Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW 1.Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW 2.Menjelaskan misi nabi Muhammad untuk semua manusia dan bangsa 1.Menjelaskan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW 1.Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW 2.Menjelaskan misi nabi Muhammad untuk semua manusia dan bangsa 1.Menjelaskan."— Transcript presentasi:

1

2

3 Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW 1.Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW 2.Menjelaskan misi nabi Muhammad untuk semua manusia dan bangsa 1.Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW 2.Menjelaskan misi nabi Muhammad untuk semua manusia dan bangsa

4 Muhamad Sebelum menjadi Rasul 1 Dakwah di Mekkah 2 Dakwah di Madinah 3

5 Kelahiran Muhammad SAW Disusukan kepada Halimah binti Abi Dhuaib Siti Aminah dan Abdul Muthalib Meninggal dunia Muhammad diasuh oleh Abu Thalib Muhammad berniaga Muhammad menikah dengan Khadijah Muhammad menerima Wahyu

6 Kelahiran Nabi Muhammad Pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah, bertepatan dengan bulan April ta­hun 570 Masehi, Siti Aminah melahirkan seorang anak laki-laki. Dengan penuh kegembiraan, Abdul Muthalib (kakeknya) menggendong bayi itu dan dibawanya ke Kabah. Setelah dari Kabah, dan bayi tersebut diberi nama Muhammad

7 Disusukan kepada Halimah binti Abi Dhuaib Pada hari ke-8 dari kelahirannya, Muhammad diserahkan kepada keluarga Saad yang bernama Halimah binti Abi Dhuaib untuk disusukan. Muhammad tinggal pada keluarga Saad/Halimah sampai mencapai usia lima tahun. Ia belajar menggunakan bahasa Arab yang murni serta belajar sifat-sifat terpuji yang terpatri dalam jiwa dan pribadinya. Setelah lima tahun hidup ber­sama Halimah, Muhammad diantarkan kepada ibunya di Mekah.

8 Siti Aminah dan Abdul Muthalib Meninggal dunia Pada saat Muhammad berusia enam tahun, Aminah mengajaknya berziarah ke makam ayahnya, Abdullah, di Madinah. Setelah satu bulan Aminah di Madinah, ia pulang bersama rombongan, namun, di tengah perjalanan, tepatnya di Abwa, ibunda Aminah menderita sakit dan meninggal dunia, kemudian dikuburkan di tempat itu. Begitu sedih dan pilu hati Muhammad, mempunyai ayah maupun ibu. Muhammad pulang ke Mekah dan tinggal bersama kakeknya, Abdul Muthalib. Tak lama, kakeknya pun dipanggil untuk menghadap Allah SWT, pada usia 80 tahun,.

9 Muhammad Diasuh oleh Abu Thalib Pada saat Muhammad sedang berduka, pamannya, Abu Thalib, mengajak Muhammad untuk tinggal bersama keluarganya. Abu Thalib yang sangat menyayanginya. Hal itu disebabkan budi pekerti Muhammad yang luhur, cerdas, suka berbakti, dan baik hati Dalam usia dua belas tahun, Muhammad sudah dapat bekerja membantu pamannya menggembala domba, atau bahkan sesekali idiajak pamannya berniaga. Ketika Muhammad berniaga di Basrah (Selatan Syam), Muhammad bertemu dengan rahib (pendeta) Bahira. Rahib itu telah melihat tanda-tanda kenabian pada diri Muhammad

10 Muhammad Berniaga Pada usia 25 tahun, Muhammad mendagangkan barang dagangan Khadijah, ditemani oleh Maisara, budak Khadijah. Dengan mengambil jalan padang pasir, kafilah itu pun berangkat menuju Syam. Mereka melalui Wadil Qura, Madyan, dan Diar Thamud serta tempat yang dulu pernah dilalui Muhammad dengan pamannya, Abu Talib Dengan kejujuran dan kemampuannya, Muhammad mampu mendagangkan barang-barang Khadijah, dengan keuntungan yang lebih banyak daripada orang lain sebelumnya.

11 Muhammad Menikah dengan Khadijah Setelah Khadijah melihat kecerdasan dan ketinggian budi pekerti Muhammad, akhirnya Khadijah yang berusia 40 tahun itu, jatuh hati dan akhirnya menikah dengan Muhammad yang saat itu berusia 25 tahun. Mereka menjadi suami-isteri yang harmonis dengan dihiasi nuansa sakinah, mawaddah, dan warahmah. Di samping mengarungi rumah tangga, Muhammad pun senantiasa memikirkan rusaknya moral, ketika kaum Quraisy yang penuh dengan ke- jahiliyah -an, sehingga ia selalu mencari jalan dengan cara menyendiri untuk mencari solusi bagaimana caranya memperbaiki perilaku orang-orang Quraisy tersebut

12 Menerima Wahyu Ketika Nabi Muhammad berusia 40 tahun, dia pergi ke gua Hira untuk ber- khalwat dan mendekatkan diri kepada Allah dengan berdoa. Ketika ia sedang dalam dalam gua itu, datanglah malaikat seraya berkata kepadanya, “Bacalah!” Dengan terkejut Muhammad menjawab, “Saya tak dapat membaca!” Ia merasa seolah malaikat itu mencekiknya, kemudian dilepaskan lagi seraya berkata, “Bacalah!” Masih dalam ketakutan akan dicekik lagi, Muhammad menjawab, “Apa yang akan saya baca?” Malaikat itu pun berkata lagi, “Bacalah! Dengan nama Tuhanmu Yang menciptakan. Menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah. Dan Tuhanmu Maha Pemurah. Yang mengajarkan dengan Pena. Mengajarkan kepada manusia apa yang belum diketahuinya...” (QS. Al-Alaq: 1-5). Kemudian Beliau mengucapkan bacaan itu. Malaikat pun pergi setelah kata-kata itu terpatri dalam hati Nabi Muhammad. Namun, ia merasa ketakutan, sambil bertanya-tanya pada dirinya. “Gerangan apakah yang dilihatnya?” Setelah menerima wahyu yang pertama itu maka Muhammad menjadi seorang utusan (rasul), sehingga dia mempunyai kewajiban untuk menyampaikan ajaran Allah SWT kepada umat manusia

13

14

15

16

17 ISRA MI’RAJ DAN SUMPAH AKABAH Menjelang Akhir Periode Mekah, (621) ia mengalami peristiwa yang sangat penting dalam pengalaman keagamaannya, peristiwa Isra Mi’raj. Tak lama setelah peristiwa itu sejumlah orang Madinah susul-menyusul datang ke Mekah untuk menemui Muhammad, karena mereka pernah mendengar tentang seorang nabi yang bakal datang. Sehingga terjadi peristiwa Sumpah Akabah Pertama dan Sumpah Akabah Kedua. Dalam sumpah yang kedua (622) sejumlah orang Madinah bersumpah membela Muhammad dan Islam. Oleh karenanya orang Madinah disebut Kaum Anshar atau Para Pembela.

18 Misi Nabi Muhammad saw yang utama adalah untuk mengajarkan keesaan Allah. Artinya : Katakanlah Dialah Allah yang Maha Esa (QS al Ikhlas ayat 1) Misi Nabi Muhammad saw yang utama adalah untuk mengajarkan keesaan Allah. Artinya : Katakanlah Dialah Allah yang Maha Esa (QS al Ikhlas ayat 1) Dengan ajaran ini, Nabi Muhammad telah mampu men gajak manusiua dari kegelapan meniju cahaya.

19 Misi Nabi Muhammad saw. Untuk menyempurnakan akhlak,membangun manusia mulia dan bermanfaat. ﺍﻧﻤﺎ ﺑﻌﺛﺖ ﻻﺘﻤﻢ ﻣﻜﺎ ﺮﻢ ﺍﻻﺨﻼﻖ ﴿ ﺮﻮﺍﻩ ﺍﺤﻤﺪ ﴾ Artinya : Bahwasanya aku diutus Allah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak (budi pekerti) “ ( HR. Ahmad) Misi Nabi Muhammad saw. Untuk menyempurnakan akhlak,membangun manusia mulia dan bermanfaat. ﺍﻧﻤﺎ ﺑﻌﺛﺖ ﻻﺘﻤﻢ ﻣﻜﺎ ﺮﻢ ﺍﻻﺨﻼﻖ ﴿ ﺮﻮﺍﻩ ﺍﺤﻤﺪ ﴾ Artinya : Bahwasanya aku diutus Allah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak (budi pekerti) “ ( HR. Ahmad)

20 Misi Nabi Muhammad saw yang kedua adalah sebagai rahmatan lil ‘alamiin. Artinya : Dan tiadalah Kani mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam ( Qs Al Anbiya : 107) Misi Nabi Muhammad saw yang kedua adalah sebagai rahmatan lil ‘alamiin. Artinya : Dan tiadalah Kani mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam ( Qs Al Anbiya : 107)

21 Hijrah Ke Madinah. Tersebarnya agama Islam di Madinah menyebabkan kaum Quraisy semakin ganas. Muhammad memutuskan untuk hijrah bersama pengikutnya ke Madinah secara sembunyi-sembunyi. Dalam perjalanan itu Muhammad membangun mesjid di desa Quba. Kedatangannya disambut meriah oleh penduduk Madinah. Di kota ini pun ia mendirikan mesjid yang kini dikenal dengan Mesjid Nabawi. Di samping mesjid inilah ia tinggal. Kedatangannya bersama para pengikutnya menjadikan umat Islam terbagi dalam dua kelompok, yakni Kaum Muhajirin (yang datang dari Mekah) dan Kaum Anshar (penduduk asli Madinah). Muhammad mempersaudarakan kedua kelompok ini.

22 Tantangan terhadap perkembangan Islam di Madinah Haji Wada’ Perjanjian Khudaibiyah

23 TANTANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN ISLAM DI MADINAH Perang Badar (624) dimenangkan pengikut Muhammad, bahkan tokoh perlawanan terhadap Nabi, Abu Jahal tewas Perang Uhud (625), dimenangkan kaum Quraisy karena mendapat dukungan dari suku-suku yang belum memeluk Islam. Datangnya permintaan dari suku Banu Amir dan Banu Sulaim untuk mengajarkan mereka agama Islam. Ternyata permintaan itu perangkap. Hanya seorang dari 70 utusan yang selamat, sehingga Muhammad terpukul dan murka, ia berdoa agar Tuhan memberikan hukuman atas tindakan tidak berperikemanusiaan itu. Perang Khandaq (627), Muhammad beserta pengikutnya dikepung oleh kaum Quraisy dan sekutunya selama 20 hari dan berakhir setelah terjadi perpecahan di antara kaum Quraisy dan sekutunya.

24 Perjanjian Hudaibiyah. Ketika ia hendak menunaikan ibadah haji ke Mekah (628). Utusannya yang dikirim untuk menemui pimpinan kaum Quraisy justru ditawan. Kaum muskimin marah, sehingga timbul Perjanjian Hudaibiyaham dan kaum Quraisy. Perjanjian ini mengatur jangka gencatan senjata, pelarian dari Mekah ke Madinah dan sebaliknya, serta lama menunaikan ibadah haji bagi umat Islam. Perjanjian ini memberatkan Muhammad dan pengikutnya sehingga akhirnya menyulut Perang Khaibar (628).

25 Haji Wada’ Pada tahun 632 Muhammad berangkat ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji, disertai ribuan pengikutnya. Pada kesempatan itu ia mengucapkan khotbah yang mengemukakan bahwa: tugasnya sudah usai, dan agar umat Islam selalu berpegang pada peninggalannya yakni Al- Quran dan Sunnah, memelihara persaudaraan di antara sesama umat Islam, menegakkan persamaan di antara umat manusia. Muhammad mewajibkan semua yang hadir ketika itu untuk meneruskan pesannya. Ketika itulah turun ayat Al-Quran yang terakhir: “Pada hari ini Aku sempurnakan agama kalian, dan aku penuhi nikmat-Ku atas kalian dan Aku berkenan Islam sebagai agama kalian”. Kejadian ini diimani oleh pemeluk Islam

26

27 Kerjakanlah soal-soal berikut dengan cara memilih salah satu jawaban a, b, c atau d. Jika pilihan anda benar maka anda akan langsung mendapat jawaban benar dan jika pilihan anda kurang tepat, anda akan mendapat jawaban salah PETUNJUK PENGISIAN

28 Nabi Muhammad saw dilahirkan pada tahun …. 1 b. 671 M c. 771 M a. 571 M d. 471 M Salah Benar Salah

29 2. Ayahanda Nabi Muhammad SAW meninggal dunia, pada saat Nabi Muhammad …. a. Berusia 1 tahun b. Berusia 6 bulan d. Dalam kandungan c. Berusia 2 tahun Salah Benar Salah

30 Orang yang menyusui Nabi Muhammad sampai usia dua tahun adalah … 3 a. Khadijah b. Sa’adah d. Halimah c. Aminah Salah Benar Salah

31 Nabi Muhammmad di tinggal oleh kakeknya pada tahun a. 10 tahun b. 9 tahun d. 7 tahun c. 8 tahun Salah Benar Salah

32 Sebelum menikah, Nabi Muhammad berdagang dagangan milik tuannya, dengan ditemani oleh b. Khadijah c. Aminah a. Maisyarah d. Aisyah Salah Benar Salah

33 Surat yang diturunkan Allah, yang memerintahkan kepada Nabi Muhammmad untuk dakwah secara sembunyi-sembunyi adalah b. al-Mujamil c. al-Mu’minun a. al-Mudatsir d. al-Alaq Salah Benar Salah

34 Orang yang pertama masuk Islam dari golongan anak-anak adalah a. Utsman bin Affan b. Umar bin Khatab c. Ali bin Abi Thalib d. Abu Bakar Salah Benar Salah

35 8. Nabi Muhammad dakwah secara sembunyi-sembunyi selama …. a. 1 tahun b. 2 tahun c. 3 tahun d. 4 tahun Salah Benar Salah

36 9. Nabi yang mendirikan ka’bah adalah …. a. Ibrahim dan Muhammad b. Ismail dan Muhammad c. Ibrahim Dan Ismail d. Ismail dan Muhammad Salah Benar Salah

37 10. Apapun yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, semuanya adalah sebagai uswatun hasanah bagi kita. Hal ini dijelaskan dalam…. b. Qs Ali Imran ayat 159 c. Qs. Shaba ayat 28 a. Qs Al Ahzab ayat 21 d. Qs. Al-Fathir ayat 24 Salah Benar Salah

38 Ahsan, M Pendidikan Agama Islam SMP Kelas VII. Esis : Jakarta. Anan Baehaqi Pendidikan Agama Islam SMP Kelas VII. Lubuk Agung : Bandung


Download ppt "Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW 1.Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW 2.Menjelaskan misi nabi Muhammad untuk semua manusia dan bangsa 1.Menjelaskan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google