Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

I’JAZ AL-QUR’AN MU’JIZAT ADALAH SUATU HAL ATAU PERISTIWA LUAR BIASA YG TERJADI MELALUI SEORANG YG MENGAKU NABI, SBG BUKTI KENABIANNYA YG DITANTANGKAN KPD.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "I’JAZ AL-QUR’AN MU’JIZAT ADALAH SUATU HAL ATAU PERISTIWA LUAR BIASA YG TERJADI MELALUI SEORANG YG MENGAKU NABI, SBG BUKTI KENABIANNYA YG DITANTANGKAN KPD."— Transcript presentasi:

1 I’JAZ AL-QUR’AN MU’JIZAT ADALAH SUATU HAL ATAU PERISTIWA LUAR BIASA YG TERJADI MELALUI SEORANG YG MENGAKU NABI, SBG BUKTI KENABIANNYA YG DITANTANGKAN KPD YG RAGU UTK MELAKUKAN ATAU MENDATANGKAN HAL SERUPA, NAMUN MEREKA TDK MAMPU MELAYANI TANTANGAN ITU

2 RAGAM MU’JIZAT 1.MATERIAL INDRAWI:PERAHU NABI NUH, NABI IBRAHIM TDK TERBAKAR API, TONGKAT NABI MUSA, PENYEMBUHAN YG DILAKUKAN NABI ISA DSB 2.IMATERIAL LOGIS: AL-QUR’AN

3 MU’JIZAT DAPAT TERJADI ? KEMUSTAHILAN: 1.MENURUT AKAL: AKAL TDK ATAU BLM MAMPU MENJANGKAU HAKIKAT ATAU CARA KEJADIANNYA 2.MENURUT KEBIASAAN: MUSTAHIL PADA MASA TERTENTU TAPI TDK PADA MASA YG LAIN

4 EINSTEIN  “APA YG TERJADI, SEMUANYA DIWUJUDKAN OLEH SUATU KEKUATAN YANG MAHADAHSYAT LAGI MAHA MENGETAHUI (SUPERIOR REASONING POWER)”  DALAM ISTILAH AL-QUR’AN: ALLAHU AL-QAWIYYU AL-’ALIM

5 MU’JIZAT AL-QUR’AN (ASPEK KEBAHASAAN)-KEINDAHAN NADA

6 SINGKAT PADAT 1.Allah memberi rizki kpd siapa saja yg Dia kehendaki tanpa ada yg berhak mempertanyakannya 2.Allah memberi rizki kpd siapa saja yg Dia kehendaki tanpa memperhitungkan jumlah pemberian itu (Dia Mahakaya) 3.Allah memberi rizki kpd seseorang dan orang tersebut tdk dapat menduga kehadiran rizki tersebut 4.Allah memberi rizki kpd seseorang dan yg bersangkutan tdk dihitung secara detail amal-amalnya 5.Allah memberi rizki kpd seseorang dg jumlah yg banyak sehingga orang tersebut tdk bisa menghitungnya

7 KEINDAHAN DAN KETEPATAN MAKNA

8 KETIKA MALAIKAT MENGANTAR ROMBONGAN KE NERAKA MAKA PINTU NERAKA BARU DIBUKA KETIKA ROMBONGAN SUDAH DEKAT (AZ-ZUMAR:71). BERBEDA DG KETIKA MALAIKAT MENGANTARKAN ROMBONGAN KE SURGA MAKA PINTU SUDAH DIBUKA LEBAR-LEBAR SEBELUMNA. INI DITUNJUKKAN DENGAN HURUF WAWU (AZ-ZUMAR 73.)

9 KEMU’JIZATAN AL-QUR’AN (DR SEGI KEILMIAHANNYA) REPRODUKSI MANUSIA: AL-QIYAMAH 36-39

10 KEMU’JIZATAN AL-QUR’AN (DR SEGI KEILMIAHANNYA) REPRODUKSI MANUSIA: AL-QIYAMAH Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggung jawaban)? Bukankah dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan (ke dalam rahim),Kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah menciptakannya, dan menyempurnakannya, Lalu Allah menjadikan daripadanya sepasang: laki-laki dan perempuan.

11 KEMU’JIZATAN AL-QUR’AN (DR SEGI KEILMIAHANNYA)  IHWAL KEJADIAN ALAM SEMESTA (AL- ANBIYA’:30)  IHWAL PEMISAH DUA LAUT (AL-FURQAN: 53  IHWAL AWAN (AN-NUR: 43)  TENTANG GUNUNG (AN-NAML: 88)  TENTANG KALENDER SYAMSIYAH DAN QAMARIAH (AL-KAHFI: 25)  MASA PENYUSUAN IDEAL DAN MASA KEHAMILAN MINIMAL (AL-BAQARAH: 233 DAN AL-AHQAF: 15)

12 KEMU’JIZATAN AL-QUR’AN (DR SEGI NUBUWAHNYA)  BERITA GAIB TENTANG MASA LAMPAU

13 KEMU’JIZATAN AL-QUR’AN (DR SEGI NUBUWAHNYA)  Dan kami memungkinkan Bani Israil melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Fir'aun dan bala tentaranya, Karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Fir'aun itu Telah hampir tenggelam berkatalah dia: "Saya percaya bahwa tidak ada Tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)".  Apakah sekarang (baru kamu percaya), padahal Sesungguhnya kamu Telah durhaka sejak dahulu, dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan.  Maka pada hari Ini kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan Sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan kami (Yunus: 90-92)

14 KEMU’JIZATAN AL-QUR’AN (DR SEGI NUBUWAHNYA)  BERITA GAIB TENTANG MASA YG AKAN DATANG

15 KEMU’JIZATAN AL-QUR’AN (DR SEGI NUBUWAHNYA)  BERITA GAIB TENTANG MASA YG AKAN DATANG 1.Alif laam Miim 2.Telah dikalahkan bangsa Rumawi (614 m) 3.Di negeri yang terdekat dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang (622 m) 4.Dalam beberapa tahun lagi. bagi Allah-lah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang). dan di hari (kemenangan bangsa Rumawi) itu bergembiralah orang- orang yang beriman, 5.Karena pertolongan Allah. dia menolong siapa yang dikehendakiNya. dan dialah Maha Perkasa lagi Penyayang.


Download ppt "I’JAZ AL-QUR’AN MU’JIZAT ADALAH SUATU HAL ATAU PERISTIWA LUAR BIASA YG TERJADI MELALUI SEORANG YG MENGAKU NABI, SBG BUKTI KENABIANNYA YG DITANTANGKAN KPD."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google