Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

9. PROFESI LUHUR Profesi luhur lahir dari masyarakat cikal bakal profesi luhur dari Inggris profesi luhur merupakan pengabdian motivasi utama bukan mencari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "9. PROFESI LUHUR Profesi luhur lahir dari masyarakat cikal bakal profesi luhur dari Inggris profesi luhur merupakan pengabdian motivasi utama bukan mencari."— Transcript presentasi:

1 9. PROFESI LUHUR Profesi luhur lahir dari masyarakat cikal bakal profesi luhur dari Inggris profesi luhur merupakan pengabdian motivasi utama bukan mencari nafkah profesi luhur penuh tanggung jawab. profesi luhur diatur dalam hukum positif profesi luhur mengutamakan orang yang dibantu profesi luhur mengabdi pada tuntutan luhur profesi. Profesi luhur harus didukung oleh moralitas tinggi profesi luhur memiliki idealisme yang tinggi

2 =========================== SUMPAH JABATAN SEBAGAI SESUATU YANG HARUS DILAKSANAKAN SEBELUM MEMANGKU PROFESI ATAU JABATAN TERTENTU, AGAR SEGALA SESUATU YANG DIJALANKAN DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN PADA TUHAN YME, DIRI SENDIRI, SERTA MASYARAKAT. SUMPAH JABATAN SEBAGAI SESUATU YANG HARUS DILAKSANAKAN SEBELUM MEMANGKU PROFESI ATAU JABATAN TERTENTU, AGAR SEGALA SESUATU YANG DIJALANKAN DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN PADA TUHAN YME, DIRI SENDIRI, SERTA MASYARAKAT. SUMPAH JABATAN ADVOKAT: SUMPAH JABATAN ADVOKAT: DEMI ALLAH SAYA BERSUMPAH/SAYA BERJANJI: BAHWA SAYA AKAN MEMEGANG TEGUH DAN MENGAMALKAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA; BAHWA SAYA AKAN MEMEGANG TEGUH DAN MENGAMALKAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA; BAHWA SAYA UNTUK MEMPEROLEH PROFESI INI, LANGSUNG ATAU TIDAK LANGSUNG BAHWA SAYA UNTUK MEMPEROLEH PROFESI INI, LANGSUNG ATAU TIDAK LANGSUNG

3 UUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU BAHWA SAYA UNTUK MEMPEROLEH PROFESI INI, LANGSUNG ATAU TIDAK LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN NAMA ATAU CARA APAPUN JUGA, TIDAK MEMBERIKAN ATAU MENJANJIKAN BARANG SESUATU KEPADA SIAPAPUN JUGA; BAHWA SAYA UNTUK MEMPEROLEH PROFESI INI, LANGSUNG ATAU TIDAK LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN NAMA ATAU CARA APAPUN JUGA, TIDAK MEMBERIKAN ATAU MENJANJIKAN BARANG SESUATU KEPADA SIAPAPUN JUGA; BAHWA SAYA DALAMMELAKSANAKAN TUGAS PROFESI SEBAGAI PEMBERI JASA HUKUM AKAN BERTINDAK JUJUR, ADIL, DAN BERTANGGUNG JAWAB BERDASARKAN HUKUM DAN KEADILAN; BAHWA SAYA DALAMMELAKSANAKAN TUGAS PROFESI SEBAGAI PEMBERI JASA HUKUM AKAN BERTINDAK JUJUR, ADIL, DAN BERTANGGUNG JAWAB BERDASARKAN HUKUM DAN KEADILAN; BAHWA SAYA DALAM MELAKSANAKAN TUGAS PROFESI DI DALAM ATAU DI LUAR PENGADILAN TIDAK AKAN MEMBERIKAN ATAU MENJANJIKAN SESUATU KEPADA HAKIM, PEJABAT PENGADILAN ATAU PEJABAT LAINNYA AGAR MEMENANGKAN ATAU MENGUNTUNGKAN BAGI PERKARA KLIEN YANG SEDANG ATAU AKAN SAYA TANGANI. BAHWA SAYA DALAM MELAKSANAKAN TUGAS PROFESI DI DALAM ATAU DI LUAR PENGADILAN TIDAK AKAN MEMBERIKAN ATAU MENJANJIKAN SESUATU KEPADA HAKIM, PEJABAT PENGADILAN ATAU PEJABAT LAINNYA AGAR MEMENANGKAN ATAU MENGUNTUNGKAN BAGI PERKARA KLIEN YANG SEDANG ATAU AKAN SAYA TANGANI.

4 HHHHHHHHHHHHHHHHH BAHWA SAYA AKAN MENJAGA TINGKAH LAKU SAYA DAN AKAN MENJALANKAN KEWAJIBAN SAYA SESUAI DENGAN KEHORMATAN, MARTABAT, DAN TANGGUNG JAWAB SAYA SEBAGAI ADVOKAT; BAHWA SAYA AKAN MENJAGA TINGKAH LAKU SAYA DAN AKAN MENJALANKAN KEWAJIBAN SAYA SESUAI DENGAN KEHORMATAN, MARTABAT, DAN TANGGUNG JAWAB SAYA SEBAGAI ADVOKAT; BAHWA SAYA TIDAK AKAN MENOLAK UNTUK MELAKUKAN PEMBELAAN ATAU MEMBERIJASA HUKUM DIDALAM SUATU PERKARA YANG MENURUT HEMAT SAYA MERUPAKAN BAGIAN DARI PADA TANGGUNG PROFESI SAYA SEBAGAI SEORANG ADVOKAT. BAHWA SAYA TIDAK AKAN MENOLAK UNTUK MELAKUKAN PEMBELAAN ATAU MEMBERIJASA HUKUM DIDALAM SUATU PERKARA YANG MENURUT HEMAT SAYA MERUPAKAN BAGIAN DARI PADA TANGGUNG PROFESI SAYA SEBAGAI SEORANG ADVOKAT.

5 #################################### SUMPAH/JANJI JABATAN NOTARIS: SUMPAH/JANJI JABATAN NOTARIS: “SAYA BERSUMPAH/BERJANJI: 1. BAHWA SAYA AKAN PATUH DAN SETIA KEPADA NEGARA REPUBLIK INDONESIA, PANCASILA DAN UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945,, UNDANG-UNDANG TENTANG JABATAN NOTARIS SERTA PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN LAINNYA; 2. BAHWA SAYA AKAN MENJALANKAN JABATAN SAYA DENGAN AMANAH, JUJUR, SAKSAMA, MANDIRI, DAN TIDAK BERPIHAK; 3. BAHWA SAYA AKAN MENJAGA SIKAP,TINGKAH LAKU SAYA, DAN AKAN MENJALANKAN KEWAJIBAN SAYA SESUAI DENGAN KODE ETIK PROFESI, KEHORMATAN,

6 ZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ MARTABAT, DAN TANGGUNG JAWAB SAYA SEBAGAI NOTARIS; MARTABAT, DAN TANGGUNG JAWAB SAYA SEBAGAI NOTARIS; 4. BAHWA SAYA AKAN MERAHASIAKAN ISI AKTA DAN KETERANGAN YANG DIPEROLEH DALAM PELAKSANAAN JABATAN SAYA; 5. BAHWA SAYA UNTUK DAPAT DIANGKAT DALAM JABATAN INI, BAIK SECARA LANGSUNG MAUPUN TIDAK LANGSUNG, DENGAN NAMA ATAU DALIH APAPUN, TIDAK PERNAH DAN TIDAK AKAN MEMBERIKAN/MENJANJIKAN SESUATU KEPADA SIAPAPUN.”

7 CCCCCCCCCCCCCCCCC PASAL 6 PASAL 6 ADVOKAT DAPAT DIKENAI TINDAKAN DENGAN ALASAN: 1. MENGABAIKAN ATAU MENERLANTARKAN KEPENTINGAN KLIENNYA; 2. BERBUAT ATAU BERTINGKAH LAKU YANG TIDAKPATUT TERHADAP LAWAN ATAU REKAN SEPROFESINYA; 3. BERSIKAP, BERTINGKAH LAKU, BERTUTUR KATA, ATAU MENGELUARKAN PERNYATAAN YANG MENUNJUKKAN SIKAP TIDAK HORMAT TERHADAP HUKUM, PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN, ATAU PENGADILAN;

8 IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII 4. BERBUAT HAL-HAL YANG BERTENTANGAN DENGAN KEWAJIBAN, KEHORMATAN, ATAU HARKAT DAN MARTABAT PROFESINYA; 5. MELAKUKAN PELANGGARAN TERHADAP PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DAN ATAU PERBUATAN TERCELA; 6. MELANGGAR SUMPAH/JANJI ADVOKAT DAN/ATAU KODE ETIK PROFESI.

9 KKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK JENIS TINDAKAN YANG DIKENAKAN TERHADAP ADVOKAT DAPAT BERUPA: JENIS TINDAKAN YANG DIKENAKAN TERHADAP ADVOKAT DAPAT BERUPA: a. TEGURAN LISAN; b. TEGURAN TERTULIS; c. PEMBERHENTIAN SEMENTARA DARI PROFESINYA SELAMA TIGA SAMPAI DUA BELAS BULAN; d. PEMBERHENTIAN TETAP DARI PROFESINYA. PENINDAKAN TERHADAP ADVOKAT TERSEBUT OLEH DEWAN KEHORMATANORGANISASI ADVOKAT SESUAI DENGAN KODE ETIK PROFESI ADVOKAT. PENINDAKAN TERHADAP ADVOKAT TERSEBUT OLEH DEWAN KEHORMATANORGANISASI ADVOKAT SESUAI DENGAN KODE ETIK PROFESI ADVOKAT. ADVOKAT BERHENTI ATAU DAPAT DIBERHENTIKAN DARI PROFESINYA SECARA TETAP KARENA ALASAN: ADVOKAT BERHENTI ATAU DAPAT DIBERHENTIKAN DARI PROFESINYA SECARA TETAP KARENA ALASAN: 1. PERMOHONAN SENDIRI;

10 YYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYY 2. DIJATUHI PIDANA YANG TELAH MEMPUNYAI KEKUATAN HUKUM TETAP KARENA MELAKUKAN TINDAKPIDANA YANG DIANCAM DENGAN HUKUMAN EMPAT TAHUN ATAU LEBIH; 3. BERDASARKAN KEPUTUSAN ORGANISASI ADVOKAT. PENGAWASAN DILAKUKAN OLEH ORGANISASI ADVOKAT, BERTUJUAN AGAR ADVOKAT DLAM MENJALANKAN PROFESINYA SELALU MENJNJUNG TINGGI KODE ETIKPROFESI ADVOKAT DAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN PENGAWASAN DILAKUKAN OLEH ORGANISASI ADVOKAT, BERTUJUAN AGAR ADVOKAT DLAM MENJALANKAN PROFESINYA SELALU MENJNJUNG TINGGI KODE ETIKPROFESI ADVOKAT DAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN PELAKSANAAN PENGAWASAN SEHARI-HARI OLEH KOMISI PENGAWAS, YANG KEANGGOTAANNYA TERDIRI DARI UNSUR ADVOKAT SENIOR, PARA AHLI/AKADEMISI, DAN MASYARAKAT. PELAKSANAAN PENGAWASAN SEHARI-HARI OLEH KOMISI PENGAWAS, YANG KEANGGOTAANNYA TERDIRI DARI UNSUR ADVOKAT SENIOR, PARA AHLI/AKADEMISI, DAN MASYARAKAT.


Download ppt "9. PROFESI LUHUR Profesi luhur lahir dari masyarakat cikal bakal profesi luhur dari Inggris profesi luhur merupakan pengabdian motivasi utama bukan mencari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google