Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Multivariate Statistical Process Control Charts and the Problem of Interpretation: A Short Overview and Some Applications in Industry Resume Pengendalian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Multivariate Statistical Process Control Charts and the Problem of Interpretation: A Short Overview and Some Applications in Industry Resume Pengendalian."— Transcript presentasi:

1 Multivariate Statistical Process Control Charts and the Problem of Interpretation: A Short Overview and Some Applications in Industry Resume Pengendalian Kualitas Abi Prajna Vijanata

2 Tinjauan Umum Woodall dan Montgomery menyatakan dalam diskusi sebuah karya tulis bahwa proses kontrol multivariat adalah salah satu metode yang paling cepat berkembang dalam proses kontrol statistikal. Jurnal ini terbagi menjadi 3 topik bahasan yaitu dasar prosedur untuk pelaksanaan proses kontrol statistik multivariat dengan mengunakan peta kontrol,prosedur yang paling berguna bagi yang berada di luar variabel kontrol ketika prosedur peta kontrol memberi sinyal diluar proses multivariat dan aplikasi statistik multivariat dalam area proses kontrol industri,informatika dan bisnis.

3 Pengenalan Statistik Proses Kontrol (SPC) adalah pendekatan berdasarkan peta kontrol dari sejumlah variabel, biasanya pada akhir kualitas produksi, dan memeriksanya satu demi satu. Multivarian SPC merujuk kepada sekumpulan teknik lanjutan untuk pemantauan dan pengawasan dari operasi kinerja dari proses batch dan kontinyu.

4 Pengawasan dan Pemantauan Multivarian Proses menggunakan Peta Kontrol Peta kontrol (dalam grafik) digunakan untuk menguji apakah suatu proses berada dalam batas kontol atau tidak. Ada multivariat ekstensi untuk semua jenis univariat peta kontrol seperti multivarian kontrol Shewhart jenis grafik, multivarian CUSUM kontrol grafik, dan multivarian EWMA kontrol grafik. Selain itu, ada prosedur khusus untuk pembangunan multivarian grafik kontrol, berdasarkan statistik multivarian.

5 Gambar 1 Multivarian Kontrol

6 Gambar 2 Multivarian Kontrol

7 Gambar 3 Multivarian Kontrol

8 Mengidentifikasi Variabel di Luar Kontrol Menurut Sparks disajikan sebuah metode untuk memantau multivarian proses data berdasarkan Gabriel biplot yang di ilustrasikan menggunakan biplot pada contoh industri data. Menurut Nottingham,dkk radial plots dikembangkan sebagai SASbased yaitu data visualisasi alat yang dapat meningkatkan proses kontrol, praktisi dapat memantau, menganalisis, dan mengontrol suatu proses. Akhirnya, Maravelakis dan Bersimis mempresentasikan algoritma yang dikenal Andrews untuk Curves memecahkan masalah interpreting yang di luar kontrol sinyal.

9 Aplikasi Teknik Multivariat pada Lingkungan Perindustrian Tahap 1 yaitu tahap analisa dengan memperkirakan parameter yang ada (the mean vector and the covariance matrix) untuk memeriksa adanya ketergantungan antara variabel yang pada akhirnya untuk memeriksa validitas dari asumsi multivarian pada keadaan yg biasa. Tahap 2 peta kontrol multivarian Shewhart adalah jenis yang digunakan untuk menguji apakah proses masih dalam kontrol dari 101 tepat dan setelahnya. Pada titik 101 kita dapat dengan mudah mengamati pada Gambar 7 bagaimana proses pindah.

10 Gambar 4 Shewhart multivariat

11 Kesimpulan Kajian yang menarik penelitian lebih lanjut dalam domain multivarian SPC yang kuat dalam desain grafik peta kontrol dan peta kontrol nonparametrik. Penelitian untuk multivarian atribut kontrol grafik sangat menjanjikan. Masalah dari interpreting yang berada di luar kontrol sinyal,terbuka kepada yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

12 Sekian


Download ppt "Multivariate Statistical Process Control Charts and the Problem of Interpretation: A Short Overview and Some Applications in Industry Resume Pengendalian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google