Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Uji Mann Whitney atau uji U digunakan untuk menguji hipotesis komparatif bila datanya berskala ordinal pada sampel indepneden.  Dua sampel dikatakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Uji Mann Whitney atau uji U digunakan untuk menguji hipotesis komparatif bila datanya berskala ordinal pada sampel indepneden.  Dua sampel dikatakan."— Transcript presentasi:

1

2  Uji Mann Whitney atau uji U digunakan untuk menguji hipotesis komparatif bila datanya berskala ordinal pada sampel indepneden.  Dua sampel dikatakan independen bila masing-masing anggota sampel diberi perlakuan sekali.  Sebagai contoh diinginkan untuk membandingkan nilai ujian Statistika antara 2 jurusan Sosiologi dan jurusan Psikologi.  Uji ini dikembangkan oleh H.B. Mann dan Dr. Whitney pada tahun 1947.

3  Merumuskan hipotesis.  Menentukan taraf signifikansi α = 0,05.  Menentukan kriteria pengujian : Ho ditolak jika nilai-p lebih kecil dari tingkat signifikansi α sedangkan Ho diterima jika nilai-p lebih besar dari tingkat signifikansi α.

4  Diinginkan untuk menentukan metode pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran yaitu metode A dan metode B. Jika metode A dikenakan pada kelompok 1 sedangkan metode B dikenakan pada kelompok 2.  Hasil belajar kedua kelompok tersebut dinyatakan dalam tabel berikut.  Metode manakah yang lebih baik diantara kedua metode tersebut ?

5

6  Hipotesis : H0 : Tidak terdapat perbedaan nilai tes antara kelompok 1 dan kelompok 2. H1 : Terdapat perbedaan nilai tes antara kelompok 1 dan kelompok 2.  Taraf signifikansi α = 0,05

7  Diperoleh nilai-p adalah 0,631 yaitu lebih besar dari tingkat signifikansi α = 5 % sehingga Ho diterima.  Berarti tidak terdapat perbedaan hasil tes kelompok 1 dan kelompok 2 atau kedua metode tidak ada yang lebih baik.

8  Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui perbedaan tingkat produktifitas karyawan di rungan ber-AC dengan karyawan yang ruangannya tidak ber-AC.  Untuk keperluan tersebut, diambil sampel sebanyak 15 karyawan PT. ANU.  Hasil penelitiannya dinyatakan dalam tabel berikut.  Apakah terdapat perbedaan tingkat produktifitas karyawan di ruangan ber-AC dengan karyawan di ruangan tidak ber-AC.

9

10  Data pada tabel berikut ini mengenai pengetahuan masyarakat desa dan kota mengenai flu burung sesudah diberi penyuluhan.  Apakah terdapat perbedaan pengetahuan masyarakat desa dan kota sesudah diberi penyuluhan ?

11

12  Uji T digunakan bila data berskala ordinal pada dua sampel yang saling berhubungan (related).  Dua sampel dikatakan berhubungan jika sampel pertama adalah sampel yang diperoleh sebelum perlakuan (treatment) sedangkan sampel yang lain diperoleh sesudah perlakuan.

13  Misalkan diinginkan untuk mengetahui efektifitas sebuah metode pembelajaran yang dikenakan pada sekelompok mahasiswa. Sekelompok mahasiswa tersebut dikenai 2 kali tes yaitu tes awal (prestest) dan tes akhir (posttest).  Apak diuji apakah hasil prestest dan hasil posttest sama atau tidak.  Uji ini diperkenalkan oleh Frank Wilcoxon pada tahun 1945.

14  Seorang guru ingin mengetahui efektifitas suatu metode pembelajaran. Untuk itu digunakan metode pembelajaran di kelasnya.  Sebelum pelajaran dimulai siswa diberi pretest dan sesudah pembelajaran siswa diberi posttest.  Hasil kedua tes tersebut dinyatakan pada tabel.  Apakah hasil kedua tes tersebut berbeda ?

15

16  Hipotesis : Ho : Tidak terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest. H1 : Terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest. Taraf signifikansi α = 0,05.

17  Diperoleh nilai-p adalah 0,142 sehingga Ho diterima berarti tidak terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest.  Hal itu berarti bahwa metode pembelajaran tersebut tidak efektif.

18  Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar sebelum dan sesudah ruang kuliah dipasang AC.  Untuk keperluan tersebut, diambil sampel sebanyak 15 mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh data pada tabel.  Apakah terdapat perbedaan motivasi belajar mahasiswa sebelum dan sesudah ruang kuliah dipasang AC.

19

20  Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui perbedaan perilaku konsumtif masyarakat kota X sebelum dan sesudah dibangun mall di kota X.  Berikut ini data mengenai perilaku konsumtif masyarakat kota X sebelum dan sesudah ada mall.  Apakah terdapat perbedaan perilaku konsumtif masyarakat kota X sebelum dan sesudah ada mall.

21

22  Uji ini digunakan untuk menguji hipotesis komparatif apabila data berskala ordinal pada lebih dari 2 sampel independen.  Langkah-langkahnya : 1. Menentukan hipotesis. 2. Menentukan tingkat signifikansi α. 3. Menentukan kriteria pengujian : H0 diterima bila nilai-p lebih besar dari tingkat signifikansi α sedangkan hipotesis H0 ditolak jika nilai-p lebih kecil dari tingkat signifikansi α.

23  Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui perbedaan motovasi belajar mahasiswa di 3 ruangan. Tiga ruangan tersebut memiliki 3 karakteristik. Ruang 1 adalah ruangan tanpa AC dan kpas angin. Ruang 2 dipasang kipas angin dan ruang 3 dipasang AC.  Untuk keperluan tersebut diambil sampel sebanyak 15mahasiswa. Hasil penelitiannya dinyatakan pada tabel.  Apakah terdapat perbedaan motivasi belajar mahasiswa yang kuliah di 3 ruangan tersebut ?

24

25  Diperoleh nilai-p adalah 0,535 sehingga Ho diterima berarti tidak terdapat perbedaan motivasi belajar pada ketiga ruang kuliah tersebut.

26  Penelitian dilakukan mengenai modal sosial siswa SMA jurusan IPA, IPS dan bahasa. Ingin dibandingkan kualitas modal sosial siswa pada 3 jurusan tersebut.  Sampel yang diambil adalah 5 siswa jurusan IPA, 6 siswa jurusan IPS dan 7 siswa jurusan bahasa. Hasilnya diperoleh pada tabel.  Akan diuji apakah ada perbedaan kualitas modal sosial antara siswa pada ketiga jurusan tersebut.

27

28  Uji ini digunakan untuk menguji hipotesis apabila datanya berskala ordinal untuk data lebih dari dua sampel berpasangan (related).  Langkah-langkahnya : 1. Menentukan hipotesis. 2. Menentukan tingkat signifikansi α. 3. Menentukan kriteria pengujian : H0 diterima bila nilai-p lebih besar dari tingkat signifikansi α sedangkan hipotesis H0 ditolak jika nilai-p lebih kecil dari tingkat signifikansi α.

29  Pada sebuah pelatihan Metode Penelitian dilakukan evaluasi dalam setiap sesi. Evaluasi hasil pelatiha dilakukan setiap hari selama pelatihan. Pelatihan dilakukan selama 3 hari.  Tabel berikut ini hasil evaluasi dalam pelatihan yang terdiri dari 5 peserta tersebut.  Apakah terdapat perbedaan nilai yang signifikan dari hasil evaluasi dalam pelatihan tersebut ?

30

31  Hasil tes menunjukkan bahwa nilai-p adalah 0,580 sehingga Ho diterima.  Hal itu berarti bahwa tidak terdapat perbedaan hasil tes untuk ketiga hasil tes tersebut.

32  Apabila data yang dimiliki mempunyai skala ordinal maka untuk mengukur hubungan antara 2 variabel dapat digunakan korelasi rank Spearman.  Nilai korelasi berada diantara -1 dan 1. Jika bernilai 0 maka berarti tidak ada hubungan antara kedua variabel sedangkan jika korelasi bernilai 1 maka terdapat hubungan kuat antara kedua variabel sedangkan jika bernilai -1 maka terdapat hubungan kuat negatif antara kedua variabel.

33  Kekuatan hubungan antara kedua variabel dinyatakan dalam nilai korelasi, biasanya digunakan arti kekuatan tersebut dalam beberapa kategori yang dinyatakan dalam tabel.

34  Untuk melakukan uji hipotesis yang berkenaan dengan korelasi bila datanya berskala ordinal maka digunakan langkah- langkah berikut ini : 1. Menentukan hipotesis. 2. Menentukan tingkat signifikansi α. 3. Jika nilai-p lebih kecil dari tingkat signifikansi maka Ho ditolak sedangkan jika nilai-p lebih besar dari tingkat signifikansi maka Ho diterima.

35  Berikut ini adalah data tentang hubungan antara X yaitu nilai UTS (Ujian Tengah Semester) dengan Y yaitu nilai UAS (Ujian Akhir Semester) dari 12 responden yang dinyatakan pada tabel.  Akan diuji hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan positif antara nilai UTS dan UAS.

36

37  Diperoleh nilai-p adalah 0,575 sehingga Ho diterima berarti tidak terdapat hubungan positif antara variabel X dan Y atau antara nilai UAS dan UTS.

38  Seorang peneliti mengadakan penelitian tentang hubungan antara persepsi mengenai rokok dengan sikap terhadap fatwa pengharaman rokok.  Data yang berhasil dikumpulkan dinyatakan dalam tabel.  Gunakan uji korelasi rank Kendall maupun uji korelasi rank Spearman untuk mengecek apakan ada hubungan yang signifikan antara persepsi mengenai rokok dengan sikap terhadap fatwa pengaharaman rokok.

39

40  Hubungan antara dua variabel yang dinyatakan dalam data yang berskala ordinal dapat dinyatakan dalam koefisien korelasi rank Kendall atau koefisien korelasi rank Kendall.  Arti dari koefisien korelasi Kendall dapat diinterpretasikan analog dengan koefisien korelasi rank Spearman.

41  Penelitian dilakukan untuk mengetahui sikap masyarakat terhadap kenaikan harga BBM. Variabel yang dioperasionalkan dalam penelitian ini adalah kelas sosial (x) dengan sikap terhadap kenaikan harga BBM (y).  Hipotesis yang ingin diuji adalah tidak terdapat hubungan antara kelas sosial dengan sikap terhadap kenaikan harga BBM melawan hipotesis alternatif yaitu terdapat hubungan.

42

43  Diperoleh nilai-p adalah 0,578 sehingga Ho diterima.  Hal itu berarti bahwa tidak terdapat hubungan antara kelas sosial dengan sikap terhadap kenaikan harga BBM.

44  Penelitian dilakukan untuk mencari apakah ada hubungan antara latar belakang kelas sosial mahasiswa dengan prestasi akademik mahasiswa.  Data yang terkumpul dinyatakan dalam tabel.  Apakah semakin tinggi kelas sosial mahasiswa akan semakin tinggi prestasi akademik mahasiswa ?

45

46  Ingin dicek apakah terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkada.  Data penelitian dinyatakan pada tabel.  Apakah ada hubungan antara tingkat pendidikan dengan tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkada ?

47

48


Download ppt " Uji Mann Whitney atau uji U digunakan untuk menguji hipotesis komparatif bila datanya berskala ordinal pada sampel indepneden.  Dua sampel dikatakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google