Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Internet Marketing. Definisi Internet  Internet merupakan sumber informasi yang paling banyak digunakan oleh perusahaan. Hal ini karena internet dapat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Internet Marketing. Definisi Internet  Internet merupakan sumber informasi yang paling banyak digunakan oleh perusahaan. Hal ini karena internet dapat."— Transcript presentasi:

1 Internet Marketing

2 Definisi Internet  Internet merupakan sumber informasi yang paling banyak digunakan oleh perusahaan. Hal ini karena internet dapat menjangkau semua wilayah, potensial dan cepat untuk menyampaikan berbagai informasi secara universal, berkualitas, dan hampir tidak memerlukan cost (Adelaar, 2000; Talha et al.).  Sejalan dengan berkembangnya internet, muncul pemahaman baru mengenai paradigma pemasaran berupa konsep pemasaran modern berorientasi pasar/konsumen atau revolusi pemasaran berupa electronic marketplace (Arnott dan Bridgewater, 2002:86;).  Bakos, 1999:1613; Chaffey et. al., 2000; Eid dan Trueman, 2002:54). Dalam konteks bisnis, internet membawa dampak transformasional yang menciptakan paradigma baru dalam bisnis, berupa digital marketing (Chandra, 2001).

3 Definisi internet marketing  Internet marketing atau e-marketing atau online-marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringanwww. pemasaranprodukjasamediaInternetwww  Internet Marketing adalah kegiatan yang dilakukan melalui media Internet dengan tujuan memperoleh keuntungan.

4 APLIKASI INTERNET DALAM KEPERLUAN BISNIS DELAPAN (CHANDRA, 2001:112): 1. Yellow pages, berupa database terorganisasi yang memuat aneka ragam informasi produk, perusahaan, iklan, berita, hiburan, dan sebagainya. 2. Web traffic control, berfungsi gerai penjualan virtual seperti amazon.com maupun mal-mal virtual yang kini semakin marak dijumpai. 3. Standard websites, berupa homepages dan alamat untuk kontak atau layanan pelanggan.

5 4. Business-to-business links, berupa koneksi pada jaringan bisnis yang dimiliki perusahaan. 5. Community sites, seperti ruang „ngobrol ‟ (chatting room) khusus kelompok tertentu. 6. Information/image sites, yang tidak memiliki fungsi komersial langsung namun lebih menekankan aspek penyajian informasi, misalnya ABS (Australian Bureau of Statistics). 7. Content-based sites, di mana pemakai harus membayar biaya keanggotaan (membership fee) agar bisa mendapatkan akses ke isi situs bersangkutan.

6 Internet Marketing Triangle (IMT)− yakni Market, Vendor, dan Affiliate

7 1. Tugas utama Market adalah menyediakan calon pembeli. Tugas 2. utama Vendor adalah memproduksi produk/jasa. Dan tugas utama 3. Affiliate adalah menjual produk/jasa ke tangan calon pembeli

8 Jenis- Jenis Merek  Merek Dagang Merek dagang adalah merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya.  Merek Jasa Merek jasa adalah merek yang digunakan pada jasa yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan jasa-jasa sejenis lainnya.

9  Merek Kolektif Merek kolektif adalah merek yang digunakan pada barang dan/atau jasa dengan karakteristik yang sama yang diperdagangkan oleh beberapa orang atau badan hukum secara bersama-sama untuk membedakan dengan barang dan/atau jasa sejenis lainnya.  Menurut David A. Aaker, merek adalah nama atau simbol yang bersifat membedakan (baik berupa logo,cap/kemasan) untuk mengidentifikasikan barang/jasa dari seorang penjual/kelompok penjual tertentu.

10 Fungsi Merek  Tanda Pengenal untuk membedakan hasil produksi yang dihasilkan seseorang atau beberapa orang secara bersama- sama atau badan hukum dengan produksi orang lain atau badan hukum lainnya.  Sebagai alat promosi, sehingga mempromosikan hasil produksinya cukup dengan menyebutkan mereknya.  Sebagai jaminan atas mutu barangnya.  Menunjukkan asal barang/jasa dihasilkan.

11 Pendaftaran Merek  Yang dapat mengajukan pendaftaran merek adalah :  Orang (persoon)  Badan Hukum (recht persoon)  Beberapa orang atau badan hukum (pemilikan bersama)

12 Fungsi Pendaftaran Merek  Sebagai alat bukti bagi pemilik yang berhak atas merek yang didaftarkan.  Sebagai dasar penolakan terhadap merek yang sama keseluruhan atau sama pada pokoknya yang dimohonkan pendaftaran oleh orang lain untuk barang/jasa sejenis.  Sebagai dasar untuk mencegah orang lain memakai merek yang sama keseluruhan atau sama pada pokoknya dalam peredaran untuk barang/jasa sejenis.

13 Hal-Hal yang Menyebabkan Suatu Merek Tidak Dapat di Daftarkan  Didaftarkan oleh pemohon yang tidak beritikad baik.  Bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, moralitas keagamaan, kesusilaan, atau ketertiban umum.  Tidak memiliki daya pembeda  Telah menjadi milik umum  Merupakan keterangan atau berkaitan dengan barang atau jasa yang dimohonkan pendaftarannya. (Pasal 4 dan Pasal 5 UU Merek).

14 pemasaran  secara langsung pemasaran pesan komersial untuk sekelompok orang yang menggunakan .  Dalam arti luas, setiap dikirim ke pelanggan potensial atau arus bisa dianggap pemasaran . Ini biasanya melibatkan menggunakan untuk mengirim iklan, bisnis permintaan, atau meminta penjualan atau sumbangan, dan dimaksudkan untuk membangun loyalitas, kepercayaan, atau brand awareness.

15 Tujuan pemasaran  Mengirim pesan dengan tujuan meningkatkan hubungan seorang pedagang dengan pelanggan saat ini atau sebelumnya, untuk mendorong loyalitas pelanggan dan bisnis yang berulang,loyalitas pelanggan  Mengirim pesan dengan tujuan memperoleh pelanggan baru atau meyakinkan pelanggan saat ini untuk membeli sesuatu dengan segera,  Menambahkan iklan ke pesan yang dikirim oleh perusahaan lain untuk pelanggan merekaiklan

16 Fungsi web dalam pemasaran  sebuah web mempengaruhi pengembangan dan keputusan dalam strategi pemasaran Jurnal Manajemen terutama marketing mix (analisis 4C dan 4P).  Eid dan Trueman (2002:54) juga menyetujui bahwa web berpengaruh terhadap perubahan marketing mix karena pemasaran melalui internet memiliki proses yang sangat berbeda dari pemasaran secara tradisional. Adapun.  Adapun kunci sukses usaha pemasaran melalui internet adalah strategi interaktif (Arnott dan Bridgewater, 2002:87; Eid dan Trueman, 2002:54).

17 Dimensi marketing mix yang dimudahkan dengan adanya internet  Product Product mix menunjukkan pengembangan dan komersialisasi dari produk baru seperti keputusan, penentuan lamanya siklus produk, yaitu peremajaan dan perbaikan produk atau keputusan eliminasi (Eid dan Trueman 2002:55)  Eid dan Trueman (2002:55) mengungkapkan bahwa melalui web di internet, konsumen dapat semakin cepat menemukan apa yang mereka butuhkan, produk semakin customize, percobaan produk tercepat (faster product testing), dan PLC (product life cycle) atau daur hidup produk semakin pendek.

18 Price  Komponen harga produk dan jasa terdiri dari 3 (tiga) elemen, yaitu biaya produksi, biaya koordinasi (co-ordination cost), dan profit margin (Peattie, 1997:147).  Internet memiliki banyak pengaruh pada strategi harga. Melalui internet, harga menjadi lebih standar, hanya ada sedikit perbedaan harga bagi konsumen sehingga konsumen menjadi mengetahui dan membandingkan harga (Poon dan Jevons, 1997:30).

19 Promotion  Menurut Kotler (1991) seperti yang dikutip oleh Eid dan Trueman (2002:56), promosi merupakan berbagai cara organisasi untuk mengkomunikasikan keunggulan produknya dan meyakinkan konsumen untuk membeli produk mereka.  Wilson dan Abel (2002) mengemukakan bahwa teknik promosi online yang banyak dilakukan ternyata didalamnya juga masih terdapat teknik promosi offline seperti bentuk advertising tradisional yaitu dari mulut ke mulut (mouth by mouth).

20 Physical Distribution  Distribusi fisik merupakan aspek tempat dari marketing mix (Eid dan Trueman, 2002:57).  Menurut Kotler (1991) seperti dikutip Eid dan Trueman (2002:57), marketing channel didefinisikan sebagai organisasi interdependen menyangkut mulai proses pembuatan produk atau jasa sampai produk atau jasa tersebut tersedia untuk digunakan atau dikonsumsi.

21

22 Internet Marketing  Terdapat perbedaan dasar antara pendekatan pemasaran tradisional dan pemasaran lewat internet (Talha et al.).

23


Download ppt "Internet Marketing. Definisi Internet  Internet merupakan sumber informasi yang paling banyak digunakan oleh perusahaan. Hal ini karena internet dapat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google