Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Standar komptensi memahami tata cara penyembelihan kurban dan akikah Kompetensi dasar 1.1 menjelaskan ketententuan penyembelihan binatang 1.2 menjelaskan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Standar komptensi memahami tata cara penyembelihan kurban dan akikah Kompetensi dasar 1.1 menjelaskan ketententuan penyembelihan binatang 1.2 menjelaskan."— Transcript presentasi:

1

2 Standar komptensi memahami tata cara penyembelihan kurban dan akikah Kompetensi dasar 1.1 menjelaskan ketententuan penyembelihan binatang 1.2 menjelaskan ketentuan kurban 1.3 menjelaskan keentuan akikah 1.4 mempraktekkan tata cara kurban dan akikah

3 Amatilah gambar dibawah ini, apa yang sedang dilakukan orang2 yang ada pada gambar tersebut ?

4 A. PENYEMBELIHAN BINATANG Ada beberapa pengertian Penyembelihan binatang tetapi pada dasarnya sama diantarannya: 1.Penyembelihan ialah memutus jalan makan, minum, nafas dan urat nadi pada leher binatang yang disembelih dengan pisau, pedang, atau alat lain yang tajam sesuai dengan ketentuan syara`.(Fiqih islam IX Tiga serangkai 2007 hlm 2 ) 2. Penyembelihan adalah memotong tenggorokan atau tempat perjalanan makan dan minum dengan maksud untuk melenyapkan nyawa atau roh binatang (Fiqih 8 Depag kanwil tatang Ibrahim hlm.122 ) 3.penyembelihan adalah perbuatan yang menyebabkan kematian yang dihalalkan untuk dimakan dagingnya dengan mengunakan alat yang tajam sesuai dengan syariat islam.

5 Kesimpulan Pengertian Penyembelihan Melenyapkan nyawa / roh binatang halal Dengan cara memutus jalan makan minum / kerongkongan dan nafas /tenggorokan Dengan alat yang tajam Sesuai syariat Islam

6

7 Penyembelihan binatang tidak sama dengan mematikan. Mematikan binatang dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti dipukul, disabet dengan senjata, disiram dengan air panas atau dibakar. Namun cara-cara tersebut tidak dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan termasuk tindakan kejam. Maka dari itu dalam melakukan penyembelihan harus dilakukan dengan baik dan benar. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: اِنَّ الله كَتَبَ الإحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ فَاِذَا قَتَلْتُمْ فَاَحْسِنُوْا اَلْقَتْلَةَ وَاِذَاذَبَحْتُمْ فَاَحْسِنُوْااذَّبْحَ وَلْيُحِدَّ اَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ فَلْيَرِحْ ذَبِيْحَتَهُ ( رواه مسلم ) Artinya : Dari Saddadi Ibnu Aus Rasulullah SAW bersabda; “Sesungguhnya Allah menetapkan supaya berbuat baik terhadap segala sesuatu. Apabila kamu membunuh, bunuhlah dengan baik. Apabila kamu hendak menyembelih, sembelihlah dengan baik dan hendaklah mempertajam pisaunya dan memberikan kesenangan terhadap binatang yang disembelih. (HR. Muslim).

8 Cara Menyembelih Binatang Cara menyembelih binatang dengan cara tradisional yaitu penyembelihan dengan menggunakan alat tradisional atau secara manual misalnya (dengan pisau- bambu, batu yang tajam ) Tata cara menyembelih binatang secara tradisional adalah : a). Menyiapkan terlebih dahulu lubang penampung darah. b).Peralatan yang akan digunakan untuk menyembelih disiapkan terlebih dahulu. c).Binatang yang akan disembelih dibaringkan menghadap kiblat, lambung kiri bawah. d).Leher binatang yang akan disembelih diletakkan di atas lubang Penampung darah yang sudah disiapkan. e).Kaki binatang yang akan disembelih dipegang kuat-kuat atau diikat, kepalanya ditekan ke bawah agar tanduknya menancap ke tanah. f).Mengucap basmalah, kemudian alat penyembelihan digoreskan pada leher binatang yang disembelih sehingga memutuskan, jalan makan, minum, nafas, serta urat nadi kanan dan kiri pada leher binatang.

9 Cara menyembelih binatang secara mekanik yaitu penyembelihan dengan mengunakan mesin atau dengan alat modern. Kebutuhan pasar yang sangat banyak sehingga dapat memungkinkan untuk penyembelihan dengan mesin atau mekanik proses lebih cepat dan praktis Tata cara menyembelih binatang secara mekanik adalah : a). Mempersiapkan peralatan terlebih dahulu. b).Memasukkan hewan ke dalam ruangan yang sudah dipenuhi gas sehingga hewan tersebut tidak sadarkan diri dan mati. c).Dengan mengucap basmalah, binatang yang telah pingsan tersebut disembelih dengan alat penyembelihan dengan mesin yang sudah siap sebelumnya. d).Penyembelihan binatang dengan alat mekanik dibolehkan dan halal dagingnya, asalkan memenuhi persyaratan dalam penyembelihan.

10 Syarat Binatang yang disembelih Syarat binatang yang disembelih adalah sebagai berikut : a. Binatang yang akan disembelih masih dalam keadaan hidup. Binatang darat yang mati bukan karena disembelih berarti sudah menjadi bangkai. b. Binatang yang akan disembelih adalah binatang darat yang halal, baik zatnya maupun cara memperolehnya.

11 Syarat alat untuk menyembelih binatang Syarat alat untuk menyembelih binatang adalah a. Tajam b. Tidak tumpul dan tidak runcing c. Terbuat dari besi, baja, bambu, batu, atau kaca d. Bukan gigi, tulang, atau kuku

12 Ketentuan Cara Menyembelih Binatang Cara menyembelih binatang yang benar, ada ketentuan yang harus diperhatikan yaitu: 1). Binatang yang dapat disembelih lehernya, diputus tenggorokannya ( jalannya nafas / khulqum) dan diputus mari ( tekak) tempat jalannya saluran makanan. 2).Binatang yang tidak dapat disembelih lehernya, karena liar atau jatuh ke dalam lubang, sehingga tidak dapat disembelih lehernya, maka menyembelinya bisa dilakukan dibagian manapun asal matinya binatang karena luka tersebut.

13 Syarat Orang yang Menyembelih Binatang 1. Beragama Islam atau Ahli Kitab ( Q.S. Almaidah : 5 ) 2. Menyebut Nama Allah SWT ( Q.S. Al An’am : 121 ) 3. Berakal Sehat 4. Sudah Mumayiz Sebagian ulama menyatakan bahwa menyebut nama Allah SWT tidak termasuk syarat apabila penyembelih binatang tersebut seorang muslim

14 Sunah dalam Menyembelih Binatang a. Binatang dihadapkan ke kiblat b. Menyembelih pada bagian pangkal leher binatang, terutama apabila binatang nya berleher panjang. Hal itu dimaksudkan agar pisau tidak mudah bergeser dan urat- urat leher serta kerongkongan cepat putus. c. Menggunakan alat yang tajam agar dapat mengurangi kadar sakit. d. Memotong dua urat yang ada di kiri kanan leher agar cepat mati

15 e.Binatang yang disembelih, digulingkan ke sebelah kiri rusuknya, supaya mudah bagi orang yang menyembelihnya. f. Membaca basmalah. g.Membaca Shalawat Nabi. h.Mempercepat proses penyembelihan agar binatang tidak tersiksa

16 Makruh dalam penyembelihan Hal-hal yang dimakruhkan ketika menyembelih a. Menyembelih dengan alat tumpul b. Memukul binatang waktu akan menyembelih c. Memutuskan lehernya atau mengulitinya sebelum binatang itu benar­benar mati.

17 Tugas Tersetruktur Diskusi kelompok Disaat kamu pulan g dari madrasah tiba-tiba ada ayam tersambar mobil mengalami sakarotul maut, tulislah langkah apakah yang segera kamu lakukan ! Pak Achamd mempunyai kambing yang sedang bunting, ketika digembala terjatuh di jurang, dengan sangat terpaksa kambing bunting tersebut harus disembelih. Bagaimana anak kambing yang dalam masih kandungan apakah harus disembelih ? Berikan alasan secukupnya !

18

19 STANDAR KOMPETENSI 1. Memahami tata cara penyembelihan, qurban dan aqiqah KOMPETENSI DASAR 1. Menjelaskan ketentuankurban 2. Praktekkan tata cara kurban

20

21 PENGERTIAN KURBAN Kata Kurban berasal dari bahasa Arab قُرَبَ yang berarti dekat atau pendekatan diri atau mendekatkan diri. Sedangkan menurut syariat Islam adalah penyembelihan binatang ternak yang memenuhi syarat tertentu dilaksanakan pada waktu tertentu, dengan niat ibadah guna mendekatkan diri kepada Allah SWT.

22 KURBAN Amati gambar di bawah ini, Sedang apakah orang2 yang ada pada gambar ini ?Apa saja yang terlihat pada gambar tersebut !

23 Hukum kurban Kurban adalah ajaran yang disyariatkan nabi Ibrahim as maka umat islam diutamakan untuk melakukan syariat ini setiap tahun Hukum melakukan kurban adalah sunah muakad dan wajib bagi orang yang bernazar untuk kurban.

24 Sejarah Singkat Perintah Berkurban Peristiwa berkurban bermula ketika Allah SWT menyuruh Nabi Ibrahim a.s lewat mimpi pada malam kedelapan bulan Dzulhijjah untuk menyembelih Ismail, putra yang sangat dicintai. Sebagai seorang yang taat pada perintah Allah WT, Nabi Ibrahim a.s menyampaikan hal itu kepada putranya. Sungguh, luar biasa jawaban Ismail a.s ternyata beliau tidak keberatan. Pada hari ke sepuluh bulan Dzulhijjah, tepat waktu duha, Nabi Ibrahim a.s melaksanakan perintah Allah SWT yaitu melaksanakan mimpinya. Hari kesepuluh disebut dengan hari Nahar, artinya hari menyembelih. Ketika Nabi Ibrahim a.s melaksanakan perintah Allah SWT, Allah mengganti Ismail dengan seekor kambing sembelihan. Nabi Ibrahim a.s menyembelih qurban setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Syariat ini terus berlaku hingga sekarang (umat Muhammad).

25 WAKTU PENYEMBELIHAN KURBAN Waktu pelaksanaan ialah tanggal 10 Dzulhijjah (Hari Raya Idul Adha) atau hari Tasyrik yaitu tanggal 11,12,13 Dzulhijjah. Rasulullah SAW bersabda. مَنْ ذَبَحَ قَبْلَ الصَّلاةِ فَاِنَّمَا يَذْبَحُ لِنَفْسِهِ, وَمَنْ ذَبَحَ بَعْدَ الصَّلاَةِ وَالْحُطْبَتَيْنِ فَقَدْ اَتَمَّ نُسُكَهُ وَاَصَابَ سُنَّةَ الْمُسْلِمِيْنَ ( رواه البخارى ) Artinya : Barang siapa menyembelih sebelum shalat maka sesungguhnya itu hanyalah penyembelihan untuk dirinya sendiri. Barang siapa menyembelih sesudah shalat dan dua khotbah maka telah sempurna ibadahnya(sah kurbarrya) dan telah sesuai dengan sunah muslim. (HR. Al Bukhari dari Bara 'bin Azib: 5130).

26 Amati gambar sapi berikut ini, apakah lengkap anggota tubuhnya ? Apakah kurus atau gemuk !

27 Syarat Binatang untuk Kurban Jenis binatang yang sah untuk qurban ialah binatang yang dipelihara dan diternakan serta halal zatnya untuk dimakan dagingnya. Binatang tersebut seperti kambing, sapi, kerbau, dan unta. Binatang ternak yang untuk berqurban harus memenuhi dua sarat yaitu cukup umur dan tidak cacat. 1. Ketentuan umur Binatang Qurban. a. Domba sekurang-kurangnya berumur satu tahun atau telah berganti gigi (musinah). b. Kambing bisa sekurang-kurangnya berumur dua tahun. c. Sapi atau kerbau sekurang-kurangnya berumur dua tahun. d. Unta sekurang-kurangnya berumur lima tahun.

28 2.Cacat Binatang cacat yang menyebabkan tidak sah dipergunakan untuk berqurban, yaitu : a. Sakit mata (buta) b. Sakit (tidak sehat). c. Pincang kakinya. d. Terlalu kurus, dan tua sekali sehingga seakan tidak bersumsum.

29 Sunah-sunah penyembelihan kurban Pada saat melaksanakan penyembelihan qurban disunahkan:  Membaca basmalah  Membaca shalawat Nabi Muhammad SAW  Membaca Takbir.  Binatang qurban dihadapkan kearah kiblat  Membaca doa sebelum berkurban  Disembeleh sendiri oleh orang yang qurban

30 Mempraktekkan penyembelihan hewan kurban Agar dapat melakukan praktek kurban dengan benar, lakukan langkah-langkah sebagai berikut : Carilah miniatur hewan yang akan disembelih Menyiapkan alat yang tajam Menyiapkan lobang atau kotak kecil untuk penampungan darah Aturlah miniatur hewan kurban yang hendak disembelih Melakukan penyembelihan, pastikan jalan makan minum jalan nafas benar-benar putus Menguliti hewan kurab jika hewan sudah benar-benar mati.

31 Mau melaksanakan kurban Sebagai seorang muslim yang mampu, kita diharuskan melakukan kurban sebagai bentuk ketaatan hamba terhadap Allah SWT. Ketaatan kita sangat jauh jika dibandingkan dengan ketataan Nabi Ibrohim AS untuk menyembelih putra kesayangannya yaitu Nabi Ismail AS.

32 Tugas Mandiri Terstruktur Tanyakan pada pemuka Agama di daerahmu apakah boleh niat berqurban bagi orang yang sudah meninggal dunia ? Bacalah sejarah peristiwa Kurban kemudian tulislah nilai – nilai / Ibrah yang dapat kita ambil dari Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS !

33

34

35

36 STANDAR KOMPETENSI Memahami tata cara penyembelihan, qurban dan akikah Kompetensi dasar 1.3. Menjelaskan ketentuan akikah 1.4.Mempraktekkan akikah

37 AKIKAH Amati gambar di samping ini ! Siapakah yang ada pada gambar ini ? Laki-laki atau perempuan ? Berapa kira-kira umurnya ?

38 1. Pengertian Akikah dalam bahasa Arab berarti rambut yang tumbuh di kepala anak yang baru lahir (bayi) atau membelah/memotong. Menurut istilah islam, aqiqah berarti menyembelih binatang ternak berkenaan dengan kelahiran anak sebagai bukti rasa syukur kepada Allah SWT dengan syarat-syarat tertentu. 2.Ketentuan-ketentuan Akikah Bagi anak laki-laki disembelihkan 2 ekor kambing, sedangkan untuk anak perempuan 1 ekor kambing. Rasulullah SAW bersabda : عَنْ عَا ئِشَةَ قَالَتْ : اَمَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَنْ نَعُقَّ عَنِ الْغُلاَمِ بِشَا تَيْنِ عَنِ الْجَارِيَةِ شَاةً ( رواه ابن ماجه ) Artinya : Aisyah ia berkata : Rasulullah SAW telah menyuruh kepada kita mem-embelih aqiqah untuk anak laki-laki 2 ekor kambing dan untuk perempuan seekor kambing. "(HR Tirmidzi)(HR Ibnu Majah :3154).

39 Hukum Akikah Akikah menurut sebagian besar ulama hukumnya sunah bagi orang mampu yang baru melahirkan anaknya. Dalam sebuah hadits disebutkan : Artinya : Dari Samurah r.a bahwasanya Rasulullah SAW bersabda "Tiap-tiap anak itu tergadai dengan akikahnya yang disembelih baginya pada hari ketujuh, dicukur rambutnya dan diberi nama. "(HR At Tirmidzi : 1442; Ibnu Majah : 3156)

40 Waktu Pelaksanaan Akikah Penyembelihan Akikah dilaksanakan pada hari ketujuh ataui keempat belas atau keduapuluh satu dari kelahiran anak. Hal ini dijelaskan Rasulullah SAW dalam sabdanya : اَلْعَقِيْقَةُ تُذْبَحُ لِسَبْعٍ وَلأَِرْبَعَ عَشَرَةَ وَلإِحْدَى وَعِشْرِيْنَ ( اخرجه البيهقى ) Artinya: Akikah disembelih pada hari ke tujuh, keempat belas, atau keduapuluh satu(dari lahirnya anak). (HR Al Baihaqi) Namun demikian yang paling afdhal (utama) akikah dilaksanakan pada hari ketujuh dari kelahiran anak.

41 Hal-Hal Yang Disunahkan Sewaktu Akikah  Menyembelih hewan akikah,  Disembelih oleh ayah dari anak yang diakikahi.  Memberi nama yang baik.  Mencukur rambut anak yang dikikahi.  Bersedekah seberat timbangan rambut bayi.  dengan nilai harga Emas/perak.

42 Perbedaan kurban dan akikah QURBANAQIQAH Qurban disyariatkan agar dilaksanakan diantara tanggal 10 sampai dengan 13 bulan Dzulhijjah Aqiqah disyariatkan berkenaan dengan kelahiran anak pada hari ke 7 atau 14 atau 21. Qurban disyariatkan untuk dilaksanakan setiap tahun. Aqiqah disyariatkan satu kali seumur hidup Binatang cukup satu ekorJumlah binatang (kambing atau domba) untuk anak laki-laki 2 ekor, sedangkan untuk perempuan 1 ekor Seekor sapi boleh untuk tujuh orangBinatang (selain kambing jumlah nya adalah 1 ekor untuk seorang anak Daging lebih utama dibagikan sebelum dimasak Daging diberikan setelah matang

43 MEMPRAKTEKKAN AKIKAH Praktek penyembelihan hewan akikah sama dengan praktek penyembelihan hewan kurban

44 1. Tugas terstruktur Soal Diskusi Diskusikan dengan teman kalian apakah boleh orang yang berakikah memakan daging akikahnya. Berilah alasan secukupnya ! 2. Tugas Mandiri tersetruktur Tanyakan kepada pemuka agama di daerahmu bagaimana jika berakikah selain menggunakan kambing ( sapi, kerbau atau unta )

45


Download ppt "Standar komptensi memahami tata cara penyembelihan kurban dan akikah Kompetensi dasar 1.1 menjelaskan ketententuan penyembelihan binatang 1.2 menjelaskan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google