Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RENCANA AKSI DAN KOMITMEN KOMISI 1A: PENYIAPAN GURU 1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RENCANA AKSI DAN KOMITMEN KOMISI 1A: PENYIAPAN GURU 1."— Transcript presentasi:

1 RENCANA AKSI DAN KOMITMEN KOMISI 1A: PENYIAPAN GURU 1

2 HASIL KOMISI 1-A NOISU STRATEGISRENCANA AKSI DAN KOMITMEN (SOLUSI) 1Manajemen Pelatihan Instruktur Nasional (Tim Pengembang Kurikulum, Dosen LPTK, Guru Berprestasi Tingkat Nasional, Pengawas, Kepala Sekolah, Widyaiswara PPPPTK dan LPMP serta LPPKS) Disiapkan oleh Kemdikbud Kualitas Guru IntiSeleksi bottom up dari kabupaten/kota untuk penetapan guru inti sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan Kelayakan tempat PelatihanPenunjukan sekolah inti penyelenggara pelatihan dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan mempertimbangkan posisi geografis, infrastruktur pendukung (diutamakan yang memiliki pusat sumber belajar). 2

3 NOISU STRATEGISRENCANA AKSI DAN KOMITMEN (SOLUSI) Validasi dan verifikasi data sekolah, guru/kepala sekolah/pengawas sekolah sasaran pelatihan. Kabupaten/kota segera melakukan validasi dan verifikasi dengan menggunakan aplikasi online. Untuk kabupaten/kota yang tidak memiliki koneksi internet diminta melaporkan secara manual ke LPMP. Selanjutnya LPMP melakukan input ke aplikasi online Kesiapan materi pelatihan yang aplikatif untuk guru, termasuk materi PLB. LPTK dan PPPPTK mengembangkan materi pelatihan pembelajaran aplikatif yang selanjutnya diunggah ke website.

4 NOISU STRATEGISRENCANA AKSI DAN KOMITMEN (SOLUSI) 2Sinergi peran dan program kegiatan pemerintah/pemerintah provinsi/pemerintah kabupaten/kota - Perlu ada kebijakan daerah yang mendukung implementasi kurikulum 2013 dalam bentuk Peraturan Bupati/Peraturan Walikota, Perda -LPMP, sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat (Kemdikbud), perlu berperan aktif dalam pelatihan dan implementasi kurikulum LPTK berperan sebagai pendamping yang bertugas melakukan pemantauan dan evaluasi. -Peningkatan sinergi Dinas Pendidikan Propinsi dan LPMP.

5 NOISU STRATEGISRENCANA AKSI DAN KOMITMEN (SOLUSI) Pelatihan dan implementasi kurikulum 2013 masih sepenuhnya dibiayai Pemerintah Pusat Perlu dana pendamping dari Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk kelanjutan/ kesinambungan pelatihan dan implementasi kurikulum 2013 untuk tahun- tahun yang akan datang

6 NOISU STRATEGISRENCANA AKSI DAN KOMITMEN (SOLUSI) 3Sistem Pembinaan, Pendampingan, Dan Penjaminan Mutu Guru Dalam Implementasi Kurikulum Pola pembinaan dalam implementasi kurikulum 2013 harus dikaitkan dengan aktifitas pengembangan keprofesian guru berkelanjutan (PKB) sehingga menjadi bagian dari angka kredit yang harus diperoleh guru setiap tahunnya -Mengembangkan sistem pembinaan dalam implementasi kurikulum 2013 yang terintegrasi dengan sistem pengembangan keprofesian berkelanjutan, baik secara manual maupun online. - Menyiapkan SDM sebagai Tim Pembinaan Implementasi Kurikulum 2013 tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota -Pengintegrasian pembelajaran yang mendidik untuk membangun karakter yang memadukan kompetensi kognitif, psikomotorik, dan afektif.

7 NOISU STRATEGISRENCANA AKSI DAN KOMITMEN (SOLUSI) Pola pendampingan implementasi kurikulum dikaitkan dengan aktivitas penilaian kinerja guru dengan pola in-on-in service. -Mengembangkan mekanisme dan pola pendampingan guru pasca-pelatihan dengan mekanisme pengawalan sampai pada proses pelaksanaan pembelajaran. -Menyiapkan petunjuk teknis pendampingan guru/kepala sekolah/pengawas. -Menyusun bahan dan materi pelatihan pendampingan guru. -Melaksanakan Pelatihan Tim Pendampingan. -Koordinasi pelaksanaan pendampingan. -Melaporkan hasil pelaksanaan pendampingan kepada Mendikbud.

8 NOISU STRATEGISRENCANA AKSI DAN KOMITMEN (SOLUSI) 4Administrasi Kegiatan Pelatihan/ Koordinasi Penyelenggaraan / Laporan Keuangan Kab/Kota memastikan bahwa sekolah melaporkan pertanggung jawaban kegiatan dan keuangan tepat waktu. LPMP melakukan pendampingan kepada sekolah apabila terdapat kesulitan dalam pembuatan laporan Dinas Pendidikan Prop/Kab/Kota menetapkan waktu pelaksanaan disesuaikan dengan kondisi lapangan. Misalnya : Hari sabtu dan Minggu. Catatan : di beberapa daerah bulan Juni Ujian akhir semester 2 dan penerimaan rapor.

9 NOISU STRATEGISRENCANA AKSI DAN KOMITMEN (SOLUSI) Sharing Pendanaan pelatihan guru pada APBD Prop/Kab/Kota -Apabila propinsi/kab/kota telah mengalokasikan dalam APBD untuk peningkatan kompetensi PTK agar berkomitmen untuk refokusing sasaran dan materi pelatihannya menyesuaikan kurikulum Memprogramkan pelatihan kurikulum dalam usulan Perubahan Anggaran APBD tahun 2013.

10 NOISU STRATEGISRENCANA AKSI DAN KOMITMEN (SOLUSI) 5Kurikulum Muatan Lokal Ada perbedaan muatan lokal antardaerah dalam satu provinsi Harus ada pemberian kewenangan perumusan muatan lokal sesuai dengan ciri khas dan karakteristik daerah masing-masing Guru muatan lokal ada kemungkinan terhenti tunjangan profesinya karena kekurangan jam mengajar -Peraturan tentang beban kerja guru muatan lokal perlu ditinjau kembali -Aturan dapat lebih longgar dalam konteks penentuan kontens muatan lokal (core) tidak harus menambah jam mengajar. -Guru yang berkompetensi (memiliki keahlian) khusus dapat diangkat menjadi guru muatan lokal. Daerah kesulitan dalam menyediakan guru muatan lokal Diperlukan kebijakan dari Kemdikbud tentang ketentuan teknis isi mulok dan kriteria penyediaan guru muatan lokal. Pemilihan muatan lokal tidak sesuai dengan potensi daerah Perlu ada Peraturan Kepala Daerah (Peraturan Bupati/Walikota)

11 NOISU STRATEGISRENCANA AKSI DAN KOMITMEN (SOLUSI) 6Pencana Penyiapan Pelatihan Guru Tahun Kesiapan pelatihan instruktur nasional, guru inti, guru peserta tahun 2014 dan Pendataan guru untuk peserta tahun sudah dimulai sejak tahun Verifikasi data dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. -Penetapan sekolah penerima bantuan dana pelaksanaan pelatihan dilakukan pada akhir tahun Penyiapan materi pelatihan berdasarkan masukan dari pelaksanaan tahun Penyiapan dana untuk pelatihan bagi Instruktur dan Guru Inti setahun sebelumnya


Download ppt "RENCANA AKSI DAN KOMITMEN KOMISI 1A: PENYIAPAN GURU 1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google