Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) 736711, Website:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) 736711, Website:"— Transcript presentasi:

1

2 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN

3 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: BAHASA INDONESIA Memahami Pembacaan Novel Selviana Mangguali, S.Pd.

4 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: KOMPETENSI DASAR STANDAR KOMPETENSI Memahami Pembacaan Novel Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan

5 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 1. Siswa dapat menentukanvokal (pelafalan), intonasi, dan penghayatan pembacaan novel 2. Siswa dapat menanggapi pembacaan novel dengan penilaian (vokal (lafal), intonasi, dan penghayatan) yang tepat TUJUAN PEMBELAJARAN

6 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 5 Kata novel berasal dari bahasa Italia yaitu “Novella” artinya sepenggal berita atau kisah. Novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku (KBBI). Novel berarti karya sastra yang imajinatif yang menceritakan suatu sisi problematika yang dialami oleh para tokohnya. Novel

7 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 6 Novel juga memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur Instrinsik adalah unsur yang membangun/membentuk dari dalam sebuah karya sastra. Unsurnya yaitu: a) tema; b)tokoh; c) penokohan; d)latar; e) alur; f) sudut pandang; g) amanat. Unsur Ekstrinsik adalah unsur pembentuk dari luar sebuah karya sastra. Unsurnya adalah nilai-nilai dalam karya sastra, latar belakang pengarang, pembaca.

8 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 7 Pada bagian ini, yang diutamakan adalah tanggapan yang dilakukan secara lisan. Artinya, setelah mendengar pembacaan novel kamu dapat langsung memberi tanggapan terutama bagaimana pelafalan kata diekspresikan, bagaimana intonasi untuk menuturkan kalimat secara tepat, dan bagaimana penghayatan pembaca saat membaca penggalan novel.

9 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 8 Pada bagian ini, yang diutamakan adalah tanggapan yang dilakukan secara lisan. Artinya, setelah mendengar pembacaan novel kamu dapat langsung memberi tanggapan terutama bagaimana pelafalan kata diekspresikan, bagaimana intonasi untuk menuturkan kalimat secara tepat, dan bagaimana penghayatan pembaca saat membaca penggalan novel.

10 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 9 Ada beberapa hal yang dinilai jika kita ingin menanggapi pembacaan novel, di antaranya adalah sebagai berikut. 1. Tuturnya baik, berarti kemampuan penutur sangat baik dengan menggunakan: a)intonasi, yaitu tekanan dinamik (tekanan tinggi pada katakata tertentu/penting yang menjadi inti kalimat); b)tekanan nada (tekanan tinggi rendah, seperti perasaan riang, marah, keheranan, atau sedih); c)tekanan tempo (lambat cepatnya pengucapan suku kata, kata, kelompok kata, atau kalimat);

11 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 10 d)kejelasan ucapan, yaitu keterampilan dalam menggunakan alat ucap untuk mengekpresikan maksud kalimat dalam teks novel. 2.Pemahaman penutur sangat baik (berarti ekspresi dan gerakgerik, anggota tubuhnya ketika membacakan). 3.Pemahaman penutur sama dengan yang dimaksudkan dalam kalimat kutipan, yaitu memahami maksud rangkaian kalimat. 4.Pesan yang disampaikan penutur ternyata sama dengan yang diterima oleh pendengar. Artinya suasana dalam cerita dapat disampaikan melalui ucapan-ucapan, gerak-gerik, dan ekspresi.

12 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 11 Jadi, Anda dan teman Anda dikategorikan sebagai pembaca novel yang baik jika melakukannya dengan cara-cara seperti yang dijelaskan tersebut. Oleh sebab itu, agar pembacaan novel yang Anda lakukan menjadi baik, ikutilah langkah-langkah berikut. 1.Bacalah terlebih dahulu kutipan teks novel. 2.Pahami isi teks (masalah yang diungkapkan). 3.Tandai bagian-bagian kata, kelompok kata, dan kalimat yang perlu diberikan intonasi khusus. 4.Jika perlu, lakukan latihan membaca.

13 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 12 Intonasi adalah lagu kalimat atau tinggi rendahnya nada. Intonasi adalah bentuk terjadinya antara tekanan, nada tekanan, waktu, dan perhentian yang menyertai suatu tutur dari awal sampai perhentian terakhir. Pelafalan adalah cara seseorang atau sekelompok orang dalam suatu masyarakat bahasa mengucapkan bunyi bahasa. Penghayatan merupakan bagian dari pengalaman batin atau menjiwai suatu hal dan merealisasikan dalam bentuk ekspresi.

14 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 13 Ca-Bau-Kan Karya Remy Sylado Sayalah Giok Lan! menjadi cabo. Yang saya marah kalau Anda kira saya tidak marah kalau Anda, seperti semua ca-bau-kan itu adalah perempuan yang tak berlidah Melayu, kepalang melafazkan cabau-kan moral. Saya sudah membela. Bukan hanya membetulkan. Masalah saya, di mana gerangan saya harus memulai mencari jawaban teka-teki siapa ayah saya yang sebenarnya: Tan Peng Liang asal Gang Tamim Bandung, atau Tan Peng Liang asal Gang Pinggir Semarang. Kepada siapa saya patut bertanya? Apakah orang-orang Indonesia betul-betul ramah, ikhlas menjawab, dan tidak berbelit-belit? Tiba-tiba pertanyaan itu mengusik saya. Sebab, sejak dari bandara Soekarno-Hatta, saya kepalang mendapat kesan, orang Indonesia di Jakarta ini, berbakat badut.

15 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 14 Mereka bisa memberikan senyum yang mubazir, dan bisa juga cemberut tanpa alasan. Hal-hal yang berhubungan dengan ketugasan menjadi amat ruwet. Belakangan baru saya dapat menyimpulkan bahwa itu ada kaitannya dengan pengkiliran tatanan. Penyebabnya, sikap mental yang tercabik, sifat sosial yang marak hanya dalam slogan, sementara wasangka tribalistik terpelihara samar di balik politik kekuasaan, mengakibatkan hak-hak kebebasan sipil terpasungkan, dan akhirnya tampak demokrasi merosot jadi sekadar swalayan bibir demokrasi.

16 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 15

17 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: Somad, Adi Abdul., dkk Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud. Suyono Cerdas Berpikir Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Ganeca Exact. REFERENSI

18 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: NAMA Selviana Mangguali, S.Pd. NIP TEMPAT TUGAS SMA Gembala Baik Pontianak NAMA Selviana Mangguali, S.Pd. NIP TEMPAT TUGAS SMA Gembala Baik Pontianak PENYUSUN

19 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 18 TERIMA KASIH THANK YOU XIE-XIE


Download ppt "PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) 736711, Website:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google