut Edwin Ghiselli, ada 6 sifat kepemimpinan yang efektif: 1.Kemampuannya dalam kedudukannya sebagai pengawas 2.Kebutuhan akan prestasi dalam pekerjaan 3.Kecerdasan 4.Ketegasan 5.Kepercayaan diri 6.Inisiatif.

10 Pendekatan Perilaku Kepemimpinan  Ada 2 Aspek: 1.Fungsi Kepemimpinan 2.Gaya Kepemimpinan.

11 Teori X & Teori Y Mc Gregor  Strategi kepemimpinan dipengaruhi oleh anggapan-anggapan seseorang pemimpin tentang sifat dasar manusia.

12 Anggapan Teori X  Rata-rata manusia malas  Karenanya, orang harus dipaksa, diawasi, dan diarahkan atau diancam dengan hukuman agar menjalankan tugas  Rata-rata manusia lebih suka diarahkan, menghindari tanggung jawab & ingin jaminan hidup diatas segalanya.

13 Anggapan Teori Y  Penggunaan usaha fisik & mental dalam bekerja adalah kodrat manusia  Orang akan melakukan pengendalian diri untuk mencapai tujuan yang disetujui  Keterikatan pada tujuan merupakan fungsi dari penghargaan yang berkaitan dengan prestasi mereka.

14 Anggapan Teori Y  Rata-rata manusia dalam kondisi layak  Ada kemampuan untuk berimajinasi, cerdik, dan kreatif dalam menyelesaikan masalah  Potensi intelektual rata-rata manusia hanya digunakan sebagian saja dalam kondisi kehidupan modern.

15 Pendekatan Situasional- Contingency  Menggambarkan bahwa gaya yang digunakan adalah bergantung pada faktor-faktor seperti situasi, karyawan, tugas organisasi, variabel lingkungan lainnya.

16 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Kepemimpinan KEMAMPUAN& KUALITAS PEMIMPIN SITUASI KEMAMPUAN & KUALITAS BAWAHAN


Download ppt "Kepemimpinan Lecture Note: Mulyati, SE, M.T.I. Kepemimpinan  Proses pengarahan dan pemberian pengaruh pada kegiatan-kegiatan dari sekelompok anggota."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google