Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KAITAN ANTARA SUASANA BATIN TERHADAP KARYA MAHASISWA JURUSAN SENI Christina Abigail, NIM : 12120210195 Rifan Tio, NIM : 12120210379 Kenny, NIM : 12120210390.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KAITAN ANTARA SUASANA BATIN TERHADAP KARYA MAHASISWA JURUSAN SENI Christina Abigail, NIM : 12120210195 Rifan Tio, NIM : 12120210379 Kenny, NIM : 12120210390."— Transcript presentasi:

1 KAITAN ANTARA SUASANA BATIN TERHADAP KARYA MAHASISWA JURUSAN SENI Christina Abigail, NIM : Rifan Tio, NIM : Kenny, NIM : Ferry Anggriawan, NIM : Mario Marcellino Sitompul, NIM : JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA 2014

2 BAB I PENDAHULUAN

3 LATAR BELAKANG MASALAH Suasana batin adalah sebuah perasaan yang dialami oleh semua manusia setiap saat. Keadaan ini dibagi menjadi dua, yaitu suasana batin yang kurang baik dan suasana batin yang baik. Begitu juga mahasiswa jurusan seni. Setiap karya yang dibuat sangat bergantung pada suasana batin yang sedang dialaminya. Seakan-akan suasana batin menjadi alasan utama bagaimana hasil dari karya yang sudah dibuat oleh mahasiswa tersebut.

4 RUMUSAN MASALAH Pengertian suasana batin menurut mahasiswa jurusan seni; Hubungan antara suasana batin dengan hasil karya mahasiswa jurusan seni; Sebab dan akibat yang ditimbulkan oleh suasana batin; Solusi untuk merubah suasana batin yang kurang baik menjadi baik.

5 TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN Tujuan dari penelitian ini adalah : Mengetahui lebih dalam tentang suasana batin; Mengetahui seberapa jauh pengaruh suasana batin terhadap karya mahasiswa jurusan seni; Mengetahui solusi atau cara mengatasi suasana batin yang kurang baik. Manfaat dari penelitian ini adalah Membuat para pembaca mengetahui tentang suasana batin dan faktor- faktornya; Membuat para pembaca mengetahui apa yang terjadi ketika mahasiswa jurusan seni sedang membuat karya sesuai dengan suasana batinnya; Meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga suasana batin tetap dalam kondisi yang baik

6 METODOLOGI PENELITIAN Objek Penelitian Metode Pengumpulan Data Teknik Analisis Data

7 HIPOTESIS Suasana batin erat kaitannya dengan karya mahasiswa jurusan seni, mengingat banyaknya mahasiswa jurusan seni yang terlihat malas dan kurang bersemangat saat mendapatkan tugas dari dosennya jika suasana batinnya sedang kurang baik. Banyak faktor yang memengaruhi keadaan ini, diantaranya lingkungan sekitar, benda tertentu, dan juga tanggung jawab yang sedang dijalaninya.

8 SISTEMATIKA PENULISAN Makalah ini disusun berdasarkan urutan bab perbab. Makalah disusun dengan urutan sebagai berikut : Bab I Pendahuluan, menjelaskan latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, metodologi penelitian, dan hipotesis. Bab II Landasan Teori, menjelaskan teori-teori yang dijadikan landasan untuk membuat penelitian. Bab III Analisis dan Hasil Penelitian, menjelaskan proses pengumpulan data dan hasil dari wawancara. Bab IV Simpulan dan Saran, menjelaskan penarikan simpulan dari penelitian serta saran untuk para pembaca mengenai hasil dari penelitian.

9 BAB II LANDASAN TEORI

10 PENGARUH SUASANA BATIN Kepribadian Hari dalam seminggu dan waktu dalam sehari Cuaca Stres Aktivitas sosial Tidur Olahraga Usia Gender

11 BAB III ANALISIS DAN HASIL PENELITIAN

12 DAFTAR PERTANYAAN Menurut anda, apa yang dimaksud dengan suasana batin ? Hal atau barang apa saja yang dapat membuat suasana batin anda menjadi baik dan buruk ? Apakah anda termasuk orang yang suasana batinnya cepat berubah ? apakah cepat terpengaruh oleh lingkungan ? Apakah anda pernah kehabisan ied dalam mengerjakan karya karena suasana batik yang kurang baik ? kenapa ? Menurut anda, dapatkah suasana batin mengubah atau merusak karya yang dibuat ? Hal apa saja yang anda lalukan untuk merubah suasana batin yang kurang baik menjadi baik ? Bagaimana keadaan suasana batin anda sekarang ? Kami meminta tolong anda untuk menggambar bebas dan mencerminkan suasana batin yang sedang dialami sekarang !

13 HASIL PENELITIAN

14 BAB IV SIMPULAN DAN SARAN

15 SIMPULAN Setelah melakukan riset dan pengumpulan data dari berbagai sumber, dapat disimpulkan bahwa suasana batin ternyata memengaruhi proses sampai hasil dari suatu karya seni. Suasana batin dapat memperlambat atau mempercepat proses dan dapat mengubah atau merusak karya. Hal tersebut bergantung di setiap masing-masing individu, sesuai dengan kepribadian yang dimiliki mereka.

16 SARAN Bagi para pelajar yang merasa bahwa suasana batin dapat memperlambat proses dan merusak hasil karya, ada baiknya bagi mereka untuk menenangkan diri terlebih dahulu. Lakukanlah kegiatan yang menurut diri masing-masing cocok untuk mengembalikan suasana batin yang baik dalam melangsungkan karya yang dikerjakan. Berikut adalah beberapa saran dasar untuk mengatasi suasana batin yang buruk: Tenangkanlah diri sejenak dan tarik napas dalam. Hal ini dapat membantu Anda untuk setidaknya lebih fokus untuk berpikir. Tentukan permasalahan yang sedang ada di pikiran. Ratakan apapun masalah yang ada di dalam pikiran kita satu per satu. Hal tersebut membantu kita dalam merencanakan solusi. Buatlah sebuah strategi dalam memecahkan masalah. Mulailah dari memecahkan masalah kecil. Dengan menghilangkan masalah-masalah kecil tersebut, beban kita lebih terasa ringan dan kita bisa lebih fokus terhadap masalah yang besar.

17 DAFTAR PUSTAKA Anastasi, Anne Tes Psikologi. Jakarta: Penerbit Rakhmat, Jalaluddin Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Ulfa, Fauzia ”Emosi dan Suasana Hati. Dalam suasana-hati.html.http://fauziaulfa27.blogspot.com/2013/09/emosi-dan- suasana-hati.html Mcnerney, Sam. Dalam “Kecerdasan Emosi dan Kreativitas”. Dalam unm.org/index.php?option=com_content&view=article&id=549:kecerdasan-emosi-dan- kreativitas&catid=48:opini&Itemid=206http://www.penalaran- unm.org/index.php?option=com_content&view=article&id=549:kecerdasan-emosi-dan- kreativitas&catid=48:opini&Itemid=206 “Pola Belajar Mahasiswa Sekarang”. Dalam mahasiswa-sekarang htmlhttp://edukasi.kompasiana.com/2013/05/23/efektifkah-pola-belajar- mahasiswa-sekarang html “Anak Pintar Rajin Beraktivitas”. Dalam beraktivitas.htmlhttp://blogbelajarpintar.blogspot.com/2012/01/anak-pintar-rajin- beraktivitas.html Kemala, Endah. Dalam Dalam “Apresiasi Seni dengan Hubungan Seni”. Dalam seni-dengan.htmlhttp://radyckal.blogspot.com/2012/03/apresiasi-seni-hubungan- seni-dengan.html Dalam “Sikap dan Kepuasaan Kerja”. Dalam


Download ppt "KAITAN ANTARA SUASANA BATIN TERHADAP KARYA MAHASISWA JURUSAN SENI Christina Abigail, NIM : 12120210195 Rifan Tio, NIM : 12120210379 Kenny, NIM : 12120210390."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google