Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDALAMAN EVALUASI PENDIDIKAN TK SEKOLAH (Materi PLPG Pengawas Sekolah) Oleh

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDALAMAN EVALUASI PENDIDIKAN TK SEKOLAH (Materi PLPG Pengawas Sekolah) Oleh"— Transcript presentasi:

1 PENDALAMAN EVALUASI PENDIDIKAN TK SEKOLAH (Materi PLPG Pengawas Sekolah) Oleh

2 Pengertian Kinerja: Kinerja (prestasi kerja) berasal dari kata job performance, yaitu prestasi kerja yg dicapai KS dlm melaksanakan tugas pokok, fungsi dan t.jawabnya Kinerja kepala sekolah  Hasil kerja yg dicapai KS dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi dan tanggungjawabnya dalam mengelola sekolah Penilaian ini mencakup: proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

3 Kinerja kepala sekolah mencakup tiga aspek yaitu: 1. Perilaku dalam melaksanakan tugas yakni perilaku kepala sekolah pada saat melaksanakan fungsi- fungsi manajerial, 2. Cara melaksanakan tugas dlm mencapai hasil kerja yg tercermin dlm komitmen dirinya sebagai refleksi dari kompetensi kepribadian dan sosialnya, dan 3. Hasil dari pekerjaannya yang tercermin dalam perubahan kinerja sekolah yang dipimpinnya.

4 1. Penilaian input, yaitu kemampuan atau kompetensi yang dimiliki dalam melakukan pekerjaannya. difokuskan pd karakteristik individu sbg objek penilaian mencakup: komitmen terhadap tugas pokok dan fungsinya. Ini merupakan refleksi dari kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial KS. 2. Penilaian proses, yaitu penilaian thd prosedur pelaksanaan pekerjaan, difokuskan kpd perilaku KS dalam melaksanakan tugas pokok fungsi & tanggung jawabnya yakni melaksanakan fungsi manajerial dan fungsi supervisi pada sekolah yang dipimpinnya. 3. Penilaian output, yaitu penilaian thd hasil kerja yang dicapai dari pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggungjawabnya. Ini dilihat dari perubahan kinerja sekolah terutama kinerja guru dan staf sekolah lain yang dipimpinnya.

5 1. Memperoleh data pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi/pengawasan pada sekolah yang dipimpinnya. 2. Memperoleh data hasil pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sebagai peminpin sekolah. 3. Menentukan kualitas kerja kepala sekolah sebagai dasar dalam promosi dan penghargaan yang diberikan kepadanya. 4. Menentukan program peningkatan kemampuan profesional kepala sekolah dalam konteks peningkatan mutu pendidikan pada sekolah yang dipimpinnya. 5. Menentukan program umpan balik bagi peningkatan & pengem- bangan diri & karyanya dlm pengembangan karir & profesinya.

6 1. Menyusun perencanaan sekolah; 2. Mengelola program pembelajaran; 3. Mengelola kesiswaan; 4. Mengelola sarana dan prasarana; 5. Mengelola personal sekolah; 6. Mengelola keuangan sekolah; 7. Mengelola hubungan sekolah dan masyarakat; 8. Mengelola administrasi sekolah; 9. Mengelola sistem informasi sekolah; 10. Mengevaluasi program sekolah; & memimpin sekolah.

7 Dimensi kompetensi kepala sekolah, yaitu: 1. Kompetensi kepribadian, 2. Kompetensi manajerial, 3. Kompetensi kewirausahaan, 4. Kompetensi supervisi, dan 5. Kompetensi sosial.

8 1. Deskripsikan aspek yang akan dinilai 2. Rumuskan indikator dalam kisi-kisi instrumen 3. Rumuskan butir-butir instrumen 4. Review butir-butir instrumen 5. Uji-cobakan instrumen 6. Revisi hasil uji-cobakan instrumen 7. Rakit menjadi instrumen kinerja

9 Analisis hasil penilaian: 1. Analisis Kualitatif 2. Analisis Kuantitatif

10 1. Analisis menggunakan program komputer (software) 2. Jenis software: Item Analysis (Iteman) atau Analisis Tes (Anates) 3. Mari kita bersama segera bisa memanfaatkan software tersebut


Download ppt "PENDALAMAN EVALUASI PENDIDIKAN TK SEKOLAH (Materi PLPG Pengawas Sekolah) Oleh"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google