Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengembangan Ide dan Perencanaan Produk Kuliah Perancangan Produk Minggu ke-03 Nur Hidayat

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengembangan Ide dan Perencanaan Produk Kuliah Perancangan Produk Minggu ke-03 Nur Hidayat"— Transcript presentasi:

1 Pengembangan Ide dan Perencanaan Produk Kuliah Perancangan Produk Minggu ke-03 Nur Hidayat

2 Pengembangan Ide  Tentukan kelompok konsumen yang akan anda bidik.  Gali informasi  Saring informasi  Pilih informasi yang menarik kembangkan jadi sebuah ide  Perluasan ide  Tentukan ide utama

3 Kelompok konsumen  Berdasar umur  Berdasar tingkat ekonomi  Berdasar etnis  Berdasar agama  dsb

4 Gali dan saring informasi 1.Tanya produk apa yang paling disenangi dan ingin selalu dikonsumsi pelanggan. 2.Catat kegagalan dan keluhan pelanggan juga kelebihan produk 3.Kumpulkan usulan pelanggan 4.Studi kondisi pesaing/produk sejenis (kelebihan dan kelemahan) yang dikenal pelanggan 5.Pilih informasi yang anda anggap layak dikembangkan.

5 Dari informasi ke ide  Identifikasi peluang dari informasi yang anda peroleh  Ubah setiap peluang menjadi pernyataan tentang produk  Kumpulkan setiap pernyataan yang sejenis  Kumpulan pernyataan diubah menjadi sebuah ide  Ide telah memiliki atribut untuk diubah jadi produk.

6 Dari Ide ke Perencanaan Produk 1.Identifikasi peluang produk dengan atribut yang anda buat 2.Evaluasi apakah atribut tadi memang dibutuhkan konsumen dan dapat dibuat 3.Alokasi sumberdaya dan rencana waktu 4.Cari sumber informasi tentang teknologi yang telah ada untuk merealisasikan ide produk 5.Rangkum proses diatas, evaluasi dan mantapkan ide produk.

7 1. Identifikasi Peluang 1.Personal pemasaran dan penjualan 2.Penelitian dan organisasi pengembangan teknologi 3.Tim pengembangan produk saat ini 4.Manufaktur dan organisasi 5.Pelanggan sekarang atau potensial 6.Pihak ketiga, mis: pemasok, pencipta dan partner bisnis

8 2. Evaluasi Atribut  Apakah atribut dapat bersaing dipasar?  Apakah atribut menentukan segmen pasar?  Apakah atribut layak secara teknologi?  Apakah atribut dapat mengikuti perubahan trend?

9 3. Evaluasi sumberdaya dan penentuan waktu  Alokasi sumberdaya  Penentuan waktu proyek  Penentuan waktu pengenalan produk  Kesiapan teknologi  Kesiapan pasar  Rencana produk

10 4. Sumber Informasi Teknologi  Patent  Perguruan Tinggi  Internet  Industri,  LSM,  masyarakat  dsb

11 5. Memantapkan Ide Produk  Perkirakan pada segmen apa/mana produk akan kita pasarkan. Perhatikan kelemahan pesaing di segmen yang mana. Segmen pasar yang belum ada pesaing  Produk dalam bentuk utuh atau membutuhkan produk lain (turunan). Kemungkinan produk dikaitkan dengan produk lain dari perusahaan sendiri atau lainnya.  Apakah ide dapat dipebaiki?

12 Selamat berkreasi


Download ppt "Pengembangan Ide dan Perencanaan Produk Kuliah Perancangan Produk Minggu ke-03 Nur Hidayat"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google