Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kaulana Kaulan Pembimbing Dr. Suratno. Sp. S(K). Sistem vestibular adalah salah satu sistem saraf yang mengontrol sikap tubuh vestibular gravitasi Stabilisasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kaulana Kaulan Pembimbing Dr. Suratno. Sp. S(K). Sistem vestibular adalah salah satu sistem saraf yang mengontrol sikap tubuh vestibular gravitasi Stabilisasi."— Transcript presentasi:

1 Kaulana Kaulan Pembimbing Dr. Suratno. Sp. S(K)

2 Sistem vestibular adalah salah satu sistem saraf yang mengontrol sikap tubuh vestibular gravitasi Stabilisasi kepala disaat pergerakan tubuh Pergerakan kepala Mengontrol pergerakan pada sumbu tubuh

3

4 Sistem vestibular mempunyai 2 jenis sensor yaitu kanal semisirkularis dan otolith Kanal semisirkularis mengontrol gerakan rotasional Kanalis semisirkular Horizon tal frontal Sagital (berjalan)

5 Otolith mengatur gerakan linier Seperti : gerkan kepala membungkuk, gerakan kepala sewaktu berjalan melihat kedepan, berpengaruh terhadap gravitasi.

6 Penglihatan juga dapat menjadi parameter sebagai acuan untuk keadaan vertikal, gerakan lambat. Sistem somatosensor dapat mengatur pergerakan dan posisi dari tubuh, sesnitif untuk gerakan cepat dari tubuh.

7

8 Spinal radiograph dan fluoroskopi sependapat bahwa vertebra menahan tulang belakang secara paralel dengan vertikal gravitasi. Pada manusia sistem vestibular mempunyai peran yang penting untuk penjajaran kepala dan tubuh yang berkaitang dengan gravitasi. Stability limit : area batas dimana seseorang dapat bergerak secara aman.

9 Faktor-faktor yang mempengaruhi stability limit : batas biomekanik, kekokohan dan ukuran dari dasar yang menyokong, batasan neuromuskular.

10

11 Studi tentang abnormal postur tubuh menunjukkan bahwa lesi vestibular memainkan peranan penting pada suatu ruang. Berdasarkan fakta bahwa kelaianan postural dapat menjadi normal seiring berjalannya waktu, meskipun telah terjadi kerusakan bilateral sistem vestibular. Ini terjadi karena orientasi visual dan propioseptif dapat digunakan untuk sebagai mengontrol postural tubuh.

12

13

14

15

16

17 Pada susbab ini membahas bagaimana motor otuput dari sistem vestibular mengkontribusi posisi tubuh statis dan pergerakan dinamis yang mengontrol pusat sumbu tubuh.

18

19 Terjadi jika keseimbangan terganggu sewaktu berdiri, otot-otot tungkai bekerja secara cepat untuk menyeimbangkan postur tubuh. Pergerakan cepat beberapa bagian tubuh : leher (45 msec), tubuh (85 msec), paha (90 msec), pergelangan kaki (70 msec) Pada pasien dengan gangguan vestibular tidak didapati respon tersebut

20

21

22

23 Stabilisasi Kepala Dan Tubuh

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34

35

36

37

38

39

40


Download ppt "Kaulana Kaulan Pembimbing Dr. Suratno. Sp. S(K). Sistem vestibular adalah salah satu sistem saraf yang mengontrol sikap tubuh vestibular gravitasi Stabilisasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google