Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OPERAN F. F • F adalah roda dari seluruh tim • Observer saat jaga – CTG, DJJ/jam, masalah diterima, ambil hasil lab, asisten SC • Penyedia konsumsi •

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OPERAN F. F • F adalah roda dari seluruh tim • Observer saat jaga – CTG, DJJ/jam, masalah diterima, ambil hasil lab, asisten SC • Penyedia konsumsi •"— Transcript presentasi:

1 OPERAN F

2 F • F adalah roda dari seluruh tim • Observer saat jaga – CTG, DJJ/jam, masalah diterima, ambil hasil lab, asisten SC • Penyedia konsumsi • Datang paling awal • Bawa kamera, video, alat – alat penunjang (pointer, USB, kabel”

3 Stase Perina

4 Stase PERINA • Operator slides  minta slides jaga, ICU + stase ke IGD paling lambat 6.30 am (SUDAH DITANGAN) • Stase yang paling MOBILE • Bulan pertama – • Buat buku tlp • Bagiin logbook + kartu kendali (buat tanda terima)

5 JARKOM • Membuat jadwal jaga tiap bulan dikasih ke siepend jaga PAOGI, ditandatanganin, di cap PAOGI, di scan, dan dikirim ke semua PPDS via . Jarkom bahwa jadwal jaga kalau sudah di . Jangan lupa lapor jaga (sesibuk apapun usahain lapor jaga). Lapor jaga 2 hari sebelumnya sama jagut dan chief batas maksimum jam 8 malam. Minta jadwal jaga konsulen beberapa hari sebelum bln berikut. • Jarkom moderator setiap hari, jarkom setiap ada acara (kuliah tamu, kuliah tambahan, kelahiran, kematian, pernikahan, dan hal penting lainnya)  dikirimkan ke CP  nanti CP akan menyebarkan ke seluruh PPDS  usahain semua PPDS dapet jarkomnya • Jarkom stase 2 hari sebelum stase dimulai

6 MC • Menyiapkan ruangan (mic, kursi, colokan), laptop, keperluan lainnya dalam menjalani MC seperti flash disk dan pointer, minta file ke senior yg bertugas membacakan MC  Pastiin stengah 7 atau minimal 7 kurang 15 video atau file2 bisa jalan  Ada 2 laptop, 1 laptop (operator) yang bisa presenter view, 1 notulensi (catet slide untuk keperluan operator) • Sebelum MC ambil di S2 bundelan wrn biru: absen konsulen, absen kita, spm abu2, catetan morning report. • Setiap hari ada urutan pembacaan MC termasuk modul report adanya di map file biru liat aja setiap hari disitu biar tau urutannya • Jangan lupa membantu senior dan konsulen buat nyolokin laptopnya • Setiap selesai MC langsung print UPI buat akut, jagut dan chief yang jaga sore itu • Kumpulin MC 1 bulan dalam 1 bln kumpulin ke mas Syefri • Perhari laporan MC dikirim ke teman-teman di Pengampuan

7 JADWAL JAGA • Perina buat jadwal jaga angkatan sendiri per bulan  jadwal jaga dibuat sesuai dengan tempat stasenya  Mulai stase tanggal 1, tapi tgl 31 malam yg jaga malam adalah stase berikutnya • Tempat stase dan jumlah jaga akan ditentukan dari rapat PAOGI sebelumnya • Pas rapat paogi: jadwal jaga and stase seluruh PPDS sudah ada • Hal penting yang harus diperhatikan pada jadwal jaga: • Setiap yang stase bareng usahain jgn jaga bareng sehingga ada yang bisa back up • Stase ruangan tidak boleh jaga di hari sebelum ronde besar (minggu dan rabu) • Stase GS tidak boleh jaga hari minggu dan kamis • Dalam jaga: F (observer, TNRS, obat, makanan), 2a (kapten observer: pastiin status dan DKI terisi), 2b (mandor/kapten lapangan), 2c (akut: terima pasien pertama kali, dan pegang pasien icu), jagut (perpanjangan tangan chief), chief (perpanjangan tangan konsulen)

8 TUGAS LAIN • Membantu mengeprint. Paling tidak perina punya 1 printer dan sejumlah kertas walaupun setiap stase harus ada printer dan kertas. Minimal ruangan, poli, ugd. Sangat membantu yg stase perina, karena perina homeless, kalo bisa printernya yang connect ke semua laptop dan tinta murah • Hari pertama stase: Ke S2 minta surat ijin stase kasi ke perina (dr.idham) dan satu lagi kasih dr.yudi. • Mengingatkan untuk temen2nya yg akan stase di awal bulan ambil surat stase buat 1 tim stasenya (senior) jadi meringankan tugas perina • Kewajiban di perina jurnal reading, setiap orang 1 kali jurnal reading • Perina ada CBD dengan dr.yudi • Maju perina modul report setiap hari rabu  Tanya dr. yudi mau reportnya seperti apa • Bulan pertama buku telpon udah beres • Punya alat-alat kelengkapan sendiri seperti flash disk, kamera, handycam, charger, pointer, kabel, dll • Siapkan kurir untuk mengantarkan barang yang dirasa tidak mampu untuk mengantarkannya sendiri

9 IGD

10 • Never say no di IGD • F kerjain masalah diterima dan semua DKI, semua kardek pastikan obat ada dan dikasih ke pasien. • Urutan status: • Untuk pasien hamil aterm in partu/akan diinduksi: Data dasar, daftar masalah, penilaian risiko kehamilan, pengawasan intranatal (2 lembar), partograf, lembar terintegrasi (2), surat kelahiran (2), DKI (diisi per hari), kardek, daftar pemberian cairan. • Hamil preterm rencana terminasi: ga pake partograf • Hamil preterm rencana tokolisis: tanpa pengawasan intranatal, partograf, surat kelahiran • Pasien gin: ga pake penilaian risiko, pengawasan intranatal, partograf, surat kelahiran. • Pasien yang akan dipakein IUD atau di TP: surat persetujuan tindakan medic, diinformed consent dulu sebelum dipasangkan

11 • Hapalin pasien F untuk dirondekan • Kalo pasien gawat harus lari • Datang sebelum senior datang, jam 4 pagi • Kulkas ugd, kunci kamar konsulen, kunci kamar chief, anastesi siapa, harus dioperin ke yg jaga • Harus kenal cleaning service • Lembar DKI: pasien preeklamsi untuk semua pasien preeklamsi dan yg diinfus, dibuat setiap 6 jam • Observasi, dan siap TNRS pasien baru • Logistic, obat, observasi • Resepin semua obat utk balik modal  pastiin resep diserahkan oleh pos ke depo farmasi lantai 1, kalo dikira lama, anter sendiri • Obat-obatan tergantung aturan chief jaga • Harus rajin ngeresepin kalo mau hemat uang • Pasien yg boleh dipegang sama F adalah pasien obstetri clean case • Menghandle semua urusan laboratorium • Tabung harus ada

12 • Kl pasien yg bermasalah pegang nomor telpon keluarganya • Baik2in semua pegawai lab suster dll • Hasil lab itu harus dikasih langsung ke jagut • pas jaga: abis ronde tanya mau tambahan makan atau tidak dari makanan emak  jangan lupa Tanya ke chief jaga ruangan juga. • Yang stase ugd bayar mba tuti 850rb’an perbulan utk jadi delivery • Mba tuti boleh buat fotokopi, duplikat kunci • 850rb itu udah buat semua cs • Bolongator, cekrekan, isi, stabilo, bolpen merah, tabung merah ungu biru, spuit 3, 5,1 cc, heparin, bolpen, buku dewa, buku telpon, kamera, meteran, dopler, tensi, • Setiap stase  rol kabel • Tas doraemon: Epi,oksi,meter,pospargin, ranitidine, ondansentron, miso, stesolit, profenid yg paling sering, kit emergensi tuperware kecil isi obat • Buku dewa  hafalin syair, cari di mas nur aja • Stase igd kl stock bagus akan membantu yg jaga malam skali

13 • Stase igd adalah tuan rumah igd, yang jaga adalah tamu. Jadi yg stase igd harus menyiapkan kertas, obat, printilan di ugd • Kl pas jaga igd lab pasien ada yg blm selesai stase igd pagi bantu • sc: siapin darah, konsul anastesi, konsul perina, siapin ok, catet nama no medrek n diagnosis, nama suami buat laporan mentah laporan op di save, untuk SC pas bayi turun dibawa perina, langsung minta data jenis kelamin, berat lahir, panjang lahir, apgar score. ambil dpl postop ibu segera setelah psn turun. • dpl, ul, gds, pt/aptt  pasien biasa harus ada • peb: rutin tambah ot pt, ur cr, ldh, asam urat, elektrolit, albumin

14 Ruangan

15 Stase Ruangan RSCM • Datang or • Buat peta pasien • Ketik parade kadang-kadang • Minta jadwal operasi harian ke bu Tuti – KOYANMAS setiap hari untuk ditampilkan pada laporan siang • Koordinasikan dengan anak poli • Sedia konsumsi pagi dan snacks + minum • TIDAK BOLEH JAGA RABU DAN MINGGU

16 • datang pagi jam 4 pagi, membuat ward map, papan nama pasien, dan follow up pasien F sendiri • Ronde besar tiap senin dan kamis • setiap senin pagi adalah hari ronde dr kanadi jam 6 pagi dimulai d kamar 212 bed c dan d • ruangan tempat belajar ronde, teori, tempat belajar, menghadapi konsulen, dr kanadi ronde bahasa inggris, tempat dinilai sekali • tugas pertama di ruangan adlh menyiapkan parade, yang di paradein tanya senior. Untuk jadwal operasi tanya bu tuti, konfirmasi lg ke tahap 3a, utk sc 2a. confirm apa udh diparadein di poli, kl udah pernah tinggal copas, tp kalo belom hrs buat resume dr awal. • Tugas kedua adalah bikin peta pasien, perruangan ada peta • Datang pagi, harus tau ada berapa pasien, siapa pasien kita, pasien obs gin brp, bikin papannya, abis itu pegang pasien sendiri bikin status • Jam 4 pagi  liat buku register ibu utk tau pasien baru buat kita

17 • Biasanya sblm ronde ma chief latian ronde  ny brp tahun, G..P…A… lahir bayi… apgar… kondisi ibu dan bayi… rencana …. masalah apa, rencana apa, dtg ke rscm karena, pemeriksaan b • CS ruangan  sratus ribu per minggu, utk beli snack pagi gorengan2 bla2….  minta kuitansi • Ruangan gerbang keluar pasien  sblm pulang vt pastiin gak ada kasa tertinggal, lochia berbau gak, luka gak? VT sebaikny di awal aja • Semua pasien rupture perineum 3a keatas dan retention urine konsul ke urogin • Belajar status yg bagus biar gak dpanggil • Jangan lupa tanya makan siang • Tugas F buat laporan stase bulanan di tiap ruangan

18 Poliklinik

19 Stase Poliklinik RSCM • Sedia konsumsi (tanya mbak Lusi CS) • Datang MC dan Morning Meeting • Buat parade • Koordinasikan jadwal operasi dengan stase ruangan atau bu Tuti

20 • Jam pelayanan poli dimulai paling cepat jam 8.30 sampai jam 3-4 sore. • Awal stase sediain formulir assessment CBD untuk tahap T1A-T3, formalin Mini cex buat T1A sama buat T3A, portofolio difotokopi untuk masing2 orang 30 lembar lalu dijilid rapi. • Kewajiban di poli: • ikut morning meeting (semua tim stase bergantian, diatur oleh chief) • CBD Poliklinik  ambil pasien usahakan hamil senormal mungkin terutama dr. Damar ga suka • kalau kasusnya ga sesuai tahapan. Bikin janji dengan penguji. • Mini cx  ambil pasien baru, tanya2 dikit dulu, kalau pasiennya ga banyak penyulit bs buat • mini cx. Telp penguji untuk bikin janji bbrp hari sebelumnya. • Sinopsis, seorang satu mengenai kasus obs, kalau hari Jumat synopsis ama dr. Junita, kalau hari lain bisa sesama PPDS aja atau sama narasumber yang kita hubungi sendiri • Penyuluhan, ke pasien poli, dimulai jam 9an pas pasien obs udah banyak yang datang. • Karena tim poli relative lebih santai, paginya bantuin perina dulu di morning conference, ganti-gantian.

21 • Kewajiban T1A: terima pasien baru, dan pasien ANC normal. Kalau dapet kasus yang lebih sulit jangan lupa konsul ke T2A ama ke chief. • Begitu datang pagi, ganti semua foto2 dpjp di depan pintu sesuai harinya masing-masing. • Pagi-pagi sediain cemilan, biasanya gorengan titip ke mba Lusi, tapi baru dateng siangan jam 9.30an jadi kalau mau beli duluan abis mc gapapa juga. • Siang ingetin mba lusi untuk nanyain makanan ke semua tim stase, abis itu titipin uangnya ke mba lusi. • Sediain aqua dan teh kotak di kamar PPDS, juga printer dan kertas kosong untuk print2. • Kalau pasien rencana operasi besoknya diatas jam 11 masih belum masuk ruangan dari Poli, maka tim Poli wajib memparadekannya, F bikin slide parade. • Bayar ke mba lusi , boleh di awal boleh di akhir bulan.

22 RSGS

23 • Poliklinik mainly • Ruangan lt 1 obstetri • SOAP, lapor buka/tutup DPJP setiap hari • Ronde pelayanan – SENIN, Ronde pendidikan - KAMIS • Buat laporan operasi (ketik – 3 lembar, minta ttd operator) • Buat laporan jaga dan stase • Laporan jaga, tlp dan koordinasikan dengan tahap 3 yang jaga mau operan jam berapa • TIDAK BOLEH JAGA HARI SENIN, RABU, MINGGU

24 RSUT

25 IGD • Operan jam 6.00 • Weekend jam 7.00 (yg follow up weekend adalah ppds yang jaga) • Jaga TEK-TOK • Ronde keliling dengan tahap tertinggi setiap hari • Bawa SAFIL YANG BANYAK!!! • Buat laporan jaga • Laporan hari Senin (bahasa indo) • Hari kamis (english) POLI • Follow up ruangan • Terima pasien di poliklinik dan diskusikan terlebih dahulu dengan dpjp poli sebelum mengirimkan pasien ke VK • Jaga TEK-TOK • Bawa SAFIL • Buat laporan jaga • Laporan hari Senin (bahasa indo) • Hari kamis (english)

26 • Jaga Malam Selang Seling. • Mulai Jam • Periksa semua pasien VK • Belajar Menerima Pasien Baru. (Anamnesa-Pem Fisik- Pem Penunjang dalam Supervisi Senior) • Tindakan Vaginal Delivery, Perineorafi, dan Kuretase. (Bisa dilakukan dan Belajar Melakukan dalam Supervisi Senior) • Buat Laporan Persalinan dan Tindakan • Buat PPT Laporan Jaga (Bahasa disesuaikan dengan Kapan akan dilaporkan). • Selesai Setelah Operan dengan Tim Pagi.

27 • Datang Pagi Jam • Beda sama rscm, pegang pasien sendiri dari awal ampe akhir • Tetap hati2 • Poli : pegang ruang dan vk • Poli mulai jam 9, tapi jam 6 megang ruangan, biasanya F aster atas  post partum, pasien iufd dgn miso, pasien tnp risti, pasien mau kuret,post sc hari 3. • Tangerang adalah stase naik tingkat • Belajar bikin cerita, bikin status, belajar usg, menentukkan tatalaksana • Jaga tektok senang skill bny • Vk jaga 6 • Senin dan kamis laporan jaga, kamis bahasa inggris • Laporan jaga jam 8, tanya bu titin siapa yg laporan jaga chief konsulennya, siapin lcd dan infokus • Follow Up Pasien : • Stase VK : Follow Up Semua Pasien VK • Stase Poliklinik : Follow Up Pasien Aster, jam 10 ke poli • SOAP Status

28 • Laporan Pagi : • Senin : • Persiapan Alat dan Ruangan Jam • Alat presentasi ada di Mbak Titin • Laporan Jaga Jam • Dalam Bahasa Indonesia • PPT Dalam Bahasa Indonesia (Template Terlampir) • Persiapkan untuk Tanya Jawab dan Diskusi • Kamis : • Persiapan Alat dan Ruangan Jam • Alat presentasi ada di Mbak Titin • Laporan Jaga Jam • Dalam Bahasa Inggris • PPT Dalam Bahasa Inggris (Template Terlampir) • Persiapkan untuk Tanya Jawab dan Diskusi • Tugas Stase : • Stase VK : • Periksa Seluruh pasien • Tindakan Vaginal Delivery, Perineorafi, dan Kuretase. (Bisa dilakukan dan Belajar Melakukan dalam Supervisi Senior) • Buat Laporan Persalinan dan Tindakan (tidak seribet di RSCM) • Belajar Menerima Pasien Baru. (Anamnesa-Pem Fisik-Pem Penunjang dalam Supervisi Senior) • Stase Poliklinik : • Tatalaksana pasien Ruangan. • Poliklinik dimulai Jam • Periksa Pasien ANC dan Hamil dengan Permasalahan. • Konsultasi dan Diskusi dengan Senior dan Konsulen. • Belajar Tatalaksana pada Pasien untuk dikirim ke VK.

29 RSP

30 • konferensi pagi jam stg 8 • kl di ruangan yg buat laporan tindakan pasien di ruangan kita • Harus jaga sikap bgt, krn konsulen rata2 perempuan  jgn makan dpn konsulen, laporan pagi harus ditentir sama senior, usg harus discan gak boleh difoto dan pas power point harus 1 gmbr besar satu slide • Dr. oni  status harus bener, kl gak bener dirobek2 • Kalau mau status rsp harus bener operannya • Sebaiknya di rsp jangan 1 F • Di setiap rs luar harus punya printer sendiri


Download ppt "OPERAN F. F • F adalah roda dari seluruh tim • Observer saat jaga – CTG, DJJ/jam, masalah diterima, ambil hasil lab, asisten SC • Penyedia konsumsi •"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google