Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERENCANAAN OPERASIONAL PERTEMUAN 5. Rencana Operasional, memberikan rincian tentang bagaimana rencana strategis akan dilaksanakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERENCANAAN OPERASIONAL PERTEMUAN 5. Rencana Operasional, memberikan rincian tentang bagaimana rencana strategis akan dilaksanakan."— Transcript presentasi:

1 PERENCANAAN OPERASIONAL PERTEMUAN 5

2 Rencana Operasional, memberikan rincian tentang bagaimana rencana strategis akan dilaksanakan.

3 Rencana sekali pakai (single-use plans) Rencana Operasional Rencana tetap (standing plans) Program Proyek Anggaran (Budgets) Peraturan (Rules) Kebijakan (policy)

4 Rencana sekali pakai(single-use plans), - dikembangkan untuk mencapai tujuan khusus dan dibubarkan bila rencana telah diselesaikan. - merupakan arah tindakan terinci yang mungkin tidak akan berulang dalam bentuk yang sama pada waktu yang akan datang.

5 Bentuk utama dari rencana sekali pakai Program, meliputi seperangkat kegiatan yang relatif luas, harus memperhatikan; –langkah utama yang diperlukan untuk mencapai tujuan. –unit atau anggota organisasi yang bertanggung jawab untuk setiap langkah. –urutan serta pengaturan waktu dari setiap langkah.

6 Proyek, bagian dari program yang lebih kecil dan terpisah. Anggaran (Budgets),merupakan pernyataan mengenai sumber daya keuangan yang disediakan untuk kegiatan-kegiatan tertentu selama periode tertentu.

7 Rencana tetap (standing plans), - merupakan pendekatan yang telah dibakukan untuk menangani situasi yang berulang kali terjadi dan yang dapat dengan mudah diantisipasi. - memberikan kesempatan kepada para manajer untuk menghemat waktu yang digunakan untuk perencanaan dan pengambilan keputusan.

8 Jenis-jenis utama dari rencana tetap Kebijakan (policy), merupakan garis pedoman untuk pengambilan keputusan. Prosedur standar (Standard Procedures), kebijakan dilaksanakan melalui garis pedoman yang lebih terinci.

9 Peraturan (Rules), pernyataan bahwa suatu tindakan harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan dalam situasi tertentu.

10 Hubungan antara perencanaan dan pengendalian: - pengendalian tidak akan terjadi tanpa ada rencana - suatu rencana mempunyai kemungkinan yang kecil untuk berhasil bila tidak dilakukan beberapa upaya untuk kemajuan yang telah dicapai.

11 Dua hambatan pengembangan rencana efektif: Perlawanan internal para calon perencana terhadap penetapan sasaran dan pembuatan rencana untuk mencapainya. Keengganan dari anggota organisasi untuk menerima perencanaan dan rencana yang akan menyebabkan adanya perubahan.

12 Keengganan untuk menetapkan sasaran Keengganan untuk mengorbankan sasaran alternatif. Ketakutan akan kegagalan. Kurangnya pengetahuan tentang organisasi. Kurangnya pengetahuan tentang lingkungan. Kurangnya kepercayaan diri.

13 Tiga alasan penolakan terhadap perubahan Ketidakpastian mengenai sebab dan akibat dilakukannya perubahan. Ketidaksediaan melepaskan manfaat yang ada sekarang. Terlihat banyak kelemahan dalam usul perubahan.

14 Mengatasi hambatan Membantu individu menetapkan sasaran. Mengatasi perlawanan tehadap perubahan.

15 Manajemen Berdasarkan Sasaran(Manajemen by Objective); merupakan pendekatan pada perencanaan menurut Peter Drucker tahun1954 dalam bukunya The Practice of Management.

16 Kunci utama MBO merupakan proses partisipasi atau peran serta yaitu, secara aktif melibatkan para manajer dan anggota staf pada setiap tingkat organisasi.

17 Dua asumsi bagaimana manusia didorong untuk bekerja (Douglas McGregor) Teori X: –rata-rata manusia mempunyai sifat tidak menyukai pekerjaan dan akan menghindarinya bilamana mungkin. –Kebanyakan manusia harus dipaksa, dikendalikan atau bahkan diancam dengan hukuman agar mereka mengusahakan upaya yang memadai menuju pencapaian organisasi.

18 Rata-rata manusia malas, lebih suka diarahkan, ingin menghindari tanggung jawab, secara relatif mempunyai sedikit ambisi dan menginginkan keamanan di atas segalanya.

19 Teori Y: Pengeluaran usaha fisik dan mental dalam bekerja, pada lazimnya sama dengan bermain atau istirahat. Komitmen terhadap tujuan adalah fungsi dari ganjaran yang berkaitan dengan pncapaian tujuan. Manusia akan melakukan pengarahan diri dan pengendalian diri dalm melayani tujuan-tujuan dimana mereka terlibat

20 Rata-rata seseorang belajar, sesuai dengan kondisi yang memadai, tidak hanya menerima tapi juga bertanggung jawab. Kemampuan untuk imajinasi, kecerdikan dan kreativitas dalam penyelesaian masalah organisasi didistribusikan secara luas dalam populasi. Sesuai dengan kondisi-kondisi kehidupan industri modern, kemampuan intelektual dari rata- rata manusia hanya dipergunakan sebagian.


Download ppt "PERENCANAAN OPERASIONAL PERTEMUAN 5. Rencana Operasional, memberikan rincian tentang bagaimana rencana strategis akan dilaksanakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google