Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kalimat utama adalah kalimat yang menjadi inti/dasar suatu paragraf. Jika kalimat tersebut sengaja dihilangkan, maka isi paragraf tersebut akan hilang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kalimat utama adalah kalimat yang menjadi inti/dasar suatu paragraf. Jika kalimat tersebut sengaja dihilangkan, maka isi paragraf tersebut akan hilang."— Transcript presentasi:

1 Kalimat utama adalah kalimat yang menjadi inti/dasar suatu paragraf. Jika kalimat tersebut sengaja dihilangkan, maka isi paragraf tersebut akan hilang. Hal ini tidak terjadi dengan kalimat-kalimat lain yang memang hanya berfungsi sebagai penjelas. Kalimat utama berupa ringkasan dari sebuah paragraf yang rupakan pandangan mendalam dari ide pokok penulis dalam paragraf tersebut.

2 Banyak orang tua yang makin tidak awas terhadap bahaya MRSA. Sementara mereka yang mengetahuinya khawatir jika telah mengabaikan tanda-tanda awal. Sebenarnya, anda tak perlu terburu-buru ke dokter tiap kali anak batuk atau muncul ruam di kulit. Anda bisa menemukan sendiri tanda-tanda infeksi dengan mengamati kulit anak dari dekat.

3 Kalimat utama pada paragraf tersebut adalah “Anda bisa menemukan sendiri tanda- tanda infeksi dengan mengamati kulit anak dari dekat.” Ketika kalimat tersebut dihapus, maka isi dari paragraf tersebut akan buyar atau bahkan hilang. Tetapi itu tidak akan terjadi pada kalimat pertama dan kedua. Kalimat tersebut mengandung permasalahan yang diuraikan kalimat penjelas.

4 Gagasan utama atau dalam bahasa inggris “main idea” secara sederhana dapat diartikan sebagai inti dari kalimat utama.

5 Pada contoh paragraf di atas, gagasan utamanya adalah “bahwa tanda-tanda infeksi bisa ditemukan sendiri dengan mengamati kulit anak dari dekat.”

6 Gagasan utama bersifat abstrak. Artinya, gagasan utama tidak melulu tertuang secara konkret dalam sebuah paragraf. Gagasan utama ini akan tertuang dalam bentuk kalimat utama. Sementara kalimat bisa beragam bentuk dan sudut pandangnya. Dari uraian di atas, kita akan dengan mudah menemukan gagasan utama sebuah paragraf ketika kalimat utama sudah ditemukan. Begitu juga sebaliknya, kalimat utama akan mudah ditemukan, ketika gagasan utama sudah bisa ditangkap. Namun, karena kalimat utama lebih bersifat aplikatif, maka, akan lebih objektif jika pencarian kalimat utama didahulukan daripada gagasan utama.


Download ppt "Kalimat utama adalah kalimat yang menjadi inti/dasar suatu paragraf. Jika kalimat tersebut sengaja dihilangkan, maka isi paragraf tersebut akan hilang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google