Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN Qashash al-Qur’an adl pemberitahuan Qur'an ttg hal ihwal umat yg tlh lalu, nubuwat (kenabian) yg terdahulu dan peristiwa-peristiwa yang telah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN Qashash al-Qur’an adl pemberitahuan Qur'an ttg hal ihwal umat yg tlh lalu, nubuwat (kenabian) yg terdahulu dan peristiwa-peristiwa yang telah."— Transcript presentasi:

1

2 PENGERTIAN Qashash al-Qur’an adl pemberitahuan Qur'an ttg hal ihwal umat yg tlh lalu, nubuwat (kenabian) yg terdahulu dan peristiwa-peristiwa yang telah terjadi. Di samping itu, Qur'an juga banyak mengandung keterangan- keterangan ttg kejadian pd masa lalu, sejarah bangsa2, keadaan negeri2 dan peninggalan atau jejak setiap umat

3 METODOLOGI MEMAHAMI KISAH2 DLM AL-QUR’AN Mengelompokkan kisah-kisah Al-Qur’an dlm katagori "berita-berita gaib". Kategori gaib dijadikan tawaran metode dg pertimbangan bhw diantara karakteristik orang-orang mu'min yg paling nyata dan menonjol adl beriman kpd yg gaib (transenden), selain itu hal ini jg diperkuat dg landasan dr bagian rukun iman yaitu beriman kepada yang gaib.

4 KATEGORI GAIB KISAH AL-QUR’AN Gaib pada masa lalu. Contoh: 1.Kisah tentang dialog malaikat dengan Tuhannya mengenai penciptaan kholifah di bumi, sebabagaimana tercantum dalam QS. Al-Baqarah: Kisah tentang penciptaan alam semesta, sebagaimana diceritakan dalam QS. Al-Furqon: 59 dan QS. Qaf: Kisah tentang penciptaan nabi Adam AS dan kehidupannya ketika di surga, sebagaimana dijelaskan dalam QS. Al-A'raf: 7

5 KATEGORI GAIB KISAH AL-QUR’AN Gaib pada masa kini.Contoh: 1.Kisah tentang turunnya Malaikat- malaikat pada malam Lailatul Qadar, seperti disebutkan dalam QS. Al-Qadar: Kisah tentang kehidupan makhluq- mahkluq gaib seperti setan, jin, Iblis, seperti tercantum dalam QS. Al-A'raf:

6 KATEGORI GAIB KISAH AL-QUR’AN Gaib pada masa depan. Contoh: 1.Kisah tentang akan datangnya hari kiamat, seperti tercamtum dalam QS. Qori'ah, Al-Zalzalah. 2.Kisah Abu Lahab kelak di akhirat, seperti terdapat pada QS. Al-Lahab. 3.Kisah tentang surga dan neraka serta orang-orang di dalamnya, seperti dijelaskan dalam QS. Al-Ghosiyah dan surat-surat yang lain

7 RAGAM CERITA DLM AL-QUR’AN (1) Kisah pr nabi. kisah ini bercerita mengenai dakwah mrk kpd umatnya, mu'jizat2 yg diberikan Allah kpdnya, sikap dan reaksi orang yg menentang dakwahnya, tahapan dakwah serta akibat-akibat yang diterima mereka dari orang-orang yang mempercayai dan menentangnya. Contoh: kisah Nabi Adam (QS. Al- Baqarah: dan QS. Al-A'raf; 11), Nabi Nuh (QS. Hud: 25-49), Nabi Ibrahim (QS. QS. Al-Baqarah: 124, 132, dan QS. Al-An'am: 74-83)

8 RAGAM CERITA DLM AL-QUR’AN (2) Kisah2 ttg peristiwa yg terjadi pd masa lalu, dan orang2 yg tdk dipastikan kenabiannya. Contoh: tentang Luqman (QS. Luqman: 12-13), Dzul Qornain (QS. Al-Kahfi: 9-26), Thalut dan Jalut (QS. Al-Baqarah: ).

9 RAGAM CERITA DLM AL-QUR’AN (3) Kisah2 yg terjadi pd masa Muhammad SAW, spt kisah ttg Perang Badar dan Perang Uhud (QS. Ali Imran), Ababil (QS. Al-Fil: 1-5), kisah tentang peristiwa hijrah (QS. Muhammad: 13)

10 HIKMAH KISAH2 AL-QUR’AN 1.Menjelaskan asas2 dan dasar2 dakwah agama Allah dan menerangkan pokok2 syari'at yang diajarkan oleh para Nabi. 2.Meneguhkan Hati Rosulullah SAW dan umatnya dalam mengamalkan agama Allah (Islam), serta menguatkan kepercayaan para mu'min ttg datangnya pertolongan Allah dan kehancuran orang-orang yang sesat.

11 HIKMAH KISAH2 AL-QUR’AN 3. Menyibak kebohongan para Ahli Kitab dg hujjah yg membenarkan keterangan dan petunjuk yg mrk sembunyikan, dan menentang mrk ttg isi kitab mereka sendiri sebelum kitab tersebut diubah dan diganti. Contoh firman Allah: "Semua makanan adalah halal bagi Bani Israil melainkan makanan yang diharamkan oleh Israil (Ya'qub) untuk dirinya sendiri sebelum Taurat diturunkan. Katakanlah: "(Jika kamu mengatakan ada makanan yang diharamkan sebelum turun Taurat), Maka bawalah Taurat itu, lalu Bacalah dia jika kamu orang-orang yang benar". (QS. Ali Imran: 93)

12 BUKTI ARKEOLOGIS Catatan tertua yang ditemukan adalah catatan inskripsi atau naskah Ebla yang diperkirakan berumur 2500 tahun SM. Kumpulan naskah ini digali dari sebuah tempat yang bernama Tell Mardikh, sebelah barat Syiria, dan sekarang terdiri dari potongan lempengan dan fragmen. Lempengan ini bersama temuan-temuah di Timur Dekat, Mesir dan Arabia dapat digunakan sebagai catatan Independen untuk membenarkan dan menguatkan kisah-kisah dalam al-Qur'an.

13 BUKTI ARKEOLOGIS Bukti sejarah yang dapat kita lihat sampai sekarang dan masih tetap eksis adalah baitullah Ka'bah serta runtutan ritual ibadah Hajji yang dilaksanakan di Mekkah, yang kebanyakan diambil dari kisah nabi Ibrahim dan keluarganya.


Download ppt "PENGERTIAN Qashash al-Qur’an adl pemberitahuan Qur'an ttg hal ihwal umat yg tlh lalu, nubuwat (kenabian) yg terdahulu dan peristiwa-peristiwa yang telah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google