Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SK/ KD Stretegi Materi. Standar Kompetensi: 6. Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman Kompetensi Dasar: 6.5 Menjelaskan jenis-jenis binatang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SK/ KD Stretegi Materi. Standar Kompetensi: 6. Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman Kompetensi Dasar: 6.5 Menjelaskan jenis-jenis binatang."— Transcript presentasi:

1 SK/ KD Stretegi Materi

2 Standar Kompetensi: 6. Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman Kompetensi Dasar: 6.5 Menjelaskan jenis-jenis binatang yang halal dan haram dimakan haram Tujuan Pembelajaran: 1. Siswa dapat menjelaskan jenis binatang yang halal dimakan 2. Siswa dapat menjelaskan jenis binatang yang haram dimakan

3 1 BINATANG HALAL A. Pengertian Yaitu binatang yang menurut syariat Islam dagingnya boleh kita makan / dikonsumsi Dalil / Dasar hukum : Artinya : …. Dihalalkan bagimu binatang ternak, kecuali yang akan dibacakan kepadamu. (QS. Al Maidah : 1)

4 2 B. Macam-macam binatang halal 1. Binatang Laut/ sungai / air Semua binatang laut itu halal, baik berupa ikan atau yang lainnya, baik yang ditangkap masih hidup ataupun yang ditemukan dalam keadaan sudah mati. Sebagaimana dikemukakan oleh Allah dalam surat Al-Maidah ayat ke – 96 yang berbunyi : Artinya : “Dihalalkan bagimu buruan binatang di laut dan makanan (yang berasal)dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu dan bagi orang yang dalam perjalanan....(Al Maidah : 96) Khusus binatang laut yang bentuknya menyerupai hewan haram, seperti anjing laut, singa laut, sebagian Ulama mengharamkannya.

5 3 2. Binatang darat Diantara binatang darat yang halal untuk dimakan dan dinyatakan langsung oleh Allah dan Rosul-Nya adalah sebagai berikut : a.Binatang ternak, unta, sapi / kerbau, kambing / biri-biri, domba/rusa, dan ayam serta kuda. Dalil/ Dasar hukum : Artinya : Dihalalkan bagimu binatang ternak, kecuali yang akan dibacakan kepadamu. b. Binatang yang bukan ternak berupa kuda, himmar liar, kelinci, belalang, dan burung-burung kecil : -Kuda merupakan salah satu jenis binatang yang dinyatakan kehalalannya langsung oleh Rasulullah SAW. - Selain kuda dan burung-burung kecil dihalalkan pula binatang lain seperti belalang, kelinci dan unggas.

6 5 C. MANFAAT BINATANG YANG HALAL Adapun manfaat binatang yang halal adalah : 1.Memakan binatang yang halal akan membawa dampak yang positif bagi kesehatan baik sisi jasmani dan rohani. 2.Manfaat secara rohaniah dari makan halal adalah terbukanya peluang terkabulnya ibadah dan do'a. 3.Meningkatkan kesucian jiwa dan kejernihan hati. 4.Memunculkan semangat beribadah. 5.Mendekatkan diri kepada Allah dan digolongkan orang sholeh, sebab yang bersangkutan telah memenuhi syariat Allah.

7 6 BINATANG HARAM A. Pengertian Yaitu binatang yang menurut syariat Islam dagingnya tidak boleh dimakan / dikonsumsi B. MACAM-MACAM BINATANG HARAM 1.Binatang bertaring/ buas. 2.Binatang yang berkuku tajam. 3.Binatang yang disuruh untuk membunuh, yakni ular, burung gagak, tikus, anjing, dan burung elang. 4.Binatang yang dilarang dibunuh, yakni semut, tawon, burung Hud- hud, dan burung suradi 5.Binatang yang kotor (keji) disebut Hasyarot yaitu binatang darat yang kecil-kecil dan kotor seperti cacing, kutu, ulat, lebah, laba-laba dan sebangsanya 6. Binatang yang hidup di air dan didarat (amphibi), seperti katak, buaya, kura-kura, bekicot, yuyu dan sebagainya.

8 10 C. MADHOROT BINATANG YANG HARAM Perlu diketahui pula bahwa keharaman hewan itu menyangkut zatnya, cara memperolehnya dan cara penyembelihannya. Sesuatu yang diharamkan, apabila dilanggar akan mendatangkan madlorot. Adapun madlorot binatang yang haram adalah : 1.Binatang yang diharamkan oleh Allah bila dimakan akan berdampak yang jelek, baik secara jasmani maupun rohani. 2.Akan dimasukkan ke dalam panasnya api neraka. Nabi bersabda : Badan yang tumbuh dengan makanan haram, api neraka pantas untuknya. 3.Seorang yang makan daging anjing maka mempunyai jiwa seperti hewan yang dimakannya dampak secara rohani. 4.Karena banyak makanan haram, do’anya tidak terkabulkan Allah SWT.

9 MACAM-MACAM HEWAN HALAL HARAM LAUTDARAT LAUT DARAT

10 11 TERIMA KASIH SYUKRON KATSIRON MATUR NUWUN 10


Download ppt "SK/ KD Stretegi Materi. Standar Kompetensi: 6. Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman Kompetensi Dasar: 6.5 Menjelaskan jenis-jenis binatang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google