Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TATANG ROIS (P2CB10001) MANAJEMEN (M.Si) PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN YAMAHA VS HONDA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TATANG ROIS (P2CB10001) MANAJEMEN (M.Si) PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN YAMAHA VS HONDA."— Transcript presentasi:

1 TATANG ROIS (P2CB10001) MANAJEMEN (M.Si) PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN YAMAHA VS HONDA

2 Perkembangan Awal Honda & Yamaha Pada tahun 1961 Honda masuk ke Indonesia melalui dealer Setia Budi Motor dengan pangsa pasar di atas 50%. Honda disukai oleh konsumen karena bahan bakarnya yang irit dan nilai jual kembalinya yang tinggi. Pada tanggal 6 Juli 1974 Yamaha memutuskan untuk beroperasi di Indonesia.

3 Keunggulan Yamaha Hingga tahun 2007, Indonesia merupakan pasar nomor tiga terbesar setelah China dan India. Peluang Yamaha untuk mendominasi pasar di masa depan terbentang luas, karena Yamaha mengutamakan kualitas, kesempurnaan produk, inovasi tanpa henti, termasuk aspek pelayanan pada konsumen. Penganugerahan Yamaha : Sertifikat ISO 9001 pada bulan Agustus 2001, ICSA Award tahun , Marketing Award 2006 dan TV Ad Monitor Menapak usia 30 tahun, Yamaha Indonesia bertekad untuk memberikan yang terbaik kepada setiap dealer dan konsumen agar menjadi “Selalu Terdepan”.

4 Yamaha VS Suzuki Selama ini Yamaha selalu hanya dapat menempati posisi dua dan tiga pasar sepeda motor nasional, bersaing ketat dengan Suzuki. Di sektor penjualan produk, tim pemasar berikut jaringan penjualan Yamaha hanya berhasil mencapai market share 21% pada tahun 2005 dan 35% pada tahun 2006.

5 Yamaha sebagai Pemimpin Pasar Penjualan terbesar Yamaha berasal dari tipe bebek New Vega R dan Mio sebagai pelopor skuter matik. Pada bulan Maret 2007, keduanya menyumbangkan angka penjualan masing-masing unit dan unit. Periode Januari-Maret 2007, Honda pada posisi teratas dengan total penjualan unit, dibayang-bayangi Yamaha dengan total penjualan sebesar unit. Posisi berikutnya ditempati Suzuki, dengan total penjualan sebesar unit dan Kawasaki meraih unit. Yamaha menjadi yang terdepan di periode penjualan bulan Maret 2007, dengan perbedaan unit motor lebih banyak dibanding Honda.

6 Analisa Strategi Yamaha Untuk Mengungguli Honda Seni Perang Yamaha Melawan Honda adalah dengan memanfaatkan kelengahan. Yamaha memutuskan untuk tidak bersaing secara frontal dengan Honda yang menguasai pasar, tapi dengan mempelajari kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan pesaing, melakukan inovasi dan menyerang celah pasar yang tidak dijaga. Kombinasi dua strategi dasar yang paling ampuh, yaitu rekonfigurasi rantai nilai dan membangun ceruk pasar

7 Membangun Ceruk Pasar Honda bermain banyak pada segmen motor bebek dan motor laki dengan mengusung 125cc. Yamaha yang selama ini pangsa pasarnya kecil hanya sekitar 20% mulai mengatur strategi. Strategi yang digunakan Yamaha adalah niche penetration strategy, di mana Yamaha menghindari konfrontasi langsung dengan Honda selaku pesaing yang lebih besar. Yamaha fokus pada segmen pasar tunggal dengan mencari ceruk pasar yang tidak dimainkan oleh Honda. Yamaha melihat bahwa pasar skuter matik yang dipelopori oleh Kymco memiliki peluang emas. Sayangnya Kymco. Kemudian Yamaha maju dengan produk skuter matik berdesain ramping dan fleksibel yang diberi nama Mio. Target segmentasi Mio adalah wanita, yang ternyata juga mencuri perhatian kaum pria. Hal ini tampak dari dominasi pembeli Mio adalah pria sebanyak 60%. Sehingga kemudian Yamaha mengeluarkan Mio Sporty yang ditargetkan untuk pemakai pria. Selain itu, Yamaha juga bermain pada pasar cc dengan mengusung Vega R. Di mana sebelumnya Honda tidak terlalu fokus pada pasar ini. Padahal pasar ini cukup menjanjikan, sebab kelasnya gemuk dan murah, sesuai dengan kondisi perekonomian Indonesia yang masih belum stabil.

8 Rekonfigurasi rantai nilai Aktivitas utama pada rantai nilai Yamaha adalah inbound logistics, lalu operation mulai dari tahapan engine assembly, perakitan rangka, pengelasan secara robotik, pengontrolan kualitas, pengemasan dan pengiriman. Marketing research yang diterapkan Yamaha untuk membentuk kombninasi 4P (price, product, place, promotion) sukses mengalahkan Honda. Pertama price, Yamaha dengan berbagai macam produk harga yang dikeluarkan lebih murah dari Honda.


Download ppt "TATANG ROIS (P2CB10001) MANAJEMEN (M.Si) PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN YAMAHA VS HONDA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google