Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOCAL CAPACITY BUILDING (LCB).  Local Capacity Building (LCB)  upaya membaca, menggali, memahami dan memanfaatkan (bahkan sangat memungkinkan mengkritisi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOCAL CAPACITY BUILDING (LCB).  Local Capacity Building (LCB)  upaya membaca, menggali, memahami dan memanfaatkan (bahkan sangat memungkinkan mengkritisi."— Transcript presentasi:

1 LOCAL CAPACITY BUILDING (LCB)

2  Local Capacity Building (LCB)  upaya membaca, menggali, memahami dan memanfaatkan (bahkan sangat memungkinkan mengkritisi dan mengubah) berbagai potensi dan kemampuan (capasity) yang ada dan berkembang dalam komunitas lokal (local community)

3  Capacity (potensi dan kemampuan) yang ada dan berkembang di masyarakat lokal bisa berbentuk :  Abstrak  (1) nilai-nilai dan norma- norma budaya, (2) pengetahuan, (3) mitologi, dll  sering juga disebut kearifan lokal  Riil  (1) perilaku, dan (2) sumberdaya alam, material dan kelembagaan.

4  Komunitas lokal  kelompok sosial yang secara intensif telah lama mengadakan hubungan dan interaksi sosial sehingga tercipta kondisi sosial- budaya yang khas  Secara lebih luas  etnis dan masyarakat  Secara lebih sempit  kelompok solidaritas (jorong, kaum, dll)

5  JADI  LCB bukan sekedar bekerja bersama- sama  tetapi kemampuan membaca, merencanakan dan memanfaatkan potensi dan kemampuan yang dimiliki untuk mengembangkan dirinya sendiri  LCB  kemampuan dalam menggerakkan (leadership), membentuk dan memaksimalkan jaringan (networks), membangun kerja sama secara terorganisir (institutions), agar komunitas mampu membangun dirinya secara terencana dan berkelanjutan

6  LCB  (1) temu-kenali potensi lokal, (2) susun rencana dengan baik, (3) aplikasikan sesuai tahapan, (4) evaluasi hasil dan manfaatnya.  UNDP  tapi ingat, LCB (biasanya) bersifat jangka panjang dan berkelanjutan, dan akan berhasil apabila terbangun kerjasama yang baik antar stakeholder (kementrian, pemda, NGO, asosiasi professional, akademisi, dll).  HASILNYA  komunitas mampu membangun dirinya sendiri dan identitas diri tetap terjaga (bahkan semakin menguat)

7  UNDP  disamping kerjasama stakeholder, keberhasilan LCB juga ditentukan oleh : (1) terciptanya lingkungan yang kondusif, (2) adanya kebijakan yang terencana, (3) kerangka hukum yang tepat, (4) pengembangan kelembagaan yang tepat, (5) penguatan partisipasi masyarakat (perempuan khususnya), (6) pengembangan sumber daya manusia, (7) penguatan sistem manajerial

8  LCB  upaya membantu kelompok sosial dalam menemukenali dan memanfaatkan potensi dan kemampuan dirinya untuk menuju yang lebih baik  HARUS DIPAHAMI  local capacity tidak selalu terbangun dengan baik melalui kelompok sosial  terkadang justru terbangun melalui kemampuan individu- individu yang ada didalamnya.

9  JADI  local capacity building seharusnya tidak hanya diarahkan pada kelompok social, tetapi juga harus diarahkan pada kelompok solidaritas dan individu dalam lokalitas nya. tersebut.  BERARTI  local capacity building haruslah ditempatkan sebagai pemahaman dan gerakan yang bersifat interaktif (reciprocity), holistik dan bersifat dua arah.

10  Dari sisi luar  banyak persoalan (seperti penerapan program)  terkadang bersifat sentralistik dan egocentris kelembagaan  Kasus pertanahan (agraria)  sentralistik  Kasus pelayanan publik  egosentris  JADI  perlu ada penguatan kemampuan lembaga pelaksana dalam menyesuaikan program dengan potensi dan kemampuan masyarakat lokal

11

12  Dari sisi dalam  keterbatasan masyarakat lokal dalam memahami dan memaksimalkan potensi sumberdaya dan komunitasnya  dipengaruhi berbagai faktor  Desa Krebet Pajangan Bantul yang gersang jadi desa wisata batik kayu yang indah

13  BAHKAN  persoalan masyarakat, terkadang tidak saja karena faktor luar dan dalam saja  tapi hasil perpaduan antara persoalan dari dalam dan dari luar.  nelayan memang miskin atau karena dimiskinkan ?

14

15

16

17

18

19

20 kampanye untuk diri sendiri

21

22  Akibat berbedanya cara merespon (psikologis)  no action talk only (banyak show nya)  Akibat melemahnya interaksi (sosial)  menguatnya hubungan individual (maya) dan media massa (sosial)  silaturahmi dengan sms  Akibat kebiasaan (budaya)  berbeda dalam memahami, memandang dan memperlakukan kondisi yang berkembang  salah tafsir

23 anak demo antri korupsi

24 siapa yang sebenarnya mau wisuda

25 penguatan image di media massa

26

27 Imagined Community (?)

28

29


Download ppt "LOCAL CAPACITY BUILDING (LCB).  Local Capacity Building (LCB)  upaya membaca, menggali, memahami dan memanfaatkan (bahkan sangat memungkinkan mengkritisi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google