Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi Calon Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga 23 September 2010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi Calon Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga 23 September 2010."— Transcript presentasi:

1 Presentasi Calon Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga 23 September 2010

2 Visi Unair Menjadi universitas yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, dan seni berdasarkan moral agama.

3 Misi Unair Menyelenggarakan pendidikan akademik, vokasional, dan profesi yang berbasis teknologi pembelajaran modern. Menyelenggarakan pendidikan akademik, vokasional, dan profesi yang berbasis teknologi pembelajaran modern. Menyelenggarakan penelitian dasar, terapan, dan penelitian kebijakan yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Menyelenggarakan penelitian dasar, terapan, dan penelitian kebijakan yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Mendharmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu, teknologi, humaniora dan seni kepada masyarakat. Mendharmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu, teknologi, humaniora dan seni kepada masyarakat. Mengupayakan kemandirian dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengembangan kelembagaan manejemen modern yang berorientasi pada mutu dan kemampuan bersaing secara internasional. Mengupayakan kemandirian dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengembangan kelembagaan manejemen modern yang berorientasi pada mutu dan kemampuan bersaing secara internasional.

4 Visi Fakultas Menjadi fakultas yang bermutu tinggi dan terkemuka yang memiliki landasan Ketaqwaan kepada Tuhan YME, berdasarkan pada semangat pluralisme, kemanusiaan, demokrasi, keadilan dan kesejahteraan bersama yang berorientasi pada pengembangan keilmuan di tingkat nasional maupun internasional.

5 Misi Fakultas Menyelenggarakan proses belajar mengajar secara tertib, kreatif termasuk mendayagunakan berbagai metode dan media pembelajaran efektif dan efisien. Menyelenggarakan proses belajar mengajar secara tertib, kreatif termasuk mendayagunakan berbagai metode dan media pembelajaran efektif dan efisien. Menjadikan kampus sebagai ruang publik dan miniatur Indonesia yang peka dan responsif terhadap kemajemukan. Menjadikan kampus sebagai ruang publik dan miniatur Indonesia yang peka dan responsif terhadap kemajemukan. Melakukan dan memfasilitasi pengkajian-pengkajian, baik yang bersifat dasar untuk tujuan pengembangan keilmuan maupun yang bersifat strategis untuk pemecahan berbagai masalah sosial secara sistematis, terarah dan terprogram. Melakukan dan memfasilitasi pengkajian-pengkajian, baik yang bersifat dasar untuk tujuan pengembangan keilmuan maupun yang bersifat strategis untuk pemecahan berbagai masalah sosial secara sistematis, terarah dan terprogram.

6 Tujuan 1. Berdasarkan visi dan misi tersebut di atas, FISIP Unair telah menetapkan tujuan utama yaitu menjadikan lulusan fakultas berkemampuan berikut: 2. memahami dan mengerti gejala dan fakta sosial-politik dalam lingkungan sendiri, dalam negara dan dalam dunia global; 3. mempunyai scientific sensitivity tinggi, sehingga mempunyai sikap peduli dengan lingkungan, bangsa dan dunianya; 4. mampu menggunakan konsep-konsep dasar dan teori- teori sosial dalam lingkup ilmu-ilmu sosial untuk melakukan analisis, pembahasan dan kajian hingga sedalam-dalamnya;

7 5. mengerti konsep-konsep dasar dan teori-teori sosial, beserta pendekatan, metode kajiannya dan penerapannya dalam lingkup dunia empirik; 6. dapat mengerti dan menhargai berbagai pendekatan dan metode yang digunakan oleh para ilmuwan dlm analisis masalah dan gejolak sosial-politik dalam masyarakat, dan dapat mendudukkan perbedaan itu secara baik dan adil; 7. berdaya dan mampu susun suatu perencanaan sosial dan politik yang sistematik dan dapat digunakan untuk mendukung proses pembangunan bangsa dan negara; 8. dapat menulis karya ilmiah berkualitas tinggi dan bermakna mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi; 9. mempunyai kepribadian yang seimbang dan mantab antara pengetahuan intelektualnya dengan iman dan taqwanya serta moralitas dirinya.

8

9 A NALISIS ATAS CAPAIAN FAKULTAS (A GUSTUS 2010)

10 Dari 128 dosen tetap, 16% (19 orang) S3; 73% (88 orang) berpendidikan S2 dan sisanya 12% (14 orang) dosen berpendidikan S1 (12 dosen ini sedang S2; dan 2 orang sedang mendaftar S2). Dari 128 dosen tetap, 16% (19 orang) S3; 73% (88 orang) berpendidikan S2 dan sisanya 12% (14 orang) dosen berpendidikan S1 (12 dosen ini sedang S2; dan 2 orang sedang mendaftar S2). Studi lanjut S3 akan terus dipacu. Misalnya dengan bantuan dana awal untuk studi lanjut termasuk juga bantuan tambahan yang diberikan kepada para dosen yang tengah menempuh baik S2 maupun S3. Studi lanjut S3 akan terus dipacu. Misalnya dengan bantuan dana awal untuk studi lanjut termasuk juga bantuan tambahan yang diberikan kepada para dosen yang tengah menempuh baik S2 maupun S3.

11 Untuk peningkatan kualifikasi profesional dosen, fakultas mengirimkan para dosen ke LP3-UA untuk mengikuti berbagai pelatihan, seperti sertifikat tingkat Pekerti maupun Aplied Aproach (AA), Sertifikasi Dosen (hingga Dosen telah tersertifikasi). Untuk peningkatan kualifikasi profesional dosen, fakultas mengirimkan para dosen ke LP3-UA untuk mengikuti berbagai pelatihan, seperti sertifikat tingkat Pekerti maupun Aplied Aproach (AA), Sertifikasi Dosen (hingga Dosen telah tersertifikasi). Selain itu, fakultas juga mengundang Ketua LP3- UA untuk memberikan pelatihan, konsultasi maupun pendampingan baik yang berkaitan dengan proses belajar mengajar, pembenahan kurikulum maupun kodifikasi mata kuliah. Selain itu, fakultas juga mengundang Ketua LP3- UA untuk memberikan pelatihan, konsultasi maupun pendampingan baik yang berkaitan dengan proses belajar mengajar, pembenahan kurikulum maupun kodifikasi mata kuliah.

12 Peningkatkan kualifikasi tenaga kependidikan sudah dilakukan, baik yang dilakukan sendiri oleh fakultas maupun dengan mengirim mengikuti pelatihan baik ke universitas atau bahkan ke pelatihan tingkat nasional Peningkatkan kualifikasi tenaga kependidikan sudah dilakukan, baik yang dilakukan sendiri oleh fakultas maupun dengan mengirim mengikuti pelatihan baik ke universitas atau bahkan ke pelatihan tingkat nasional Beberapa jenis pelatihan tersebut a.l. Adalah Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa, Pelatihan Aplikasi Laporan Pertanggung Jawaban Keuangan, Pelatihan Kearsipan, Pelatihan Laporan Keadaan Barang, Pelatihan Pembuatan Konsep-konsep Surat Keputusan, dst Beberapa jenis pelatihan tersebut a.l. Adalah Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa, Pelatihan Aplikasi Laporan Pertanggung Jawaban Keuangan, Pelatihan Kearsipan, Pelatihan Laporan Keadaan Barang, Pelatihan Pembuatan Konsep-konsep Surat Keputusan, dst Pada tahun 2010, beberapa tenaga kependidikan ditugaskan mengikuti program pendidikan Strata 1 yang didanai oleh Universitas Airlangga. Pada tahun 2010, beberapa tenaga kependidikan ditugaskan mengikuti program pendidikan Strata 1 yang didanai oleh Universitas Airlangga.

13 KEUANGAN  Sejak keuangan di FISIP telah menggunakan sumber dana dari APBN dan PNBP  Sumber dana APBN : gaji dosen dan tenaga kependidikan (Karyawan)  Sumber PNBP : Manajemen, Operasioanl dan Pengembangan Fakultas; permasalahan yang muncul adalah selalu kekurangan, terutama untuk pengembangan dan operasional, termasuk kebutuhan fasilitas (sarana dan prasarana) karena bertambah nya prodi baru; misalnya ruang baru, kursi-meja kuliah, LCD, computer, sound system, AC, renovasi ruang dan gedung, dst.

14 Sejak FISIP berdiri 1978 hingga sekarang, kurikulm Fisip konsisten sudah menggunakan sistem SKS. Sejak 27 Mei 2010 Rektor dengan SK Nomor 792/H3/KR/2010 telah mengesahkan desain baru kurikulum FISIP. Sejak FISIP berdiri 1978 hingga sekarang, kurikulm Fisip konsisten sudah menggunakan sistem SKS. Sejak 27 Mei 2010 Rektor dengan SK Nomor 792/H3/KR/2010 telah mengesahkan desain baru kurikulum FISIP. Hingga 2010, paling tidak terdapat 16 program studi (prodi) di FISIP, terdiri dari 2 program studi diploma III, 7 program studi sarjana dan 7 program studi magister (satu prodi: Ilmu-Ilmu Sosial dalam proses penutupan, sehingga sudah tidak menerima mahasiswa). Sesuai amanat UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, salah satu indikator kemajuan prodi adalah pencapaian akreditasi. Hingga 2010, paling tidak terdapat 16 program studi (prodi) di FISIP, terdiri dari 2 program studi diploma III, 7 program studi sarjana dan 7 program studi magister (satu prodi: Ilmu-Ilmu Sosial dalam proses penutupan, sehingga sudah tidak menerima mahasiswa). Sesuai amanat UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, salah satu indikator kemajuan prodi adalah pencapaian akreditasi. Pendidikan

15 Dari 16 prodi yang ada di FISIP yang sudah terakreditasi sebanyak maka dari program studi 8 prodi. Dari 8 prodi yang sudah terakreditasi, empat prodi terakreditasi A, tiga prodi terakreditasi B dan satu prodi terakreditasi C. Sementara itu satu prodi (prodi IIP) dalam proses pengajuan akreditasi. Sedangkan prodi magister yang belum terakreditasi merupakan prodi baru. Dari 16 prodi yang ada di FISIP yang sudah terakreditasi sebanyak maka dari program studi 8 prodi. Dari 8 prodi yang sudah terakreditasi, empat prodi terakreditasi A, tiga prodi terakreditasi B dan satu prodi terakreditasi C. Sementara itu satu prodi (prodi IIP) dalam proses pengajuan akreditasi. Sedangkan prodi magister yang belum terakreditasi merupakan prodi baru. Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED) merupakan indikator kualitas manajemen pendidikan. Hingga Semenster Genap 2009, dari 16 prodi, hanya dua prodi yang belum valid karena masih dalam upaya penataan. Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED) merupakan indikator kualitas manajemen pendidikan. Hingga Semenster Genap 2009, dari 16 prodi, hanya dua prodi yang belum valid karena masih dalam upaya penataan.

16 Rata-rata masa studi, meskipun mulai semakin baik; tetapi masih di atas 9 semester, kecuali Politik dan Hi Rata-rata masa studi, meskipun mulai semakin baik; tetapi masih di atas 9 semester, kecuali Politik dan Hi Rata-rata waktu penyelesaian skripsi, meskipun mulai semakin baik; tetapi masih sekitar 3 semester Rata-rata waktu penyelesaian skripsi, meskipun mulai semakin baik; tetapi masih sekitar 3 semester Rata-rata IPK lulusan umumnya sudah di atas 3,00; kecuali IIP Rata-rata IPK lulusan umumnya sudah di atas 3,00; kecuali IIP Rata-rata jumlah lulusan, untuk semua prodi S1 semakin bagus, kecuali D3 Pariwisata dan PSTP. Tetapi secara umum, ada kecenderungan menurun Rata-rata jumlah lulusan, untuk semua prodi S1 semakin bagus, kecuali D3 Pariwisata dan PSTP. Tetapi secara umum, ada kecenderungan menurun Adanya kerjasama dengan Fulbright dan Erasmus Mundus tahun 2009 FISIP kedatangan 1 orang dosen tamu dari luar negeri; dan pada tahun 2010 meningkat menjadi 3 orang. Adanya kerjasama dengan Fulbright dan Erasmus Mundus tahun 2009 FISIP kedatangan 1 orang dosen tamu dari luar negeri; dan pada tahun 2010 meningkat menjadi 3 orang.

17 Penelitian Ada 3 pola penelitian yang dilakukan para dosen FISIP: usaha individual, Hibah “Soetandyo” dari fakultas dan hasil kerjasama fakultas dengan stakeholder. Ada 3 pola penelitian yang dilakukan para dosen FISIP: usaha individual, Hibah “Soetandyo” dari fakultas dan hasil kerjasama fakultas dengan stakeholder. Pada tahun 2007 terdokumentasi sebanyak 72 judul penelitian, tahun beikutnya meningkat menjadi 104 judul dan tahun 2009 meningkat tajam menjadi 212 judul penelitian Pada tahun 2007 terdokumentasi sebanyak 72 judul penelitian, tahun beikutnya meningkat menjadi 104 judul dan tahun 2009 meningkat tajam menjadi 212 judul penelitian Rata-rata per dosen melakukan penelitian pada tahun meningkat signifikan Tahun 2007 rata-ratanya 0,6, tahun 2008 meningkat menjadi 0,9 dan tahun 2009 meningkat 100% menjadi 1,8. Tahun 2009 berarti rata-rata setiap dosen melakukan penelitian 2 kali dalm setahun, atau masing-masing 1 kali penelitian selama 1 semester. Rata-rata per dosen melakukan penelitian pada tahun meningkat signifikan Tahun 2007 rata-ratanya 0,6, tahun 2008 meningkat menjadi 0,9 dan tahun 2009 meningkat 100% menjadi 1,8. Tahun 2009 berarti rata-rata setiap dosen melakukan penelitian 2 kali dalm setahun, atau masing-masing 1 kali penelitian selama 1 semester.

18 Hibah “Koento” (2009): fasilitas untuk semua dosen untuk menulis bahan ajar dengan nilai Rp.6.000, per bahan ajar/dosen. Tahun 2009 terdapat sebanyak 111 dosen yang membuat bahan ajar. Dengan demikian pada akhir tahun 2009 terdapat 111 buah bahan ajar. Hibah “Koento” (2009): fasilitas untuk semua dosen untuk menulis bahan ajar dengan nilai Rp.6.000, per bahan ajar/dosen. Tahun 2009 terdapat sebanyak 111 dosen yang membuat bahan ajar. Dengan demikian pada akhir tahun 2009 terdapat 111 buah bahan ajar. Pengabdian masyarakat Kegiatan pengabdian masyarakat sejak 3 tahun terakhir menunjukkan adanya peningkatan: 33 (2007), 42 (2008) menjadi 59 (20019) Jumlah publikasi ilmiah para dosen juga menunjukkan peningktan yang signifikan Kegiatan pengabdian masyarakat sejak 3 tahun terakhir menunjukkan adanya peningkatan: 33 (2007), 42 (2008) menjadi 59 (20019) Jumlah publikasi ilmiah para dosen juga menunjukkan peningktan yang signifikan

19 Penjaminan mutu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Airlangga didesain dan dilaksanakan secara terintegrasi mulai tingkat universitas hingga program studi, menggunakan model pendekatan kombinasi top down dan bottom up. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Airlangga didesain dan dilaksanakan secara terintegrasi mulai tingkat universitas hingga program studi, menggunakan model pendekatan kombinasi top down dan bottom up. Sejak PPM terbentuk (SK Rektor No 1358/J03/PP/2005), telah dilakukan berbagai upaya untuk mengakselerasi pelaksanaan penjaminan mutu secara sistematik, baik di tingkat universitas, fakultas, maupun program studi. Sejak PPM terbentuk (SK Rektor No 1358/J03/PP/2005), telah dilakukan berbagai upaya untuk mengakselerasi pelaksanaan penjaminan mutu secara sistematik, baik di tingkat universitas, fakultas, maupun program studi.

20 Pusat Penjaminan Mutu (PPM) mendorong pembentukan Satuan Penjaminan Mutu (SPM) di fakultas (SPMF) dan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) di tingkat program studi. Ketiganya berhubungan dalam jalur koordinasi sehingga tidak ada line of command dari PPM ke SPM/GPM. Pusat Penjaminan Mutu (PPM) mendorong pembentukan Satuan Penjaminan Mutu (SPM) di fakultas (SPMF) dan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) di tingkat program studi. Ketiganya berhubungan dalam jalur koordinasi sehingga tidak ada line of command dari PPM ke SPM/GPM. Quality framework SPM Universitas Airlangga memiliki kerangka kerja peningkatan kualitas institusi yang memperhatikan empat aspek utama, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengevaluasian, dan Perbaikan Quality framework SPM Universitas Airlangga memiliki kerangka kerja peningkatan kualitas institusi yang memperhatikan empat aspek utama, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengevaluasian, dan Perbaikan Sedang mempersiapkan melakukan SPMF (GPM) melalui AIMS. Sedang mempersiapkan melakukan SPMF (GPM) melalui AIMS.

21 KEMAHASISWAAN Jumlah mahasiswa Fisip terus bertambah dari tahun ke tahun; terutama sejak 2 tahun terakhir dengan dibukanya 5 program studi magister. Hal ini perlu tambahan baik tenaga dosen maupun tenaga kependidikan. Karena kebijakan zerogrow, maka kebutuhan tersebut menjadi sulit dipenuhi. Jumlah mahasiswa Fisip terus bertambah dari tahun ke tahun; terutama sejak 2 tahun terakhir dengan dibukanya 5 program studi magister. Hal ini perlu tambahan baik tenaga dosen maupun tenaga kependidikan. Karena kebijakan zerogrow, maka kebutuhan tersebut menjadi sulit dipenuhi.

22 Pendaftar, Diterima dan Perbandingan Dilihat dari data 2009 dibanding tahun 2007, animo lulusan SLTA yang memiliki keinginan masuk ke FISIP semakin meningkat Program Studi (S1) 2007/ / /2010 Pen daftar Di terima Perba ndingan Pen dafta r Di terima Per Ban dingan Pen daftar Di terima Per Ban dingan Sosiologi360884: : :1 Antropologi Sosial220574: : :1 Ilmu Komunikasi : : :1 lmu Politik764948; : :1 Ilmu Hubungan Internasional : : :1 Ilmu Administrasi Negara : : :1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan : : :1 Jumlah : : :1 Diploma PSTP Kepariwisataan Jumlah

23 Prestasi Mahasiswa NoTingkatPrestasi Mahasiswa Universitas611 2Regional011 3Nasional430 Jumlah1052

24 Berdasar analisis kondisi eksisting... Secara umum telah dilakukan sejumlah program yang relatif berhasil, terutama dalam penataan sistem pembelajaran dengan dokumen kurikulum yang sudah ber-SK Rektor; mulai tertatanya program magister (S2); terlaksananya kuliah Cokroaminoto yang sudah menjadi “milik publik”, dst

25 Tetapi, harus diakui pula masih terdapat sejumlah hal lain yang masih menjadi “PR” untuk diperhatikan dan diperbaiki pada periode kepemimpinan 5 tahun ke depan, misalnya : 1) Jumlah mahasiswa terus bertambah, sementara sarana, prasarana dan fasilitas tetap 2) Prestasi mahasiswa dalam berbagai even masih sangat minim 3) Kondisi gedung yang masih belum tertata rapi 4) Kondisi ruang kuliah dan kantor administrasi yang masih belum membanggakan 5) Sarana, prasarana dan fasilitas belajar mengajar masih belum optimal

26 6) Fasilitas Wifi dan IT masih belum maksimal 7) Jumlah dan akses buku atau jurnal (teksbook maupun e-book, atau e-jurnal masih terbatas 8) Ketergantung terhadap sumber dana PNBP dan APBN masih sangat tinggi 9) Kerjasama fakultas dengan institusi lain masih belum optimal 10) Mengingat era transisi, acapkali tata pamong dan mekanisme kelembagaan masih belum dapat diimplementasikan secara maksimal 11) dst

27 V ISI, M ISI DAN T UJUAN C ALON D EKAN P ROF.D R. M USTA ’ IN, D RS, M.S I

28 Visi Fisip yang berstandart mutu, Unggul dan Membanggakan 2015

29 Misi Meningkatkan dan menyempurnakan standarisasi semua komponen institusi yang berkaitan dengan (dan menjadi tonggak) kualitas proses belajar mengajar Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar (hardskill dan softskill), paling tidak sesuai standart BAN-PT Menyelenggarakan berbagai pembenahan di semua lini fakultas sehingga dapat miningkatkan branding untuk identitas FISIP - Universitas Airlangga secara komprehensif sehingga FISIP menjadi corporate culture dan memiliki brand dan corporate identity

30 Tujuan Mewujudkan semua akifitas kelembagaan, terutama yang berkaitan langsung dengan proses belajar mengajar di FISIP dapat berlangsung mekanis- sistemik Mewujudkan semua sarana, prasarana dan fasilitas pendukung aktifitas belajar-mengajar secara standart sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan standart nasional dan internasional. Meningkatkan kualitas akademik dan lulusan FISIP yang lebih baik (kualified), lebih percaya diri sehingga mampu mandiri dan dapat bersaing di masyarakat. Menjadikan FISIP sebagai icon kebanggaan bagi almamater Unair, khususnya bagi semua warga civitas academika FISIP sendiri.

31 APS PARADIGMA BARU PENDIDIKAN TINGGI Evaluasi Otonomi Akuntabilitas Akreditasi Mutu 1. Menjamin PS memenuhi standar mutu 2. Mendorong PS melakukan perbaikan mutu secara berkelanjutan 3. PS mendapat pengakuan publik, badan atau instansi yang berkepentingan APS dalam Pengembangan PS HELTS Daya Saing Bangsa Otonomi dan Desentralisasi Kesehatan Organisasi Daya Saing Bangsa Otonomi dan Desentralisasi Kesehatan Organisasi

32 Program 5 Tahun (2010 – 2015)

33 1.Kelembagaan Fakultas Melaksanakan Sistem pengelolaan fungsional dan operasional Fakultas: planning, organizing, staffing, leading, controlling secaraefektif Memperkuat legitimasi institusi dengan meningkatkan kemitraan sinergis dengan BPF

34 SUMBERDAYA KEUANGAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN KEBIJAKAN FAKULTAS

35 2. Proses belajar Mengajar yang standart 1) Menyusun dan mengembangkan kurikulum program studi, memonitor dan mengevaluasi proses pembelajaran dan penciptaan suasana akademik yang kondusif. 2) Menyediakan sarana dan prasarana standart untuk kelancaran perkuliahan 3) Menyiapkan Sistem informasi dan fasilitas yang memadai untk digunakan PS dalam proses pembelajaran (hardware, software, e-learning, dan perpustakaan). 4) Menyusun program dan kegiatan akademik untuk menciptakan suasana akademik (seminar, simposium, lokakarya, bedah buku, penelitian bersama dll 5) Menjaga keberlanjutan program studi

36 3. Keuangan 1. Mengurangi ketergantungan sumber keuangan dari mahasiswa melalui kerjasama dengan stakeholder. Atau, menggali sumberdana pendidikan diluar dana masyarakat, baik dalam bentuk kerjasama maupun competitive block grant 2. Pengembangan SOP Bidang Keuangan (Perencanaan, Pelaksanaan, Pertanggungjawaban dan pelaporan 3. Keterlibatan program studi dalam perencanaan target kinerja, perencanaan kegiatan/ kerja dan perencanaan/alokasi dan pengelolaan dana

37 4. SI 1. Meningkatkan infrastruktur ICT meliputi konsolidasi rancangan infrastruktur ICT dan implementasinya untuk mendukung pengembangan proses belajar mengajar 2. Mengembangkan Sistem informasi dan fasilitas yang digunakan Fakultas dalam administrasi (akademik, keuangan, personil, dll.) 3. Menyusun strategi pengembangan sistem informasi jangka panjang dengan mempertimbangkan perkembangan teknologi informasi 4. Pelaporan verifikasi dan validasi EPSBED secara on- line dengan DSI atau AIMS

38 5. Sarana dan Prasarana 1. Melakukan mapping tentang sarana dan prasarana yang dimiliki fakultas terutama dalam menunjang standarisasi proses belajar- mengajar 2. Menyusun perencanaan pengembangan investasi untuk pengadaan sarana 5 tahun ke depan dan kecukupan akses prasarana bermutu yang dikelola Fakultas

39 6. Kerjasama 1. Melakukan kerjasama multiyears dengan 1). Pemerintah (eksekutif) 2). Legislatif 3). Pengusaha (Industri) 4). Perguruan Tinggi lain (dalam maupun luar negeri) 2. Melaksanakan kerjasama “G to G” 3. Mengembangkan jaringan alumni

40 4. Membentuk peergroup para guru besar Fisip untuk bekerjasama dengan para profesor luar negeri dalam bidang penelitian dan penulisan jurnal internasional 5. Melaksanakan even-even ilmiah (seminar- seminar ilmiah ) dengan Fisip sebagai tuan rumah 6. Mendirikan Balai-Balai Kajian sesuai bidang keilmuan program studi (profesi). Hal ini penting dan strategis untuk instrumen pengembangan dan persemaian keilmuan baik antar dosen maupun dosen dengan mahasiswa.

41 7. Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 1. Pemetaan Sumber daya dosen (leaflet) 2. Melakukan penelitian inovatif untuk mendorong pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, dan seni dalam skala nasional maupun internasional; 3. Melaksanakan program penelitian yang akan dapat menjadi salah satu akademic-revenue untuk mendapatkan tambahan pendanaan program fakultas 4. Mengintegrasikan kegiatan Pegabdian Masyarakat dengan kegiatan Penelitian sehingga mempunyai pemanfaatan terhadap pemberdayaan masyarakat, baik lokal, regional maupun nasional 5. melakukan pengabdian kepada masyarakat untuk memberdayakan masyarakat agar mampu menyelesaikan masalah secara mandiri dan berkelanjutan;

42 8. SPMF  Melaksanakan siklus penjaminan mutu secara terprogram dimulai dari Satuan Gugus program studi, Satuan Penjaminan Mutu Fakultas sampai ke tingkat SPM universitas.  Merintis dan segera melaksanakan proses penjaminan mutu melalui AIMS

43 9. Kemahasiswaan 1. Meningkatkan kemampuan prestasi mahasiswa 2. Memanfaatkan studentweek untuk menambah dan meningkatkan kemampuan softskill mahasiswa 3. Layanan kepada mahasiswa yang dapat dimanfaatkan untuk membina dan mengembangkan penalaran, minat, bakat, seni, dan kesejahteraan.

44 Sumber daya dan pengembangan sumber daya Jumlah Tenaga Dosen Tetap di FISIP Tahun 2010 No.Hal Jumlah Dosen Tetap yang bertugas pada Program Studi Total di Fakultas PS SosPS PolPS AN PS A nt r PS Kom & D3 Par PS HI PS IIP & D 3 T P AJabatan Fungsional: 1Assisten Ahli Lektor Lektor Kepala GuruBesar/Profesor TOTAL B PENDIDIKAN TERTINGGI 1 S S S TOTAL

45 Kenaikan Pangkat Tenaga Pendidik (Dosen) TahunIIIa-IIIbIIIb-IIIcIIIc-IIIdIIId-IVaIVa-IVbIVb-IVcIVc-IVdIVd-IVeJumlah

46 Kenaikan Jabatan Tenaga Pendidik (Dosen) TahunAss. Ahli Ass. Ahli- Lektor Lektor- Lektor Kepala Lektor Kepala- Guru Besar Jumla h Jumlah

47 Tenaga Kependidikan Rekapitulasi Status Tenaga Kependidikan (Karyawan ) Rekapitulasi Status Tenaga Kependidikan (Karyawan ) Tenaga Kependidikan Jumlah Tenaga Kependidikan di Fakultas dengan Pendidikan Terakhir S3S2S1D4D3D2D1 SM A SM P SDSD Administrasi TahunPNSHonorerKontrakJumlah

48 Rata-rata Masa Studi S-1 NoProdi Rata-Rata Masa Studi (semester) Sosiologi Ilmu Politik Ilmu Administrasi Negara Ilmu Hubungan Internasional Antropologi Sosial Ilmu Komunikasi Ilmu Informasi dan Perpustakan Rata-Rata Fakultas

49 Rata-rata Penyelesaian Skripsi NoProgram StudiRata-Rata Penyelesaian Skripsi (Semester) 1Sosiologi Ilmu Politik Ilmu Administrasi Negara Ilmu Hubungan Internasional Antropologi Sosial2.3 6Ilmu Komunikasi Ilmu Informasi dan Perpustakan Rata-Rata

50 Rata-rata IPK Lulusan NoProdi Rata-Rata Masa Studi (semester) Sosiologi Ilmu Politik Ilmu Administrasi Negara Ilmu Hubungan Internasional Antropologi Sosial Ilmu Komunikasi Ilmu Informasi dan Perpustakan Rata-Rata Fakultas

51 Rata-rata Jumlah Lulusan. NoProdi S1 Rata-Rata Masa Studi (semester) Sosiologi Ilmu Politik Ilmu Administrasi Negara Ilmu Hubungan Internasional Antropologi Sosial Ilmu Komunikasi Ilmu Informasi dan Perpustakan1017 Jumlah Rata-Rata Prodi S Prodi Diploma 1Teknisi Perpustakaan Kepariwisataan Jumlah Rata-Rata Prodi Diploma56 40

52 Penelitian Tahun NoNama Program StudiJumlah Judul Penelitian Sosiologi Ilmu Politik Ilmu Komunikasi Antropologi Ilmu Hub Internasional IlmuAdministrasi Negara Ilmu Info dan Perpustakaan4514 8Kepariwisataan246 Jumlah

53 Rata-Rata Penelitian Perdosen NoNama Program StudiRata-Rata Penelitian Per Dosen Sosiologi Ilmu Politik Ilmu Komunikasi Antropologi Ilmu Hub Internasional IlmuAdministrasi Negara Ilmu Info dan Perpustakaan Kepariwisataan Jumlah

54 Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Jumlah Publikasi Ilmiah Tahun KeteranganJumlah Judul Pengabdian Pengabdian PROGRAM STUDI Publikasi Dosen Tetap 3 Tahun Terakhir Nasio nal Inter Nasio nal Jml Nasio Nal Inter Nasio nal Jml Nasio nal Inter Nasio nal Jumlah 1Sosiologi Antropologi Sosial Ilmu Komunikasi Ilmu Politik Ilmu Hubungan Internasional Ilmu Administrasi Negara Ilmu Perpustakaan JUMLAH314950

55 Jumlah Jurnal Ilmiah di FISIP Tahun NoNo PengelolaNama Jurnal Jumlah Jurnal Sosiologi Dialektika. ISSN Ilmu Adm. Negara Jejaring Administrasi Publik (JAP) Ilmu Hubungan Internasional Global & Strategis (G&S). ISSN Jurnal Hubungan Internasional (JHI). ISSN Ilmu Komunikasi Insight: Journal of Communication & Media Studies (IJCMS). ISSN Ilmu Informasi dan Perpustakan Palimpsest. ISSN FISIP Masyarakat Kebudayaan dan Politik (MKP). ISSN FISIP Indonesian Journal of Social Sciences (IJSS). ISSN X 001 Jumlah448

56 Kerjasama Kelembagaan Per Tahun Tanda Tangan KerjasamaTahunTotal Hingga Juli 2010 Sebelum Dalam Negerin.d Luar Negeri212-16

57 . No EPSBED95%100% 2Perolehan PHK Ketersediaan buku/jurnal60%70%80%90%95%100% 4Pengembangan E-learningPersiapan10%20%30%40%50% 5Pengembangan Website fakultas50%60%75%80%90%100% 6Ketersediaan WIFI85%90%100% 7Ketersediaan E-book/E-Journal75%80%85%90%100% 8Ketersediaan Milist dosen, alumni dan mahasiswa 10%35%50%75%95%100% 9Prestasi fakultas sebagai tuan rumah penyelenggaraan seminar/workshop/konferensi 10%25%35%50%70%100% 10Keikutsertaan dosen dalam seminar35%40%45%60%75%100% 11Prestasi dosen sebagai pejabat organisasi mahasiswa lokal 1Rencana studi lanjut dosen 2Rencana akreditasi prodi 3Rencana kesejahteraan dosen 4Rencana kesejahteraan karyawan

58 Program Kerja No Kegiatan I Sumber daya: 1.SDM Meningkatkan dan memantapkan kapasitas dengan membangun jejaring sinergis untuk keman faatan sivitas akademika dan institusi 2.Keuangan Memperbanyak sumber keuangan untuk mengurangi ketergantungan dari APBN dan PNBP 3. Sarana dan Prasarana Menomersatukan semua kebutuhan sarana, prasarana dan fasilitas belajar mengajar sebagai prioritas II Pendidikan Proses belajar mengajar berlangsung semakin lancar, mantap dan menggairahkan III Penelitian Akan meningkat melalui kerjasama sinergis multiyears IV Pengabdian Masyarakat Sinkronisasi dan sinergisitas dengan penelitian untuk otonomitas dan sustainabilitas masyarakat

59 Lsnjutan … NoKegiatan V Kerjasama SEGERA MEMBUKA kerjasama dengan berbagai stakeholder secara multiyears untuk mendukung aktifitas Tri Dharma di FISIP VI Penjaminan Mutu Melaksanakan aktifitas penjaminan mutu secara sistemik melalui AIMS V Kemahasiswaan Memberikan ruang yang lebih terbuka agar mahasiswa dapat belajar dan berprestasi lebih maksimal baik pada tataran intra kukrikuler, co- kurikuler maupun ekstra-kurikuler

60 FISIP yang berstandart mutu: Mekanis, Sistemik dan Fungsional Morality: KE-BERAGAMA-AN ETIKA BERPERILAKU MULTIKULTURAL JATIDIRI FISIP 1. Best Behaviours 2. Excellence Competencies 3. Agent of Change 4. High Competitiveness 5. High Self Confidence Membanggakan Dan Kebanggaan Nyaman, aman dan menyenangkan INTERNASIONAL (WCU) NASIONAL 2015

61 February 15, 2008 W allahul Muwafiq ila Aqwamuttoriq Wassalamu’alaikum wr wb

62 EPSBED EPSBED Perolehan PHK Perolehan PHK Ketersediaan buku/jurnal Ketersediaan buku/jurnal Pengembangan E-learning Pengembangan E-learning Pengembangan Website fakultas Pengembangan Website fakultas Ketersediaan WIFI Ketersediaan WIFI Ketersediaan E-book/E-Journal Ketersediaan E-book/E-Journal Ketersediaan Milist dosen, alumni dan mahasiswa Ketersediaan Milist dosen, alumni dan mahasiswa Prestasi fakultas sebagai tuan rumah penyelenggaraan seminar.workshop/konferensi Prestasi fakultas sebagai tuan rumah penyelenggaraan seminar.workshop/konferensi Keikutsertaan dosen dalam seminar Keikutsertaan dosen dalam seminar Prestasi dosen sebagai pejabat organisasi mahasiswa lokal. Prestasi dosen sebagai pejabat organisasi mahasiswa lokal. Tabel pada slide berikutnya Target capaian dekan 2015 – indikator keberhasilannya


Download ppt "Presentasi Calon Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga 23 September 2010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google