Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SELAMAT DATANG DI UNIVERSITAS AIRLANGGA & SELAMAT BERGABUNG DI PUSAT LAYANAN KESEHATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA (AIRLANGGA HEALTH CARE CENTER d/h AHCC)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SELAMAT DATANG DI UNIVERSITAS AIRLANGGA & SELAMAT BERGABUNG DI PUSAT LAYANAN KESEHATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA (AIRLANGGA HEALTH CARE CENTER d/h AHCC)"— Transcript presentasi:

1

2 SELAMAT DATANG DI UNIVERSITAS AIRLANGGA & SELAMAT BERGABUNG DI PUSAT LAYANAN KESEHATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA (AIRLANGGA HEALTH CARE CENTER d/h AHCC)

3

4  Desember 2004  operasional awal dengan nama PPKM-UA/AHCC sebagai salah satu unit kegiatan bidang Kemahasiswaan  Februari 2009  menjadi unit mandiri dengan status “PUSAT” dengan nama “PUSAT LAYANAN KESEHATAN (PLK-UA) atau Airlangga Health Care Center (AHCC)  PLK-UA menjadi  Tanggal 21 April 2010 sesuai dengan SK Rektor No.611/H3/KR/2010  PLK-UA menjadi penyelenggara pemeliharaan kesehatan bagi mahasiswa dan karyawan Unair serta masyarakat umum SEJARAH PENDIRIAN PLK-UA d/h AHCC

5  PLK-UA adalah badan pengelola asuransi dan memiliki klinik sendiri (Kampus B dan Kampus C Unair)  Asuransi kesehatan yang dikelola PLK-UA adalah asuransi kesehatan, bukan asuransi kecelakaan

6 VISI PLK-UA d/h AHCC

7 1.Menyelenggarakan pemeliharaan kesehatan yang bersifat holistik, efektif, dan efisien kepada mahasiswa, karyawan dan masyarakat umum di lingkungan Universitas Airlangga dengan mengedepankan standar mutu prima (excellent quality) 2.Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang kesehatan serta perilaku hidup sehat di lingkungan Universitas Airlangga 3.Memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada mahasiswa, karyawan dan masyarakat umum di lingkungan Universitas Airlangga 4.Menyelenggarakan pelayanan kesehatan lanjut dan rawat inap kepada mahasiswa, karyawan yang membutuhkan di lingkungan Universitas Airlangga 5.Menyediakan sarana dan prasarana dalam upaya meningkatkan kesehatan mahasiswa dan karyawan di lingkungan Universitas Airlangga MISI PLK-UA d/h AHCC

8 KEPESERTAAN 1.Mahasiswa Universitas Airlangga jenjang program D3 dan S1 wajib menjadi peserta asuransi kesehatan yang dikelola PLK- UA; 2.Mahasiswa Universitas Airlangga jenjang program S2, S3 dan Profesi Tahun Akademik 2011/2012 dan Tahun Akademik 2012/2013 wajib menjadi peserta asuransi kesehatan yang dikelola PLK-UA. Sedangkan Mahasiswa Universitas Airlangga jenjang program S2, S3 dan Profesi sebelum Tahun Akademik 2011/2012 tidak wajib menjadi peserta asuransi kesehatan yang dikelola PLK-UA, namun apabila ingin menjadi peserta asuransi kesehatan dapat mengajukan ke PLK-UA sebagai peserta asuransi kesehatan; 3.Mahasiswa Universitas Airlangga jenjang program Spesialis tidak wajib menjadi peserta asuransi kesehatan yang dikelola PLK-UA.

9 KEPESERTAAN 4. PNS Golongan I & II, tenaga honorer yang memiliki NIK Universitas Airlangga, dan karyawan serta pengelola PLK-UA dapat menggunakan pelayanan dokter umum dan dokter gigi in-house clinic PLK-UA secara gratis dengan pembiayaan pelayanan kesehatan ditanggung oleh rektorat.

10 Bagaimana Cara Menjadi Peserta Asuransi?  Membayar premi sebesar Rp per semester, ditagihkan secara otomatis bersamaan dengan waktu pembayaran SOP (Sumbangan Operasional Pendidikan)  Bukti kepesertaan dalam bentuk KARTU TANDA MAHASISWA yang mempunyai barcode dan masih berlaku.

11 Keuntungan Program Bagi Mahasiswa  Terjaminnya pelayanan kesehatan dasar dengan biaya yang terjangkau.  Adanya program pemeliharaan kesehatan, diantaranya: › Kampanye kehidupan kampus yang sehat › Penyuluhan kesehatan dlm bentuk leaflet, seminar atau pelatihan › Dukungan terhadap kegiatan ekstra kurikuler (Wanala, Mapanza, Korps Suka Rela(KSR), dll)

12 PAKET PELAYANAN PLK-UA d/h AHCC

13  Ikut serta dalam kegiatan penyuluhan kesehatan berkala: seminar, dialog interaktif, leaflet, poster, pelatihan bidang kesehatan yang dilaksanakan oleh PLK-UA d/h AHCC

14

15

16

17

18  Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) : Pelayanan dokter umum dan dokter gigi di In-house Clinic (dikelola sendiri), berupa Konsultasi, Pemeriksaan, dan Tindakan Medis Umum dan Gigi Sederhana  Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) : a.Pelayanan Dokter Spesialis (atas rujukan dokter In-house Clinic ) di rumah sakit, berupa konsultasi Dokter Spesialis (Rujukan), dengan sistem penggantian biaya (klaim) maksimal Rp ,- dan batas klaim rujukan maksimal 1 bulan dari tanggal kuitansi pembayaran. Untuk klaim rujukan di bulan Desember, penggantian dilakukan pada bulan tersebut.

19  Pelayanan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) b.Pelayanan pemeriksaan laboratorium dan radiologi, masing-masing (atas rujukan dokter In-house Clinic ) di laboratorium klinik, dengan sistem penggantian biaya (klaim) maksimal Rp ,- dan batas klaim rujukan maksimal 1 bulan dari tanggal kuitansi pembayaran. Untuk klaim rujukan di bulan Desember, penggantian dilakukan pada bulan tersebut.

20  Pelayanan Obat Pemberian obat berdasarkan indikasi medis dan sesuai standar pengobatan (formularium)  Rawat Inap Penggantian biaya (klaim) rawat inap maksimal Rp ,- dan batas klaim maksimal 1 bulan dari tanggal kuitansi pembayaran. Untuk klaim rujukan di bulan Desember, penggantian dilakukan pada bulan tersebut.

21 Pelayanan Poli Umum

22

23 Pelayanan yang Tidak Ditanggung 1. Segala macam kelainan atau gangguan jiwa 2. Cedera atau penyakit yang timbul sebagai akibat dari pemakaian alkohol, narkotika dan obat bius atau sejenisnya 3. Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) dan AIDS Related Complex (ARC) dengan segala akibatnya. 4. Operasi besar seperti operasi jantung, transplantasi, reseksi 5. Alat prostetik dan alat khusus seperti: alat pacu jantung, dialisis 6. Refraksi, kacamata serta kontak lensa

24 Pelayanan yang Tidak Ditanggung 7. Alat bantu pendengaran dan alat bantu akibat cacat badan 8.Usaha bunuh diri ataupun tindakan yang mencelakakan diri sendiri 9.Kecelakaan lalu-lintas 10. Kecelakaan di luar kampus ataupun di luar kegiatan resmi kurikuler 11. Sakit atau luka akibat perkelahian 12. Perang atau segala tindakan peperangan, dinyatakan atau tidak, kegiatan melawan hukum atau terorisme, dinas aktif dalam militer, partisipasi langsung dalam demonstrasi, huru- hara, pemberontakan atau keributan sipil 13. Perawatan atau pengobatan yang tidak dibutuhkan secara medis (bukan indikasi medis) seperti halnya vitamin; atau di luar pelayanan resmi Pusat Layanan Kesehatan 14. Kelainan bawaan

25 15.Kondisi yang berhubungan dengan penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual / golongan penyakit kelamin dan segala akibatnya 16.Penyakit atau cedera yang timbul sebagai akibat dari mengikuti segala jenis perlombaan balap, terjun payung, kegiatan bawah air yang memerlukan perlengkapan bernapas, olah raga profesional (bayaran) 17.Kehamilan, melahirkan, keguguran, aborsi, perawatan sebelum dan sesudah melahirkan, metode kontrasepsi untuk pengaturan kehamilan secara mekanis, pembedahan atau kimiawi, perawatan yang berhubungan dengan gangguan menstruasi 18.Perawatan dan pengobatan yang berhubungan dengan kemandulan 19.Segala jenis penyakit keganasan 20.Segala bentuk pemberian vaksinasi dan imunisasi Pelayanan yang Tidak Ditanggung

26

27 a. Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) oleh dokter umum dan dokter gigi di In-house Clinic (dikelola sendiri). Prosedurnya adalah: 1. Saat menggunakan pelayanan wajib menunjukkan KTM atau Kartu Peserta yang masih berlaku. 2.Pelayanan akan diberikan sesuai kebutuhan dan atas dasar indikasi medis. 3.Pelayanan atau pemberian obat berdasarkan indikasi medis dan sesuai standar pengobatan (formularium).

28 b. Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL), berupa Pemeriksaan Laboratorium atau Radiologi atau Pelayanan Dokter Spesialis atas rujukan (surat pengantar) dokter in-house clinic. c.Rawat Inap, yaitu berupa penggantian biaya rawat inap di rumah sakit dengan plafon tertentu, tanpa atau dengan rujukan.

29 d. Prosedur Penggantian Biaya (Klaim) Penggantian biaya dilakukan pada jam kerja administrasi 08:00-15:00WIB di hari Senin-Jum’at dan hanya dilakukan pada tahun berlangsung sesuai yang tertera pada bukti pembayaran atau kwitansi.

30 Prosedur penggantian biaya untuk Pemeriksaan Laboratorium atau Radiologi atau Pelayanan Dokter Spesialis sebagai berikut: 1. Saat menggunakan pelayanan wajib menunjukkan KTM yang masih berlaku. 2. Menyerahkan 2 lembar foto kopi (bolak-balik) KTM yang masih berlaku. 3. Menyerahkan hasil Pemeriksaan Laboratorium/Radiologi/ Pelayanan Dokter Spesialis 4. Menyerahkan bukti pembayaran atau kwitansi asli dan 2 lembar foto kopi 5. Batas klaim rujukan maksimal 1 bulan dari tanggal kuitansi pembayaran. Untuk klaim rujukan di bulan Desember, penggantian dilakukan pada bulan tersebut.

31 Prosedur penggantian biaya rawat inap adalah: 1.Saat menggunakan pelayanan wajib menunjukkan KTM yang masih berlaku. 2.Menyerahkan 2 lembar foto kopi (bolak-balik) KTM yang masih berlaku. 3.Menyerahkan bukti pembayaran atau kwitansi asli dan 2 lembar foto kopi 4. Menyerahkan surat keterangan dirawat di rumah sakit tersebut. 5. Batas klaim rujukan maksimal 1 bulan dari tanggal kuitansi pembayaran. Untuk klaim rujukan di bulan Desember, penggantian dilakukan pada bulan tersebut.

32 KEGIATAN INTERNAL

33

34

35

36

37 Thank’s for your attention

38 EVENT TERDEKAT…!! “SEMINAR HEPATITIS” TANGGAL:29 SEPTEMBER 2012 TEMPAT : AULA FAJAR NOTONEGORO, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) KAMPUS B UNAIR TEMPAT PENDAFTARAN: KLINIK PLK-UA KAMPUS B SEGERA MENDAFTAR…!! PESERTA TERBATAS…!! MAHASISWA UNAIR HTM Rp 5.000,- MAHASISWA STIKES HTM Rp ,- UMUM / PERAWAT HTM Rp ,-

39  Apabila ada mahasiswa yang mengalami kejadian yang tidak diinginkan misalnya darurat kecelakaan (patah tulang, pendarahan, dislokasi, dll) sementara dapat dikondisikan untuk ditangani di Rumah Sakit atau klinik terdekat apabila TKP jauh dari PLK.  Asuransi kesehatan PLK bukan asuransi kecelakaan.  SK Sakit akan dikeluarkan oleh Dokter PLK bila mahasiswa membawa SK sakit dari Dokter luar (asli). Selain itu, SK Sakit akan dikeluarkan pada hari yang sama sesuai dengan tanggal berobat pasien.  Menjunjung tinggi etika dan sopan santun di PLK


Download ppt "SELAMAT DATANG DI UNIVERSITAS AIRLANGGA & SELAMAT BERGABUNG DI PUSAT LAYANAN KESEHATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA (AIRLANGGA HEALTH CARE CENTER d/h AHCC)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google