Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PETA KERJA SETEMPAT Rahmaniyah D.A, ST.MT. PETA TANGAN KANAN & TANGAN KIRI  Merupakan peta kerja setempat yang bermanfaat untuk menganalisa gerakan tangan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PETA KERJA SETEMPAT Rahmaniyah D.A, ST.MT. PETA TANGAN KANAN & TANGAN KIRI  Merupakan peta kerja setempat yang bermanfaat untuk menganalisa gerakan tangan."— Transcript presentasi:

1 PETA KERJA SETEMPAT Rahmaniyah D.A, ST.MT

2 PETA TANGAN KANAN & TANGAN KIRI  Merupakan peta kerja setempat yang bermanfaat untuk menganalisa gerakan tangan manusia didalam melakukan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat manual.  Peta ini akan menggambarkan semua gerakan ataupun delay yang terjadi yang dilakukan oleh tangan kanan maupuntangan kiri secara mendetail sesuai dengan elemen-elemen Therblig yang membentuk gerakan tersebut.  Kegunaan Peta Tangan kiri Tangan kanan adalah :  Menyeimbangkan atau mengurangi kelelahan gerakan kedua tangan.  Menghilangkan atau mengurangi gerakan-gerakan yang tidak efisien dan tidak produktif.  Sebagai alat untuk melatih pekerja baru dengan cara kerja yang ideal

3 Prinsip Prinsip Pembuatan Peta Tangan Kanan dan Tangan Kiri  Berbeda dengan peta-peta yang lain, untuk membuat peta tangan kanan - tangan kid, lembaran kertas dibagi dalam tiga bagian, yaitu kepala”, bagian yang memuat bagan dad sistem keija, dan bagianbagian “badan”.  Pada bagian kepala, dibaris paling atas ditulis “PETA TANGAN KANAN - TANGAN KIRI’. Setelah itu, menyertakan identifikasi- identifikasi lamnnya, seperti: nama pekerjaan, nama departemen, nomor peta. cara sekarang atau usulan, nama pembuat peta, dan tanggal dipetakan.  Pada bagian yang memuat bagan, digambarkan sketsa dad sistem keija yang memperlihatkan skala, sesuai dengan tempat keija sebenarnya. Sketsa in! penting untuk menunjukkan kondisi saat dilakukan studi terhadap pekeijaan tersebut.  Bagian “Badan” dibagi dalam dua pihak. Sebelah kid kertas digunakan untuk menggambarkan kegiatan yang dilakukan tangari kin dan sebaliknya, sebelah kanan kertas digunakan untuk menggambarkan kegiatan yang dilakukan tangan kanan pekeja.

4

5

6

7

8 PETA PEKERJA & MESIN  Peta pekerja mesin ini akan menunjukkan hubungan waktu kerja antara siklus kerja operator (pekerja) dan siklus operasi dari mesin atau fasilitas kerja lainnya yang ditangani oleh pekerja tersebut.  Empat kemungkinan terjadi hubungan kerja antara pekerja dan mesin, yaitu :  Operator bekerja – mesin menganggur (idle)  Operator menganggur – mesin bekerja  Operator bekerja - mesin bekerja  Operator menganggur – mesin menganggur

9 Kegunaan Peta Pekerja & Mesin  Mengubah tata letak tempat kerja.  Mengatur kembali gerakan-gerakan kerja.  Merancang kembali mesin dan peralatan.  Menambah pekerja bagi sebuah mesin atau sebaliknya. menambah mesin bagi seorang pekerja.

10 Prinsip Pembuatan Peta Pekerja & Mesin  Nyatakan identifikasi peta yang dibuat. Biasanya dibagian paling atas kertas dinyatakan “PETA PEKERJA-MESIN” sebagai kepalanya, kemudian diikuti oleh informasi-informasi yang melengkapi.  Setelah semua identifikasi lengkap dinyatakan, langkah berikutnya adalah menguraikan semua elemen pekerjaan yang terjadi. Untuk itu tiga jenis kolom (bar) digunakan untuk melambangkan elemen-elemen yang bersangkutan. Kolom-kolom tersebut dibuat memanjang dad atas ke bawah dengan panjang masing-masing sebanding dengan lamanya waktu pelaksanaan yang bersangkutan.

11 Lambang yang Digunakan

12


Download ppt "PETA KERJA SETEMPAT Rahmaniyah D.A, ST.MT. PETA TANGAN KANAN & TANGAN KIRI  Merupakan peta kerja setempat yang bermanfaat untuk menganalisa gerakan tangan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google