Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling Oleh : Wiwit Purnomo, SPd ( Disampaikan pada Workshop Pengembangan Karier PTK Dikdas Musyawarah Guru Pembimbing.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling Oleh : Wiwit Purnomo, SPd ( Disampaikan pada Workshop Pengembangan Karier PTK Dikdas Musyawarah Guru Pembimbing."— Transcript presentasi:

1

2 Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling Oleh : Wiwit Purnomo, SPd ( Disampaikan pada Workshop Pengembangan Karier PTK Dikdas Musyawarah Guru Pembimbing SMP / MTs Kota Magelang Tahun 2012 )

3 Program Bimbingan dan Konseling merupakan perangkat yang sangat penting bagi seorang guru pembimbing dalam rangka memberikan pelayanan sebaik – baiknya kepada para siswa. Program bimbingan konseling berisi rencana kegiatan selama satu tahun yang terdiri dari program tahunan, program semester, program bulanan serta program – program lainnya yang tersusun secara sistematis untuk mencapai tujuan tertentu. Pengantar

4 Pengertian Program Bimbingan dan Konseling Program Bimbingan dan Konseling adalah serangkaian kegiatan pelayanan konseling mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan dalam periode waktu tertentu ( tahunan, semesteran, bulanan, mingguan dan harian ) untuk mencapai tujuan pelayanan konseling ( Suharso: 2009 ) Program Bimbingan dan Konseling disusun berdasarkan pada kebutuhan siswa ( need assestment ), kebutuhan sekolah masing – masing, tuntutan masyarakat, tuntutan perkembangan jaman serta tugas perkembangan.

5 Tujuan dan Manfaat Program Bimbingan dan Konseling Program Bimbingan dan Konseling disusundengan tujuan agar segala kegiatan pelayanan dapat tersuusn dengan perencanaan yang baik, tersusun dan terorganisir dengan baik, sehingga akan mempermudah dalam pelaksanaan dan evaluasi pelayanan bimbingan dan konseling.

6 Manfaat Program Bimbingan dan Konseling: 1. Adanya kejelasan kegiatan Bimbingan dan Konseling di sekolah. 2. Segala kegiatan pemberian pelayanan bimbingan dan konseling tersusun dan terencana dengan baik. 3. Tujuan setiap kegiatan pelayanan jelas dan sesuai dengan kebutuhan siswa. 4. Memberi arah dan panduan bagi guru BK dalam melaksanakan kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling sehingga lebih efektif, efisien serta tepat sasaran 5. Lebih mudah di evaluasi ( kelebihan dan kekurangannya ) 6. Sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan dalam penyusunan program – program tahun berikutnya.

7 Jenis Program Bimbingan dan Konseling Program Tahunan Yaitu program pelayanan bimbingan dan konseling yang mencakup kegiatan selama satu tahun pada kelas tertentu. Program Semester Yaitu program pelayanan bimbingan dan konseling yang mencakup kegiatan selama satu semester (semester genap dan ganjil ) pada kelas tertentu yang merupakan penjabaran dari program tahunan. Program Bulanan Yaitu program pelayanan bimbingan dan konseling yang mencakup kegiatan selama satu bulan pada kelas tertentu yang merupakan penjabaran dari program semester. Program Mingguan Yaitu program pelayanan bimbingan dan konseling yang mencakup kegiatan selama satu minggu pada kelas tertentu yang merupakan penjabaran dari program bulanan. Program Harian Yaitu program pelayanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan sesuai jadwal pada kelas tertentu dalam bentuk satlan atau satkung.

8 Langkah – langkah dalam penyusunan Program Bimbingan dan Konseling 1. Identifikasi kebutuhan dan permasalahan siswa ( need assestment ) 2. Identifikasi Jenis layanan dan kegiatan pendukung 3. Penyusunan program tahunan 4. Penyusunan program semester 5. Penyusunan program bulanan 6. Penyusunan program mingguan 7. Penyusunan program harian

9 Banyak cara dan metode dalam penyusunan program bimbingan dan konseling ini, berbagai lembaga atau pribadi telah berusaha untuk membantu mempermudah dalam penyusunan program ini, berbagai macam aplikasi atau software diciptakan, salah satunya adalah aplikasi IKMS yang disusun oleh Andori, SPd Kons dkk.

10 PETUNJUK PENGGUNAAN IKMS: 1. Identifikasi kebutuhan dan permasalahan siswa dengan Instrumen dan lembar jawab IKMS 2. Copy file Instrument IKMS V 3.0 ke dalam hard disk atau flash disk, ganti nama file dengan nama file baru. 3. Persiapkan lembar jawab IKMS yang telah diisi. 4. Buka file Instrument IKMS V 3.0 sehingga muncul menu utama 5. Isilah Identitas sekolah ( nama sekolah ), kelas, tahun pelajaran, tanggal pembuatan, nama kepala sekolah, nama guru pembimbing ( beserta NIP_nya jika ada ). 6. Identitas ini otomatis akan muncul disetiap aplikasi.

11 Gambar 1. Menu Utama

12 Entri Data Hasil IKMS Klik menu : ENTRI HASIL IKMS ( lihat gambar 1 ) Isi No. Kode konseli dengan gabaungan huruf dan angka ( contoh : WP ), nama siswa dan jenis kelamin (gmbar 2. Menu Entri Hasil IKMS ) Isi kotak – kotak sesuai dengan data pada lembar jawab IKMS dengan cara meng_klik kotak sehingga akan muncul tanda centang (√ ) dan jika ada kesalahan dan ingin menghapus tinggal klik pada bagian kotak yang akan dihilangkan tanda centangnya. Isi data sampai selesai untuk seluruh siswa. Catatan : Klik tombol MENU ( warna merah ) untuk setiap kali akan kembali ke menu awal

13 Menyusun Program Pilih menu : SUSUN PROGRAM ( pada menu awal, lihat gambar 1 ) sehingga akan muncul gambar 2 Perhatikan kolom PROTA, PROMES, PROGRAM BULANAN dan DERAJAT MASALAH ( segera, tinggi, sedang, rendah, tidak masuk ) untuk menentukan skala prioritas dalam pemberian layanan. ( gambar 3. Menu Susun Program)

14 Menyusun Program tahunan >> Isi kode pada kolom PROTA dengan cara klik kolom PROTA ( lihat gambar 4 ), akan muncul pop up ( menu pilihan ) pilih kode dengan ketentuan sbb: Kode P, S, B, K = untuk kode bidang layanan Kode angka ( 1 – 15 ) = untuk kode jenis layanan Kode I dan II ( atau i dan ii ) = untuk kode semester pada kolom PROMES dan kode minggu untuk kolom PROGRAM BULANAN ( gambar 4. Menu Program Tahunan )

15 KODEBid. LayKODEJenis layananKODESemester PPribadi1OrientasiISemester 1 SSosial2Informasi BBelajar3Penempatan dan penyaluranIISemester 2 KKarier4 Penguasaa konten / pembelajaran 5Konseling kelompok 6Bimbingan Kelompok 7Konseling Kelompok 8Konsultasi 9Mediasi 10Instrumentasi 11Himpunan Data 12Konferensi Kasus 13Kunjungan Rumah 14Tampilan Kepustakaan 15Alih Tangan Kasus KODE YANG DIGUNAKAN PADA IKMS

16 ALAT BANTU UNTUK PERHITUNGAN MINGGU ( Perhatikan jumlah minggu efektif pada kalender pendidikan, beri tanda silang pada kolom minggu yang sudah digunakan atau minggu tidak efektif untuk menghindari kesalahan, sehingga tidak ada yang dobel atau minggu yang terlewatkan ) SEMESTER Juli September Agustus Oktober Nopember Desember

17 Catatan : Jika salah dalam menuliskan kode akan berakibat tidak munculnya materi pada program BK yang disusun. Contoh kode : P.1.I ( artinya P : Bidang Pribadi, 1 : Layanan Orientasi, I : semester 1 ) Isi data sampai selesai, apabila kolom PROTA sudah terisi semuanya, klik MENU ( tombol warna merah) untuk kembali ke menu awal. Klik PROGRAM TAHUNAN, maka secara otomatis program tahunan sudah jadi dan tinggal dicetak.

18 Menyusun Program Semester Langkah penyusunan program semester mirip dengan penyusunan program tahunan, hanya yang diisi adalah pada kolom PROMES ( lihat gambar 5 ) Kode yang dimasukkan adalah : jenis layanan dan tiga huruf depan nama bulan Contoh :1.JUL ( artinya 1 : Layanan Orientasi, JUL : bulan Juli ) Setelah diisi dengan lengkap > kembali ke menu awal ( klik MENU ) > Klik Program Semester 1 atau 2 ( gambar 5. Menu Program Semester )

19 Menyusun Program Bulanan Langkah penyusunan program semester mirip dengan penyusunan program bulanan, hanya yang diisi adalah pada kolom PROGRAM BULANAN ( lihat gambar 6 ). Kode yang dimasukkan ada 3 yaitu : kode layanan, kode bulan dan kode minggu. Contoh :1.JUL.III ( artinya 1 : Layanan Orientasi, JUL : bulan Juli, III : minggu ke-3) Setelah diisi dengan lengkap > kembali ke menu awal ( klik MENU ) > Klik Program Bulanan Menu awal ( gambar 6. Menu Program Bulanan )

20 Menyusun Program Mingguan dan Program Harian Untuk menyusun program Mingguan dan Harian tidak bisa dilakukan dengan program aplikasi ini, tetapi diisi secara manual, dan sudahdipersiapkan blangko kosongnya, tinggal mengisi. Membuat Satuan Layanan dan Satuan Pendukung Analisa Hasil IKMS Untuk menganalisa hasil IKMS tinggal klik menu GRAFIK LAYANAN pada menu utama > cetak Identifikasi Kebutuhan dan Masalah setiap Siswa Klik menu IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN MASALAH SISWA pada menu utama Mencetak Hasil IKMS menjadi Buku Program Bimbingan dan Konseling

21

22


Download ppt "Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling Oleh : Wiwit Purnomo, SPd ( Disampaikan pada Workshop Pengembangan Karier PTK Dikdas Musyawarah Guru Pembimbing."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google