Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 9 Strategi Produk. Produk adalah sekumpulan atribut fisik, pelayanan, dan atribut simbolis yang dirancang untuk meningkatkan kepuasan dari kebutuhan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 9 Strategi Produk. Produk adalah sekumpulan atribut fisik, pelayanan, dan atribut simbolis yang dirancang untuk meningkatkan kepuasan dari kebutuhan."— Transcript presentasi:

1 BAB 9 Strategi Produk

2

3 Produk adalah sekumpulan atribut fisik, pelayanan, dan atribut simbolis yang dirancang untuk meningkatkan kepuasan dari kebutuhan pembeli.

4  Klasifikasi Produk B2C  Convenience Products... Jenis produk yang sering dicari konsumen, praktis, dan dengan sedikit usaha.  Shopping Products... Produk yang cenderung dibeli setelah pembeli membandingkannya dengan produk-produk pesaing.  Specialty Products... Produk di mana pembeli bersedia melakukan usaha khusus untuk mendapatkannya.

5 Hubungan antara faktor-faktor bauran pemasaran Faktor Strategi Pemasaran Produk Convenience Produk BelanjaProduk Khusus • Frekuensi Pembelian • Sering • Relatif jarang • Jarang • Citra toko • Tidak penting • Penting • Sangat Penting • Harga • Rendah • Relatif tinggi • Tinggi • Promosi • Oleh perusahaan manufaktur • Oleh perusahaan manufaktur dan peritel • Saluran distribusi • Banyak grosir dan peritel • Relatif sedikit grosir dan peritel • Sangat sedikit grosir dan peritel • Jumlah gerai ritel • Banyak • Beberapa • Sangat sedikit

6  Klasifikasi Produk B2B Produk bisnis adalah barang dan jasa yang digunakan dalam kegiatan operasional perusahaan; mencakup mesin, peralatan, bahan mentah, suku cadang komponen, dan bangunan yang digunakan untuk menghasilkan produk lain untuk dijual kembali.

7 Pada produk B2B, produk yang tahan lama dan relatif mahal disebut barang modal (capital items) sedangkan produk murah yang dikonsumsi satu tahun dinamakan barang beban (expens items). 5 kategori dasar dari produk B2B yang ada:  Instalasi, adalah barang modal utama, seperti pabrik baru, peralatan dan mesin berat, dan peralatan yang dikustomisasi. Instalasi sifatnya mahal, dan sering melibatkan negosiasi antara pembeli dan penjual yang akan berakhir lebih dari setahun sebelum pembelian akhirnya dilakukan.

8  Peralatan aksesori, termasuk barang modal yang biasanya lebih murah dan umurnya lebih pendek dibandingkan instalasi dan mellibatkan lebih sedikit pengambil keputusan  Suku cadang dan komponen aadalah barang bisnis jadi yang merupakan bagian dari produk akhir.  Bahan baku adalah produk-produk pertanian dan alami yang digunakan dalam memproduksi produk akhir lainnya.  Perlengkapan adalah barang-barang beban yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari perusahaan yang tidak menjadi bagian dari produk akhir.

9 Bauran Produk adalah kumpulan semua produk dan barang yang ditawarkan untuk dijual oleh penjual tertentu. Lini Produk adalah sekelompok produk yang terkait ditandai oleh kesamaan fisik atau dimaksudkan untuk pasar yang sama.

10 Dimensi bauran produk: 1. Lebar Bauran Produk mengacu pada berapa banyak lini produk berbeda yang dijual di perusahaan. 2. Panjang Bauran Produk produk mengacu pada jumlah total produk dalam bauran 3. Kedalaman Bauran Produk mengacu pada banyaknya varian yang ditawarkan masing-masing produk dalam lini ini 4. Konsistensi berkaitan dengan seberapa dekat hubungan dari berbagai lini produk pada pengguna akhir, persyaratan produksi, saluran distribusi, atau dengan cara lain.

11 Konsep daur hidup produk membantu perencana pemasaran mengantisipasi perkembangan sepanjang berbagai tahap dari hidup suatu produk. Tahap dari Daur Hidup Produk  Tahap perkenalan  Tahap pertumbuhan  Tahap kematangan  Tahap penurunan

12  Tahap perkenalan Pada tahap ini perusahaan mencoba untuk memromosikan permintaan atas penawaran baru, menginformasikan pasar tentang produk tersebut, memberikan sampel untuk mendorong konsumen melakukan pembelian percobaan produk, dan menjelaskan fitur, kegunaan dan manfaatnya.

13  Tahap Pertumbuhan Penjualan meningkat cepat ketika para pelanggan baru bergabung menjadi pengguna awal yang kembali membeli produk tersebut  Tahap Kematangan Persaingan semakinmeningkat, perusahaan- perusahaan berkonsentrasi meraih pelanggan dari para pesaing, sehingga sering menurunkan harga untuk menambah daya tarik.

14  Tahap Penurunan Laba menurun dan akan berubah menjadi rugi ketika pemotongan harga terus terjadi dalam pasar keseluruhan yang telah berkurang untuk suatu produk.

15 Secara umum, sasaran pemasar adalah memperpanjang daur hidup produk sepanjang produk tersebut masih menguntungkan. Sebuah strategi yang umum digunakan untuk memperpanjang daur hidup produk adalah dengan cara:  Meningkatkan frekuensi penggunaan dari pelanggan  Menambah penggunaan produk  Menemukan penggunaan-penggunaan baru untuk produknya  Mengubah ukuran kemasan, label, dan desain produk

16 Merek ( brand ) adalah nama, istilah, tanda, simbol, desain, atau beberapa kombinasi yang digunakan untuk mendiferensiasikan mereka mereka dari pesaing. Nama merek ( brand name ) adalah bagian dari merek yang terdiri atas kata-kata atau huruf-huruf yang terdapat dalam sebuah nama, yang digunakan membedakan penawaran-penawaran perusahaan dari pesaingnya.

17

18  Merek pabrikan (nasional), sebuah merek yang ditawarkan dan dipromosikan oleh sebuah perusahaan manufaktur.  Merek pribadi mengidentifikasikan sebuah produk yang tidak terkait dengan manufaktur tetapi membawa label grosir atau peritel

19  Merek Keluarga ( family brand ) adalah satu nama keluarga yang digunakan untuk beberapa produk yang berhubungan.  Pemberian merek tersendiri, pemebrian nama yang berbeda untuk setiap produk dalam sebuah lini.

20  Kesetiaan Merek Loyalitas merek diukur dalam 3 tahap:  Brand recognition, ketika penerimaan merek cukup kuat sehingga konsumen menyadari produk tersebut, tetapi tidak cukup kuat untuk menimbulkan preferensi dibandingkan merek-merek lain.  Brand preference, terjadi ketika seorang konsumen memilih satu merek perusahaan dibandingkan satu pesaingnya.  Brand insistence, merupakan tingkat tertinggi dari kesetiaan terhadap merek, di mana konsumen tidak akan menerima substitusi untuk merek yang dipilih

21 Kemasan dan label merupakan hal penting dalam identifikasi prduk. Mereka juga memainkan peranan penting dalam keseluruhan strategi pemasaran. Kemasan mempengaruhi daya tahan, citra, dan kenyamanan dari suatu barang dan bertanggung jawab terhadap salah satu dari biaya terbesar dalam banyak produk konsumen akhir. Memilih kemasan yang tepat adalah hal yang penting dalam pemasaran internasional, karena pemasar harus waspada terhadap faktor-faktor seperti bahasa dan preferensi budaya

22 Pelabelan adalah sebuah bagian yang integral dari proses pengemasan yang memberikan informasi yang memadai yang memungkinkan konsumen melakukan perbandingan nilai di antara produk-produk yang bersaing. Aspek penting lain dari pengemasan dan pelabelan adalah Kode Universal Produk, yaitu kode batang yang dibaca oleh pemindai optik yang dapat mencetak nama barang dan harga dalam sebuah tanda terima.

23


Download ppt "BAB 9 Strategi Produk. Produk adalah sekumpulan atribut fisik, pelayanan, dan atribut simbolis yang dirancang untuk meningkatkan kepuasan dari kebutuhan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google