Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MUNASABAH AL-QUR’AN A.Pengertian B.Macam-macam C.Urgensi dan Kegunaan Mempelajari Munasabah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MUNASABAH AL-QUR’AN A.Pengertian B.Macam-macam C.Urgensi dan Kegunaan Mempelajari Munasabah."— Transcript presentasi:

1 MUNASABAH AL-QUR’AN A.Pengertian B.Macam-macam C.Urgensi dan Kegunaan Mempelajari Munasabah

2 A. Pengertian Munasabah Munasabah menurut bahasa (musyakalah, muqarabah) Munasabah menurut Istilah ‘Ulum al-Qur’an berarti pengetahuan tentang berbagai hubungan/korelasi di dalam al-Qur’an.

3 B. Macam-macam Munasabah 1. Munasabah antara surat dengan surat sebelumnya Satu surat berfungsi menjelaskan surah sebelumnya, misalnya dalam surah Al-Fatihah ayat 6.disebutkan “Tunjukilah kami ke jalan yang lurus” lalu di jelaskan dalam surah al- Baqarah ayat 2, bahwa jalan yang lurus itu ialah mengikuti petunjuk al-Qur’an, sebagaimana disebutkan “ Kitab (al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa”

4 2. Munasabah antara nama surat dengan isi atau tujuan surah Nama-nama surah biasanya diambil dari suatu masalah pokok didalam satu surah, misalnya surah an-Nisa’(perempuan) karena didalamnya banyak menceritakan tentang perempuan. Surah al-Baqarah(lembu betina) Ayat tersebut mengandung inti pembicaraan tentang kekuasaan Tuhan membangkitkan orang mati. Dengan perkataan lain, tujuan surat ini adalah menyangkut kekuasaan Tuhan dan keimanan pada hari kemudian.

5 3. Munasabah antara fawatih al-suwar (ayat pertama yang terdiri dari beberapa huruf) dengan isi surah. Hubungan fawatih al-suwar dengan isi surahnya bisa di lacak dari jumlah huruf-huruf yang dijadikan sebagai fawatih al-suwar. Misalnya jumlah huruf alif, lam, mim pada surah-surah yang dimulai dengan alif lam mim( الم) semuanya dapat habis dibagi 19. Contoh:huruf qaf yang merupakan pembuka surah ke 50, ditemukan terulang 57 kali.huruf nun pembuka surah al-Qalam 133, ya dan sin pada surah yasin 285.dll.

6 4. Munasabah antara ayat pertama dengan ayat terakhir dalam satu surah. Misalnya surah al-Mu’minun dimulai dengan: Kemudian di bagian akhir surah ini ditemukan kalimat:

7 5. Munasabah antara satu ayat dengan ayat lain dalam satu satu surah Misalnya kata Muttaqin di dalam surah al- Baqarah ayat 2 di jelaskan pada ayat berikutnya mengenai ciri-ciri orang-orang yang bertaqwa

8 6. Munasabah antara kalimat dengan kalimat lain dalam satu ayat Misalnya dalam surah al-Fatihah ayat 1 “Segala puji bagi Allah”, lalu sifat Allah di jelaskan pada kalimat berikutnya “Tuhan semesta alam”

9 7. Munasabah antara fashilah dengan isi ayat Misalnya di dalam surah al-Ahzab ayat 25: “....Dan Allah menghindarkan orang-orang mukmin dari peperangan” lalu di tutup dengan “Dan Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa”.

10 8. Munasabah antara penutup suatu surat dengan awal surat berikutnya Misalnya akhir surah al-Waqi’ah “Maka bertasbihlah dengan(menyebut)nama Tuhanmu Yang Maha Besar” lalu berikutnya, yakni surah al-Hadid ayat 1 “Semua yang berada di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah(menyatakan kebesaran Allah). Dan Dialah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

11 Munasabah al-Qur’an diketahui berdasarkan ijtihad, bukan melalui petunjuk Nabi (tawqifi). Setiap orang bisa saja menghubung-hubungkan antara berbagai hal di dalam kitab al-Qur’an.

12 C. Urgensi dan Kegunaan Mempelajari Munasabah Dapat memudahkan memahami ayat al- Qur’an terutama ayat yang tidak disertai asbab an-Nuzulnya hal karena ayat-ayat al-Qur’an satu sama lainnya mempunyai hubungan erat, dengan demikian tidak perlu lagi mencari asbab an-Nuzulnya, karena pertautan satu ayat dengan ayat lainnya sudah dapat mewakilinya.


Download ppt "MUNASABAH AL-QUR’AN A.Pengertian B.Macam-macam C.Urgensi dan Kegunaan Mempelajari Munasabah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google