Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: H. Abdul Somad, Lc., MA.. Ujian Suatu Kepastian. [ وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ ] “Kami pasti menguji kamu”. (al-Baqarah: 155 dan Muhammad: 31). [ وَنَبْلُوكُمْ

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: H. Abdul Somad, Lc., MA.. Ujian Suatu Kepastian. [ وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ ] “Kami pasti menguji kamu”. (al-Baqarah: 155 dan Muhammad: 31). [ وَنَبْلُوكُمْ"— Transcript presentasi:

1 Oleh: H. Abdul Somad, Lc., MA.

2 Ujian Suatu Kepastian. [ وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ ] “Kami pasti menguji kamu”. (al-Baqarah: 155 dan Muhammad: 31). [ وَنَبْلُوكُمْ ] “Dan Kami sedang menguji kamu”. (al-Anbiya’: 35). [ وَبَلَوْنَاهُمْ ] “Dan telah Kami uji mereka”. (al-A’raf: 168). [ بَلَاءٌ ] “(Semua itu adalah) ujian”. (al-Baqarah: 49, al-A’raf: 141, al-Anfal: 17, Ibrahim: 6 dan ad-Dukhan: 33).

3 Tidak Dibiarkan Mengucapkan “Iman”, Sebelum Diuji. أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آَمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ “Apakah manusia menyangka bahwa mereka DIBIARKAN mengucapkan “KAMI BERIMAN”, Padahal mereka belum DIUJI?!”. (al-’Ankabut: 2).

4 TEMPAT UJIAN ALAM DUNIA. Dunia adalah tempat ujian, Berani datang ke dunia, berarti berani menghadapi ujian, Takut ujian, jangan ke dunia.

5 Masa Ujian. LAHIR Masa Kanak-Kanak WAFAT

6 Bentuk Ujian وَبَلَوْنَاهُمْ بِالْحَسَنَاتِ وَالسَّيِّئَاتِ ( الأعراف : 168). UJIAN Yang Tidak Baik (hal-hal yang tidak menyenangkan). Yang Baik-Baik (hal-hal yang menyenangkan).

7 Harta. QARUN: قَالَ إِنَّمَا أُوتِيتُهُ عَلَى عِلْمٍ عِنْدِي “(Qarun berkata: ‘Aku mendapat harta ini karena ilmu yang ada padaku”. (al-Qashash: 78). Nabi Sulaiman as: هَذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي لِيَبْلُوَنِي أَأَشْكُرُ أَمْ أَكْفُرُ Sulaiman berkata: “Ini karunia Tuhanku, untuk mengujiku, apakah aku bersyukur atau kufur”. (an-Naml: 40).

8 Kekuasaan FIR’AUN: فَقَالَ أَنَا رَبُّكُمُ الْأَعْلَى Fir’aun berkata: “Aku adalah Tuhan kamu yang maha tinggi”. (an-Nazi’at: 24). أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ “kamu tunaikan amanah kepada tempatnya, apabila menetapkan hukum, kamu tetapkan dengan adil”. (an-Nisa’: 58).

9 رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ Istri Fir’aun berkata: Ya Allah, bangunkanlah untukku satu rumah di dalam surga, selamatkanlah aku dari fir’aun dan perbuatannya dan selamatkan aku dari orang-orang zalim. (at-Tahrim: 11). ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ كَفَرُوا اِمْرَأَةَ نُوحٍ وَامْرَأَةَ لُوطٍ Allah berikan contoh kepada orang-orang kafir, Istri Nuh dan istri Luth. (at-Tahrim: 10). الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ Dunia ini adalah kenikmatan, sebaik-baik kenikmatan adalah perempuan yang shalihah”. (HR. Muslim). PASANGAN HIDUP

10 إِنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ Sesungguhnya harta dan ANAK-ANAK kamu adalah ujian”. (at-Taghabun: 15). لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ Janganlah kamu dilalaikan oleh harta dan ANAK-ANAK mu dari mengingat Allah. (al-Munafiqun: 9). Diantara amal yang tetap mengalir: أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ “ANAK shaleh yang mendoakannya”. (HR. Muslim). ANAK

11 ILMU كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُونَ Murka allah yang paling besar, Kamu mengucapkan, Tapi tidak melakukan. (ash-Shaf: 3). Diantara 7 amal yang tetap mengalir setelah mati: عِلْمًا عَلَّمَهُ وَنَشَرَهُ Ilmu yang diamalkan dan disebarkan. (hadits riwayat Ibnu Majah).

12 KESEHATAN dan WAKTU Ada dua nikmat, Banyak orang tertipu di dalamnya; KESEHATAN dan WAKTU luang. (Hadits riwayat al-Bukhari).

13 PENYAKIT وَاذْكُرْ عَبْدَنَا أَيُّوبَ إِذْ نَادَى رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الشَّيْطَانُ بِنُصْبٍ وَعَذَابٍ (41) ارْكُضْ بِرِجْلِكَ هَذَا مُغْتَسَلٌ بَارِدٌ وَشَرَابٌ (42)  41. Dan ingatlah akan hamba Kami Ayyub ketika ia menyeru Tuhan-nya: "Sesungguhnya aku diganggu syaitan dengan kepayahan dan siksaan (penyakit)".  42. (Allah berfirman): "Hantamkanlah kakimu; Inilah air yang sejuk untuk mandi dan untuk minum". (Shad: 41-42).

14 Ketakutan, Kelaparan, Kemiskinan, Kematian, Kemarau.  وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ  155. Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. (al-Baqarah: 155).

15 Orang Yang Paling Berat Ujiannya.  عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ النَّاسِ أَشَدُّ بَلاَءً قَالَ « الأَنْبِيَاءُ ثُمَّ الأَمْثَلُ فَالأَمْثَلُ فَيُبْتَلَى الرَّجُلُ عَلَى حَسَبِ دِينِهِ فَإِنْ كَانَ دِينُهُ صُلْبًا اشْتَدَّ بَلاَؤُهُ وَإِنْ كَانَ فِى دِينِهِ رِقَّةٌ ابْتُلِىَ عَلَى حَسَبِ دِينِهِ Dari Mush’ab bin Sa’ad, dari Bapaknya, ia berkata: Saya berkata kepada Rasulullah: “Wahai Rasulullah, siapakah yang paling berat ujiannya?”.  Rasulullah Saw menjawab: “Para nabi, kemudian yang paling kuat imannya setelah itu, dan setelah itu.  Seseorang diuji sesuai dengan kekuatannya dalam beragama,  Jika agamanya kuat, maka berat cobannya.  Jika agamanya ringan, maka diuji sesuai dengan kekuatan agamanya”. (hadits riwayat at-Tirmidzi).

16 ISTIQOMAH Aqil Baligh MATI

17 Orang Yang Lulus Melewati Ujian.  إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ  30. Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan Kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, Maka Malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu".  (Fushshilat: 30).   إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ (13) أُولَئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (14)  13. Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan Kami ialah Allah", kemudian mereka tetap istiqamah. Maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita.  14. Mereka Itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai Balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.  (al-Ahqaf: 13-14).


Download ppt "Oleh: H. Abdul Somad, Lc., MA.. Ujian Suatu Kepastian. [ وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ ] “Kami pasti menguji kamu”. (al-Baqarah: 155 dan Muhammad: 31). [ وَنَبْلُوكُمْ"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google