Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

QS. Bani Israil ayat 1: "Maha Suci Allah Yang telah memperjalankan hambaNya pada suatu (potongan) malam dari masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsa yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "QS. Bani Israil ayat 1: "Maha Suci Allah Yang telah memperjalankan hambaNya pada suatu (potongan) malam dari masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsa yang."— Transcript presentasi:

1

2

3 QS. Bani Israil ayat 1: "Maha Suci Allah Yang telah memperjalankan hambaNya pada suatu (potongan) malam dari masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat".

4 ISRO’ DAN MI’ROJ NABI MUHAMMAD SAW SDIT. MUTIARA RAHMAH BALIKPAPAN

5 579 MASEHI

6

7 MUHAMMAD SAW BERUMUR 51 TAHUN 11 TAHUN SETELAH DIANGKAT MENJADI RASUL TINGGAL DI MEKKAH DEKAT MASJIDIL HARAM

8 SUATU MALAM (27 RAJAB) SETAHUN SEBELUM RASUL HIJRAH KE MADINAH RASUL BERADA DI RUMAH HINDUN UMMU HANI’ SAAT SHALAT MALAM, RASUL “CURHAT” KEPADA ALLAH SWT. KARENA TAK MAMPU MEMBIMBING KAUMYA KE CAHAYA ISLAM. RASUL PUN TERTIDUR.

9 MALAM YANG HENING

10 JIBRIL DATANG Muhammad terbangun : "Hai orang yang sedang tidur, bangunlah!" Dihadapannya berdiri Malaikat Jibril, wajahnya putih berseri, berkilauan seperti salju, melepaskan rambutnya yang pirang terurai, mengenakan pakaian berumbaikan mutiara dan emas, disekelilingnya sayap-sayap yang beraneka warna. Tangannya memegang seekor hewan yang ajaib, yang bersayap seperti sayap burung garuda.

11 JIBRIL & MIKAIL MEMBERSIHKAN HATI MUHAMMAD DENGAN AIR ZAM-ZAM DIBERSIHKAN DARI SEGALA PENYAKIT HATI DIISI DENGAN 4 SIFAT UTAMA: HILMU ILMU YAKIN ISLAM MUHAMMAD DISURUH BERWUDHU’

12 HILMU Artinya PENYANTUN Selalu berlaku bijaksana. Tidak emosional. Tiap masalah dihadapi dengan hati-hati dan penuh pengertian. Kepemimpinan Rasul dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat, baik golongan kaya maupun miskin. Kepada musuh-musuhnya, Rasul tidak pendendam.

13 ILMU Dengan ilmu setiap persoalan dapat diselesaikan dengan baik. Seorang pemimpin harus membekali diri dengan ilmu. Itulah sebabnya Rasulullah selalu menganjurkan umatnya giat mencari ilmu, baik ilmu agama maupun pengetahuan umum, terutama ilmu agama.

14 YAKIN Artinya teguh dan berpendirian kuat. Yakin harus dimiliki oleh setiap pemimpin, karena tanpa adanya suatu keyakinan segala sesuatu yang diperjuangkan akan ngambang, tidak menentu dan akan berhenti di tengah jalan.

15 ISLAM Adalah risalah utama yang disampaikan oleh Rasulullah SAW. Maka sebelum diberangkatkan, terlebih dahulu beliau diisi dengan pengetahuan Islam agar lebih jelas dan mantap bahwa agama Islam itulah yang diakui oleh Allah untuk disampaikan kepada umat manusia.

16 MENDEKATLAH SANG BURAQ... HEWAN YANG PUTIH, TERANG BERCAHAYA LEBIH BESAR DARI KELEDAI LEBIH KECIL DARI KUDA BERSAYAP SEPERTI SAYAPNYA GARUDA

17

18 BURAQ MENUNDUKKAN BADANNYA DAN RASULULLAH NAIK KE PUNGGUNG BURAQ LALU… MEREKA MELESAT TERBANG BERSAMA JIBRIL

19 INILAH PERJALANAN ISRO’ MAMPIR DULU DI MADINAH SHALAT SUNNAH 2 ROKAAT JIBRIL BERKATA: DISINILAH KELAK ANDA AKAN HIJRAH.

20 LANJUTAN ISRO’ BERHENTI LAGI DI BUKIT THURSINA SHALAT LAGI JIBRIL BERKATA: DI TEMPAT INILAH NABI MUSA BERDIALOG DENGAN ALLAH.

21 LANJUTAN ISRO’ BERHENTI DI BAITUL LAHAM NABI SHOLAT LAGI JIBRIL BERKATA : DI TEMPAT INILAH NABI ISA DILAHIRKAN.

22 SELAMA PERJALANAN, RASUL MELIHAT - ORANG TUA YANG TERUS MENAMBAH BEBAN YANG DIPIKULNYA, MESKI SUDAH TAK KUAT, TERUS MENAMBAH BEBAN. - PERUMPAMAAN : seseorang yang punya banyak pekerjaaan yang menjadi tanggung jawabnya. Sehingga tidak ada satupun pekerjaan yang dapat ditunaikan dengan baik.Tetapi masih juga menerima tugas baru. Sepatutnya ia hanya menerima tugas yang ia sanggup menyelesaikan dengan baik. Akan tetapi oleh sifat tamak dan ingin menunjuk-nunjuk atau supaya populer, masih juga menerima tugas yang dia sendiri tak dapat menunaikan dengan baik.

23 RASUL MELIHAT - ORANG YANG MENANAM DAN LANGSUNG PANEN BESOKNYA. - SETELAH DIPETIK, LANGSUNG TUMBUH LAGI DAN SIAP DIPANEN LAGI.

24 Jibril menjelaskan : peristiwa itu adalah perumpamaan bagi orang-orang yang mau berjihad fisabilillah. Mereka itu pahalanya dilipatgandakan hingga 700 kali. Allah berfirman dalam surah al-Baqarah ayat 261: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang- orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada setiap butir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui

25 LALU, RASUL MELIHAT Sekelompok orang, kepala mereka dilempari batu sehingga pecah lalu kembali utuh. Tidak berapa lama kepala meraka yang sudah utuh kembali dilempari batu lagi hingga pecah berantakan demikian terus-menerus tak henti-hentinya. Ini gambaran siksaan bagi orang-orang yang malas tidak mau mengerjakan shalat wajib.

26 RASUL JUGA MELIHAT Kaum yang berpakaian compang- camping, koyak di depan dan belakangnya, makan pohon yang berduri, daun yang pahit dan batu-batu jahannam. Mereka adalah kaum yang tidak membayar zakat

27 SAMPAILAH DI MASJID AL-AQSHA DI PALESTINA PARA MALAIKAT DAN NABI SUDAH MENUNGGU BERTEMU NABI IBRAHIM, MUSA DAN ISA MUHAMMAD JADI IMAM SHALAT JIBRIL MENWARKAN 2 MINUMAN: SUSU DAN KHAMR

28 Dengan sigap Rasulullah mengambil gelas susu. Susu adalah minuman halal dan penuh menfaat bagi kesehatan. Minuman yang berkalsium tinggi, menguatkan tulang belulang. Rasulullah menolak khamr, minuman yang menginjak-nginjak akal, menurunkan tingkat kecerdasan ke dasar yang paling rendah. Sungguh memang pilihan yang tepat, karena pilihan ini adalah pilihan fitri "suci". Kata malaikat Jibril, "Engkau dalam kesucian, sekiranya kau pilih khamr, sesatlah ummat engkau."

29 ISRO’ DARI MEKKAH KE PALESTINA JARAK 1234 KILOMETER BIASANYA PERLU WAKTU 40 HARI PERJALANAN TAPI DENGAN KUASA ALLAH SWT, HANYA DITEMPUH KURANG DARI 1 MALAM SAJA

30 BERSIAP MI’RAJ RASUL MENUJU QUBBAH AS-SAKHRAH (150 meter dari MASJID)

31 BERSIAP MI’RAJ NAIK TANGGA KE ATAS BATU YA’QUB

32 DIPANGGIL DARI SEBELAH KANAN DIPANGGIL DARI SEBELAH KIRI DIPANGGIL OLEH SUARA PEREMPUAN DITAWARKAN SUSU & KHAMR OLEH JIBRIL

33 PENJELASAN JIBRIL Suara yang memanggil-manggil dari sisi kanan, adalah provokasi dari Yahudi, Sedang dari sisi kiri adalah provokasi dari Nasrani. Tapi untunglah Nabi tidak menanggapi, sehingga menurut Jibril umatnya kelak tidak mudah terprovokasi untuk memasuki kedua agama tersebut. Pilihan Nabi terhadap susu dibenarkan oleh Jibril, dengan begitu umatnya kelak akan berupaya sungguh-sungguh melaksanakan ajaran fitrah itu, dan tidak tersesat kemabukan dunia; sebagaimana tidak dihiraukannya suara memanggil-manggil yang datangnya dari seorang wanita (simbol perhiasan dunia).

34

35 KATA JIBRIL Orang-orang bermoncong seperti moncong unta, tangan mereka memegang segumpal api seperti batu-batu, lalu dilemparkan ke dalam mulut mereka dan keluar dari dubur, merekalah yang memakan harta anak-anak yatim secara tidak sah. Orang-orang dengan perut buncit dan diinjak-injak adalah tukang-tukang riba. Orang-orang yang makan daging busuk itu adalah orang-orang yang meninggalkan wanita yang dihalalkan Tuhan dan mencari wanita yang diharamkan.

36

37 DI LANGIT KE-3 BERTEMU NABI YUSUF

38 DI LANGIT KE-4 BERTEMU NABI IDRIS

39 DI LANGIT KE-5 BERTEMU NABI HARUN

40 DI LANGIT KE-6 BERTEMU NABI MUSA

41 DI LANGIT KE-7 BERTEMU NABI IBRAHIM MELIHAT BAITUL MAKMUR DENGAN MALAIKAT YANG SHALAT TIAP HARI, TIAP MALAIKAT 1 KALI MASUK DAN TAK PERNAH MASUK LAGI. MELIHAT MALAIKAT YANG SANGAT BESAR DENGAN KEPALA BAITUL MAKMUR ITU PERSIS DI ATAS BAITULLAH DI MEKKAH

42 NAIK LAGI KE SIDRATUL MUNTAHA JIBRIL MENAWARKAN 3 MINUMAN: SUSU, MADU DAN KHAMR NABI MUHAMMAD MELIHAT SURGA & NERAKA

43 RASUL NAIK LAGI KE ‘ARSY ‘ARSY ADALAH SINGGASANA ALLAH SWT BUMI SUDAH TIDAK TERLIHAT LAGI MUHAMMAD MELIHAT WUJUD MALAIKAT JIBRIL YANG SEBENARNYA ALLAH MENYENTUH DADA DAN BAHU NABI MUHAMMAD

44 RASUL BERDIALOG DENGAN ALLAH RASUL SAW: "Attahiyatul mubaarakaatush shalawatuth thayyibatulillah“, artinya: “Segala penghormatan, kemuliaan, dan keagungan hanyalah milik Allah saja" ALLAH SWT: "Assalamu'alaika ayyuhan nabiyu warahmatullahi wabarakaatuh". MALAIKAT : mengumandangkan 2 kalimat syahadat

45 ALLAH MEMBERI TUGAS SHALAT 50 KALI SEHARI-SEMALAM

46 RASUL TURUN DARI ‘ARSY KETEMU LAGI DENGAN NABI MUSA DAN DITANYA DIBERI TUGAS APA OLEH ALLAH SWT. MUHAMMAD BERKATA TUGAS SHALAT 50 KALI. MUSA MENYURUH MUHAMMAD KEMBALI KE ALLAH MINTA KERINGANAN SHALAT.

47 RASUL NAIK KE ‘ARSY LAGI MINTA KERINGANAN KEPADA ALLAH SWT. DIKURANGI OLEH ALLAH MENJADI 40 KALI SAJA BERTEMU MUSA, MINTA DIKURANG LAGI DIRINGANKAN OLEH ALLAH MENJADI 30 KALI BERTEMU MUSA, MINTA DIKURANG LAGI DIRINGANKAN OLEH ALLAH MENJADI 20 KALI BERTEMU MUSA, MINTA DIKURANG LAGI DIRINGANKAN OLEH ALLAH MENJADI 10 KALI BERTEMU MUSA, MINTA DIKURANG LAGI DIRINGANKAN OLEH ALLAH MENJADI 5 KALI MUHAMMAD AKHIRNYA RELA DAN MENYERAH

48 RASUL TERBANGUN LALU MEMBANGUNKAN KELUARGA UMMU HANI’ SHALAT BERSAMA RASUL BERCERITA KEJADIAN SEMALAM KELUARGA UMMU HANI’ PERCAYA KEPADA MUHAMMAD SAW.

49 SESUDAH ITU... Nabi saw kabarkan kepada semua orang di Mekkah. Terjadi guncangan dalam hati dan masyarakat, antara percaya dan tidak percaya bagi umat islam dan keanehan serta kemustahilan bagi kaum kafir. Sahabat Abu Bakar yang bergelar As- Shiddiq (yang jujur) percaya kepada Muhammad.

50 SEJAK ITU… SELURUH UMMAT ISLAM WAJIB MELAKSANAKAN SHALAT 5 WAKTU 17 ROKAAT: SHUBUH : 2 ROKAAT DHUHUR : 4 ROKAAT ASHAR : 4 ROKAAT MAGHRIB : 3 ROKAAT ISYA’ : 4 ROKAAT

51 RENUNGKAN PERINTAH SHOLAT DITERIMA LANGSUNG DARI ALLAH SWT, TIDAK MELALUI PERANTARA (MALAIKAT JIBRIL). RASULULLAH BERSABDA: “Sesungguhnya pertama kali yang akan dilihat dari amal seseorang pada hari kiamat adalah shalat. Bila ditemuklan shalatnya sempurna, maka diteruimalah semua amalnya. Dan bila shalatnya ditemukan kurang, maka ditolaklah atas semua amalnya”. Shalat itu amat penting bisa mencegah perbuatan keji dan mungkar (QS. al-Ankabut ayat 45). Oleh karena itu dirikanlah shalat, jangan sampai di tinggalkan.

52 INTI DARI ISRO’-MI’ROJ Adalah SHOLAT Hadits: “SHOLAT ADALAH MI’ROJ-NYA ORANG-ORANG YANG BERIMAN”.

53

54 Subhanakallahumma wabihamdika. Asyhadu allaa ilaaha illa Anta. Astaghfiruka wa atuubu ilaika. Maha suci Engkau ya Allah aku memujiMu. Aku bersaksi tiada Tuhan selain Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepadaMu.


Download ppt "QS. Bani Israil ayat 1: "Maha Suci Allah Yang telah memperjalankan hambaNya pada suatu (potongan) malam dari masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsa yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google