Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOGO BENTUKAN KATA Pertemuan 6 Waktu Belajar 100 menit.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOGO BENTUKAN KATA Pertemuan 6 Waktu Belajar 100 menit."— Transcript presentasi:

1 LOGO BENTUKAN KATA Pertemuan 6 Waktu Belajar 100 menit

2 Company Name OUTLINE 1. Definisi Morfologi 2. Definisi Morfologi Menurut Beberapa Pakar 3. Proses Morfologi 4. Bentuk Kata dalam Bahasa Indonesia

3 Company Name 1. DEFINISI MORFOLOGI  Tata Bentuk (Morfologi): Ilmu mengenai bentuk, bagaimana membentuk kata dengan benar  arti/makna.  Morfologi mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta fungsi perubahan-perubahan bentuk kata itu, baik fungsi gramatik maupun fungsi semantik.  Satuan yang paling kecil yang diselidiki oleh morfologi ialah morfem, sedangkan yang paling besar berupa kata.

4 Company Name 2. DEFINISI MORFOLOGI MENURUT BEBERAPA PAKAR  Menurut E.A. Nida (1957:1), morfologi adalah ilmu yang mempelajari morfem-morfem dan hubungannya dalam pembentukan kata.  Menurut Ramlan (2001:21) dalam buku Mor­fologi: Suatu Tinjauan Deskriptif menyatakan bahwa morfologi ialah bagian ilmu bahasa yang membicarakan dan mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta pengaruh perubahan- perubahan bentuk kata terhadap golongan dan arti kata.

5 Company Name 2. DEFINISI MORFOLOGI MENURUT BEBERAPA PAKAR  Menurut Alwi et al. (1998:25--34) dalam buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, adanya proses morfofonemik yang ada kaitannya dengan morfem, alomorf, dan kata (dasar- terikat).

6 Company Name 3. PROSES MORFOLOGI  Proses morfo­logis menurut Ramlan (1985:27) ialah proses pembentukan kata dari satuan lain yang merupakan bentuk dasarnya.  Krida­laksana (1989:12) menyatakan bahwa proses morfologis meliputi (1) derivasi zero, (2) afiksasi, (3) reduplikasi, (4) abreviasi (pemendekan), (5) komposisi (pemajemukan), dan (6) derivasi balik.

7 Company Name  Oleh karena itu, proses morfologis bahasa Indonesia berdasarkan beberapa pakar bahasa dapat berupa: 1.Proses penambahan afiks 2.Reduplikasi 3.Abreviasi 4.Komposisi 5.Derivasi balik 3. PROSES MORFOLOGI (2)

8 Company Name  Kata adalah unsur bahasa yang diucapkan atau dituliskan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam berbahasa.  Kata merupakan satuan terbesar dalam morfologi dan sekaligus satuan terkecil dalam sintaksis. 4. BENTUK KATA DALAM BAHASA INDONESIA

9 Company Name  Kata sebagai bagian dari fungsi komunikasi bahasa pada hakikatnya terdiri atas dua segi: bentuk dan konsep/makna.  Bentuk adalah segi yang dapat kita dengar atau kita lihat dari sebuah kata.  Konsep atau makna adalah reaksi yang muncul akibat adanya bentuk. 4. BENTUK KATA DALAM BAHASA INDONESIA (2)

10 Company Name  Kata dalam bahasa Indonesia berdasarkan bentuknya dapat dibedakan menjadi tiga, yakni : 1.Kata Asal 2.Kata Dasar 3.Berimbuhan/Jadian/Turunan. 4. BENTUK KATA DALAM BAHASA INDONESIA (3)

11 LOGO


Download ppt "LOGO BENTUKAN KATA Pertemuan 6 Waktu Belajar 100 menit."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google