Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Firewoks: Food Health Safety PPIA Swinburne Prepared by: Anindita Aji Pratama, Mantan Ketua PPIA Swinburne (Int), Sekretaris Umum PPI Australia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Firewoks: Food Health Safety PPIA Swinburne Prepared by: Anindita Aji Pratama, Mantan Ketua PPIA Swinburne (Int), Sekretaris Umum PPI Australia."— Transcript presentasi:

1 Firewoks: Food Health Safety PPIA Swinburne Prepared by: Anindita Aji Pratama, Mantan Ketua PPIA Swinburne (Int), Sekretaris Umum PPI Australia.

2 LATAR BELAKANG  Firewoks (The first cooking competition in Melbourne) diadakan oleh PPIA Swinburne pada tahun  Acara ini sekilas terdengar sederhana, tetapi pada tahap persiapannya banyak hal-hal krusial yang perlu diperhitungkan, terutama tentang Food Health Safety (FHS) approval oleh council untuk para peserta masak  BPS ini akan menjabarkan pengurusan food health safety untuk acara cooking competition

3 HAL-HAL PENTING  Adanya kebutuhan untuk memperoleh FHS approval dari Council berbeda-beda berdasarkan skala acara dan dimanakah acara tersebut dilakukan  FHS diperlukan pada acara yang melibatkan makanan dan yang sifatnya terbuka untuk umum. Misal:  Lomba memasak  Bazaar  Sementara FHS tidak diperlukan untuk acara yang bersifat internal dan terbatas, seperti:  Barbecue  Makan siang bersama

4 HAL-HAL PENTING  Venue juga menentukan apakah FHS approval diperlukan. Misal:  Jika acara tersebut dilakukan di tempat pribadi seperti apartemen, kampus, konsulat jenderal atau kedutaan besar, besar kemungkinan FHS approval tidak diperlukan, karena acara tersebut bisa di’samarkan’ sebagai acara internal (Seperti Alun-alun PPIA Victoria 2007)  Jika acara tersebut mengundang khalayak ramai dan dilakukan di tempat umum, seperti Town Hall, rumah makan, tenda atau wedding hall, besar kemungkinan bahwa acara tersebut membutuhkan FHS approval.  Beberapa rumah makan mensyaratkan bahwa peserta masak membutuhkan FHS certificate (bukan sekedar approval), sehingga pilihan venue menjadi lebih terbatas.  Hati-hati! Pihak council sangat ketat mengenai masalah ini.

5 HAL-HAL PENTING  Umumnya, biaya aplikasi FHS dapat dihindari jika penyelenggara termasuk organisasi nirlaba.  Tetapi, definisi PPIA sebagai organisasi nirlaba dapat dibatalkan jika pihak Council mengetahui bahwa PPIA berafiliasi dengan Universitas  Maka, sangat penting untuk berkoordinasi dengan student association dan menjelaskan pada pihak council bahwa walaupun berafiliasi dengan pihak Universitas, PPIA adalah organisasi pelajar yang ‘liability’nya kembali kepada organisasi itu sendiri.

6 PROSES  Mengurus FHS Approval dilakukan pada kantor council setempat. (Misal, jika penyelenggaraan acara ada di area Swinburne University, maka FHS approval dapat diperoleh di Booroondara City Council).  Kurang lebih 3 minggu waktu pengurusan  Kebijakan dan syarat untuk mendapatkan FHS approval berbeda-beda pada tiap council  Biasanya pihak council akan meninjau kelangsungan acara secara langsung

7 PENYESUAIAN ACARA  Banyak sekali hal teknis yang disyaratkan oleh Council pada penyelenggaraan acara, sehingga format acara pun harus disesuaikan. Misal:  Masakan tidak boleh dibiarkan selama 4 jam dalam suhu ruangan (harus dimakan atau dibuang).  Suhu dalam daging/ayam/ikan pada saat memasak harus mencapai 80 derajat celcius  Peserta masak harus menggunakan sarung tangan setiap kali menyentuh masakan  Penempatan daging unggas dan ikan harus dipisahkan dan harus dikeluarkan dari kulkas tepat sebelum dimasak.  Sehingga, sangat disarankan untuk mengurus FHS approval setidaknya 1 bulan sebelumnya agar alat-alat vital (misal: termometer jarum, pendingin atau etalase) bisa dipersiapkan sebelumnya.

8 AFTERMATH  Pada September 2007, PPIA Swinburne akhirnya mengadakan Firewoks, lomba memasak tingkat pelajar di Melbourne yang dikombinasikan dengan beberapa performance. Acara ini merupakan yang pertama diadakan di Melbourne dan menjadi pilot project PPIA Swinburne. Enam tim yang terdiri dari masing-masing 3 orang peserta berkompetisi. Penilaian dilakukan oleh tim juri, yang skornya digabungkan dengan vote dari para penonton yang hadir.


Download ppt "Firewoks: Food Health Safety PPIA Swinburne Prepared by: Anindita Aji Pratama, Mantan Ketua PPIA Swinburne (Int), Sekretaris Umum PPI Australia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google