Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TATA CARA MENYEMBELIH HEWAN QURBAN Di susun Oleh : Dewi Rahmawati.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TATA CARA MENYEMBELIH HEWAN QURBAN Di susun Oleh : Dewi Rahmawati."— Transcript presentasi:

1

2 TATA CARA MENYEMBELIH HEWAN QURBAN Di susun Oleh : Dewi Rahmawati

3 PENYEMBELIHAN HEWAN AQIQAH DAN QURBAN Kegiatan 1: Tatacara Penyembelihan Hewan Standar Kompetensi: Memahami hukum islam tentang penyembelihan hewan Konpetensi Dasar: Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan

4 A. TATACARA PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN  Tata cara penyenbelihan hewan qurban dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:  Secara tradisional  Secara mekanik atau mesin  Sunat-sunat menyembelih hewan qurban ialah:  Mebaca basmalah  Hewan yang akan disembelih dihadapkan kepalanya kearah kiblat  Orang yang berqurban disunatkan menyembelih sendiri.

5 B.TATACARA PENYEMBELIHAN HEWAN AQIQAH Tatacara penyembelihan hewan aqiqah sama seperti saat menyembelih hewan qurban Adapun sunat-sunat enyembelih hewan aqiqah ialah:  Membaca basmalah  Hewan kambing yang akan disembelih dihadapkan kepalanya ke arah kiblat  Orang tua anak disunatkan untuk menyembelih sendiri. Waktu pelaksanaan aqiqah yang baik adalah saat usia 7 hari. Tetapi jika saat itu belum mampu maka boleh setelah itu sampai ia mampu melaksanakan aqiqah.

6 Kegiatan II:Aqiqah dan Qurban Standar kompetensi:Memahami hukum islam tentang penyenbelihan hewan Kompetensi Dasar: Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban Indikator:- Menjelaskan pengertian aqiqah dan qurban - Menjelaskan hukum aqiqah dan qurban

7 A. PENGERTIAN AQIQAH DAN QURBAN  Pengertian Aqiqah Aqiqah adalah menyenbeluh hewan pada hari ketujuh dari lahirnya anak laki-laki atau perempuan.Hukum aqiqah itu sunnah bagi orang tua yang menanggung keluarganya.  Pengertian Quban Qurban atau udhhiyah ialah enyembelih hewan yang dengan niat ibadah mendekatkan diri kepada allah pada hari raya idul Adha dan hari tasyrik(tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah)

8  Ketentuan Aqiqah dan Qurban Syarat hewan qurban ialah: 1. Unta yang telah berumur lima tahun 2. Sapi yang telah berumur dua tahun 3. Kambing yang telahh berumur dua tahun 4. Domba tau biri-biri yang sudah lepas giginya 5. Hewan tersebut tidak cact, misalnya buta matanya, pincang kakinya,robek telinganya,tidak kurus dan tidak kudis badannya.

9  Hukum Aqiqah dan Qurban  Hukum berqurban Hukum melaksanakan qurban para ulama berbeda-beda pendapat: -Sebagian ulama berpendapat hukum qurban itu wajib -Sebagian ulama berpendapat hukum qurban itu sunnah -Dan sebagian besar ulama bependapatbahwa hukum qurban itu sunnah muakkad.  Hukum Aqiqah Hukum aqiqah adalah sunnah muakkad bagi orang tua anak.Sunnah muakkad adalah sunnah yang sangat dianjurkan melaksanakan, dengan demikian keluarga muslim hendaknya melaksanakan aqiqah tersebut. Rasullah SAW bersabda, “Barang siapa di antara kamu ingin beribadah untuk anaknya, hendaklah sembelihkan dua ekor kambing untuk seorang bayi laki-laki,dan untuk bayi perenpuan seekor.”(HR Ahmad,Abu Daud, dan Nasa’i)

10 EVALUASI 1. Jelaskan pengertian aqiqah dan qurban? 2.Sebutkan satu di antara sunatnya menyembelih? 3. Sebutkan cara penyembelihan tersebut? 4. Kapan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban? 5. Sebutkan cara penyembelihan hewan tersebut? Selamat mengerjakan Good luck!!!


Download ppt "TATA CARA MENYEMBELIH HEWAN QURBAN Di susun Oleh : Dewi Rahmawati."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google