Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOGO SOSIALISASI PELAKSANAAN HER-REGISTRASI DATA KEPESERTAAN TENAGA KERJA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOGO SOSIALISASI PELAKSANAAN HER-REGISTRASI DATA KEPESERTAAN TENAGA KERJA."— Transcript presentasi:

1 LOGO SOSIALISASI PELAKSANAAN HER-REGISTRASI DATA KEPESERTAAN TENAGA KERJA

2 PENGERTIAN Her-registrasi adalah pendataan ulang data tenaga kerja peserta Jamsostek aktif sehingga menjadi data lengkap yang dapat dipertanggungjawabkan akurasinya /validitasnya yang mempunyai aspek legalitas hukum.

3 LATAR BELAKANG 1.Data masih sederhana: -Nama TK -Tanggal/Bulan/Tahun lahir -Susunan anggota keluarga (Suami/istri, dan anak) bagi peserta JPK 2.Tidak mempunyai pengamanan (security) 3.Menyulitkan perusahaan dalam distribusi PSJHT 4.Sering terjadi kasus pemalsuan JHT

4 DASAR PELAKSANAAN 1.Pasal 46 ayat (2) Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor: PER/12/VI/2007, bagi tk peserta Jamsostek sebelum Peraturan ini wajib mengisi formulir 1a. 2.Pasal 44 ayat (3) Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor: PER/12/VI/2007, perubahan formulir Jamsostek ditetapkan oleh badan penyelenggara. 3.Butir 15 Lampiran Keputusan Direksi No: KEP/76/ Pedoman Teknis Pelaksanaan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Nomor: PER-12/Men/VI/2007, pelaksanaan her- registrasi kepesertaan diatur tersendiri melalui Keputusan Direksi.

5 MAKSUD & TUJUAN 1.Maksud -Memperoleh data tenaga kerja peserta lengkap -Dapat dipertanggung jawabkan secara administratif dan legal. -Memenuhi peraturan yang berlaku. 2.Tujuan -Melengkapi data TK aktif sebagai database TK lengkap. -Meningkatkan pelayanan dan kemanfaatan bagi perusahaan dan TK.

6 MANFAAT 1.Bagi Perusahaan -Mendapatkan pelayanan informasi, administrasi dan jaminan yang lebih baik. -Sosialisasi lengkap kepada tenaga kerja. -Memudahkan verifikasi dalam perubahan data TK. -Kecepatan, ketepatan, keakuratan pengurusan klaim lebih baik

7 MANFAAT (lanjutan) 2.Bagi Tenaga Kerja -Memiliki identitas diri yang tidak sama dengan TK lain -Ada kepastian hukum. -Mendapatkan pelayanan yang cepat dan akurat. -Memudahkan mendapatkan informasi Jamsostek. -Kepastian keamanan dana Jamsostek

8 MANFAAT (lanjutan) 3.Bagi PT. Jamsostek (Persero) -Memiliki database peserta yang menjadi asset perusahaan. -Database peserta sesuai peraturan perundangan. -Pelayanan lebih cepat, tepat dan akurat. -Menjamin kepastian hak tenaga kerja. -Mendukung pengembangan sistem informasi manajemen. -Data TK aktif dan non aktif lebih akurat.

9 RUANG LINGKUP Informasi data yang diperlukan:  No. KPJ (Kartu Peserta Jamsostek).  Nama lengkap.  Alamat Tenaga Kerja.  Nama Ibu Kandung.  Tempat /Tanggal Lahir.  No Identitas (KTP/Paspor).  Susunan Keluarga.  Tanda Tangan.

10 TAHAPAN PELAKSANAAN 1.Tahapan Distribusi dan Collecting -Distribusi formulir 1a pre-printed kepada perusahaan -peserta mengisi formulir 1a tersebut diisi dengan lengkap. -Perusahaan mengirimkan kembali formulir 1a yang telah diisi dan dilengkapi oleh TK ke kantor cabang PT. Jamsostek (Persero) setempat. -Tahapan distribusi dikomunikasikan secara teknis dengan pihak perusahaan sesuai kondisi perusahaan.

11 TAHAPAN PELAKSANAAN (lanjutan) 2.Tahapan Executing -Proses pengolahan F1a dari hard copy menjadi soft copy. -Soft copy yg dihasilkan berupa image dan character binary. -Hasil tersebut digunakan sebagai transaksi untuk pemutakhiran database.

12 TAHAPAN PELAKSANAAN (lanjutan) 3.Tahapan Evaluating -Kantor Cabang membuat laporan pelaksanaan her- registrasi ke Kantor Wilayah. -Kantor Wilayah membuat konsolidasi laporan cabang di wilayah kerjanya untuk dilaporkan ke Kantor Pusat cq Divisi Operasi. -Laporan pelaksanaan her-registrasi meliputi : Laporan pelaksanaan sosialisasi. Laporan F1a yang kembali. Laporan F1a kembali yang sudah diverifikasi dan divalidasi oleh Kacab. Laporan F1a yang telah dikonversi. Laporan F1a hasil upload ke transaksi perubahan. Laporan F1a yang berhasil diupload ke SIPT

13 LOGO


Download ppt "LOGO SOSIALISASI PELAKSANAAN HER-REGISTRASI DATA KEPESERTAAN TENAGA KERJA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google