Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

M O D U L IX. MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENGARUH KETAHANAN NASIONAL TERHADAP KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA (ASPEK ALAMIAH) 1. Materi Kuliah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "M O D U L IX. MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENGARUH KETAHANAN NASIONAL TERHADAP KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA (ASPEK ALAMIAH) 1. Materi Kuliah."— Transcript presentasi:

1 M O D U L IX. MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENGARUH KETAHANAN NASIONAL TERHADAP KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA (ASPEK ALAMIAH) 1. Materi Kuliah Pengaruh Ketahanan Nasional terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara (Aspek Alamiah) a. Aspek Geografi b. Aspek Sumber Kekayaan Alam c. Aspek Kependudukan 2. Tujuan Kependidikan a. Tujuan Instruksional Umum Memahami tentang pengaruh Ketahanan Nasional terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya aspek-aspek Geografi, Sumber Kekayaan Alam, dan Kependudukan. b. Tujuan Instruksional Khusus Mampu menjelaskan tentang pengaruh Ketahanan Nasional terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya aspek- aspek Geografi, Sumber Kekayaan Alam, dan Kependudukan. 3. Uraian Mata Kuliah

2 merupakan wadah bagi bangsa yang mendiaminya, dan sebaliknya bangsa tersebut mempengaruhi pula lingkungannya. Ada dua jenis negara yang mempunyai ciri khusus berkenaan dengan lokasinya, yaitu: 1) Negara yang dikelilingi daratan (Land Locked Country), misalnya: Swiss, Laos, Afghanistan. Lingkungn negara demikian itu bersifat serba daratan atau serba benua, yang mempengaruhi cara pandang negar yang bersangkutan. 2) Negara dikelilingi lautan, dapat dibagi dalam: a) Negara Kepulauan (Archipelagic State): negara-negara yang terjadi dari kumpulan pulau-pulau, yang membentuk suatu keutuhan. b) Negara Pulau (island state) Pengaruh lokasi dan posisi geografi Negara Kepulauan (archipelago) seperti telah disepakati di dalam hubungan antar negara dewasa ini: Ke dalam, sebagai kesatuan laut (wilayah air) dengan beberapa pulau di dalamnya.

3 negara. Kekayaan alam dibagi dalam tiga golongan, yaitu hewani (fauna), nabati (flora), dan mineral. Ada yang bersifat dapat diperbaharui, dan ada yang tidak dapat diperbaharui. Salah satu sifat khusus sumber alam ialah distribusinya yang tidak teratur, sehingga dengan demikian ada negara yang kaya akan sumber daya alam, namun ada pula yang miskin. Oleh karena itu dalam pemanfaatannya tidak dapat dielakkan adanya ketergantungan antar negara. 2) Pola dasar pemanfaatan kekayaan alam Didasarkanpadaprinsipkesejahteraandankeamanan, sehingga ada beberapa pola dasar penggunaannya, yaitu: a) Asas Maksimal; dapat memberikan manfaat yang optimal untuk pembangunan dan menjaga ketimpangan antar daerah. b) Asas Lestari; dikaitkan dengan perumusan kebijaksanaan pengelolaan sumber daya dan pesatnya pemakaian yang merugikan kepentingan generasi yang akan datang. c) Asas Daya Saing; dengan maksud agar dapat digunakan sebagai alat dan ketergantungan kepada negara-negara besar dapat dikurangi. d. Pengaruh Aspek Kependudukan


Download ppt "M O D U L IX. MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENGARUH KETAHANAN NASIONAL TERHADAP KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA (ASPEK ALAMIAH) 1. Materi Kuliah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google