Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Latar belakang Penelitian Dugaan Awal Rumusan masalah 1. Apakah pengertian dan fungsi hipotesis? 2. Kekeliruan apakah yang terjadi dalam pengujian hipotesis?

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Latar belakang Penelitian Dugaan Awal Rumusan masalah 1. Apakah pengertian dan fungsi hipotesis? 2. Kekeliruan apakah yang terjadi dalam pengujian hipotesis?"— Transcript presentasi:

1

2 Latar belakang Penelitian Dugaan Awal Rumusan masalah 1. Apakah pengertian dan fungsi hipotesis? 2. Kekeliruan apakah yang terjadi dalam pengujian hipotesis? 3. Bagaimanakah langkah-langkah pengujian hipotesis sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan? 4. Apa saja Jenis-jenis pengujian hipotesis dan bagaimana cara mengujinya? Merumuskan Dugaan Jawaban Sementara (Hipotesis)

3 1. Pengertian Dan Fungsi Hipotesis Hipotesis berasal dari Yunani, yang dibagi menjadi dua suku kata, yaitu ”hupo” (sementara) dan ”thesis (pernyataan atau teori), Fungsi Hipotesis untuk menguji kebenaran suatu teori memberikan gagasan baru untuk mengembangkan suatu teori dan memperluas pengetahuan peneliti mengenai suatu gejala yang sedang dipelajari

4 2. Kekeliruan yang terjadi dalam Hipotesis Kekeliruan tipe I : menolak hipotesis yang seharusnya diterima. ( α ) Kekeliruan tipe II : menerima hipotesis yang seharusnya di tolak. ( β ) Ketika merencanakan suatu penelitian dalam rangka pengujian hipotesis, jelas kiranya bahwa kedua tipe kekeliruan itu harus dibuat sekecil mungkin. Agar penelitian dapat dilakukan maka kedua tipe kekeliruan itu kita nyatakan dalam peluang. Peluang membuat kekeliruan tipe I biasa dinyatakan dengan dan peluang membuat kekeliruan tipe II dinyatakan dengan.

5 3. Jenis – jenis Pengujian Hipotesis 1. Pengujian hipotesis deskriptif Contoh : 5% warga Kota Malang positif terkena HIV AIDS, 40% orangtua siswa SMA Negeri 8 Malang adalah pedagang, dll 2. Pengujian hipotesis komparatif Contoh: ada perbedaan kemampuan memahami konsep matematika antara lulusan pondok pesantren X dengan lulusan SMA X, terdapat perbedaan yang nyata antara kedua daerah terhadap pemilihan calon gubernur Joko Widodo, dll 3. Pengujian hipotesis asosiatif Contoh: ada pengaruh penerapan pendekatan problem posing dengan pendekatan ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada materi sisi lengkung, ada hubungan antara tingkat kerajinan mahasiswa dengan nilai yang diperoleh, dll.

6 4. Langkah-langkah Pengujian Hipotesis Pengujian hipotesis 1 1 Menentukan taraf nyata Menentukan kriteria pengujian Menentukan nilai uji statistik Membuat kesimpulan a.Hipotesis penelitian b.Hipotesis operasional c.Hipotesis statistik

7 5. Cara Menguji Hipotesis a. Menguji Hipotesis rata-rata b. Menguji Hipotesis proporsi  c. Menguji Hipotesis varians  2

8 Menguji hipotesis rata-rata Uji dua pihak Uji satu pihak Uji pihak kanan Uji pihak kiri

9 Dua kasus  diketahui Uji Z  tidak diketahui Uji t

10 Uji dua pihak Menguji Hipotesis proporsi  Uji satu pihak Keterangan :  = proporsi suatu kejadian  0 = nilai proporsi yang sudah diketahui x/n = proporsi sampel n = banyak sampel

11

12 Contoh soal Pengusaha lampu pijar A mengatakan bahwa lampunya bisa tahan pakai sekitar 800 jam. Akhir – akhir ini timbul dugaan bahwa masa pakai lampu itu telah berubah. Untuk menentukan hal ini, dilakukan penelitian dengan jalan menguji 50 lampu. Ternyata rata-ratanya 792 jam. Dari pengalaman, diketahui bahwa simpangan baku masa hidup lampu 60 jam. Selidikilah dengan taraf nyata 0,05 apakah kualitas lampu itu sudah berubah atau belum? Jawab: Hipotesis penelitian adalah “kualitas lampu mengalami perubahan” Hipotesis statistik : Ho : = 800 jam, berarti lampu itu masa pakainya sekitar 800 jam H1 : ≠ 800 jam, berarti kualitas lampu telah berubah dan bukan 800 jam lagi. Taraf nyata : 0,05 Kriteria pengujian : uji dua pihak, dengan daerah z hitung terletak antara -1,96 dan 1,96 Nilai uji statistik, menggunakan statistik z :

13 z hitung = -0,94. Karena z hitung berada di daerah penerimaan H0, maka H0 diterima. Kesimpulan : dengan menggunakan taraf nyata 0,05, penelitian memperlihatkan bahwa memang masa pakai lampu masih sekitar 800 jam dengan kata lain kualitas lampu belum berubah. -1,961,96

14 KESIMPULAN  Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya.  Fungsi Hipotesis adalah untuk menguji kebenaran suatu teori, memberikan gagasan baru untuk mengembangkan suatu teori dan memperluas pengetahuan peneliti mengenai suatu gejala yang sedang dipelajari.  Jenis-jenis pengujian hipotesis berdasarkan permasalahan yang terjadi adalah pengujian hipotesis deskriptif, komparatif dan asosiatif.  Langkah-langkah pengujian hipotesis adalah pertama merumuskan hipotesis kemudian menentukan taraf nyata, menentukan kriteria pengujian, menentukan nilai uji statistik, dan terakhir membuat kesimpulan.  Cara menguji hipotesis rata-rata yang parameter simpangan baku diketahui menggunakan uji statistik z, sedangkan untuk simpangan baku tidak diketahui menggunakan uji statistik t. Cara menguji hipotesis proporsi menggunakan uji statistik z. Sedangkan cara menguji hipotesis varians menggunakan uji statistik chi- kuadrat (X 2 ).

15 SARAN Bagi pembaca agar memahami benar apa permasalahan yang terjadi dan teori pendukung sebagai langkah untuk menentukan solusi yang nantinya akan terangkum dalam sebuah jawaban sementara atau sering disebut dengan hipotesis. Penentuan taraf signifikan sangat dipengaruhi oleh tingkat keberanian peneliti dalam menguji hipotesis dan memiliki pengaruh yang besar terhadap daerah penerimaan dan daerah penolakan hipotesis sehingga penting untuk di pikirkan matang-matang sebelum menggunakannya. Bagi pembaca agar memahami benar hipotesis penelitian (hipotesis kerja) yang digunakan dan menggunakan bahasa yang mudah untuk dioperasionalisasikan sehingga dapat dibuat hipotesis statistiknya. Bagi pembaca agar memperhatikan uji statistik yang digunakan, uji statistik yang tepat akan menghasilkan kesimpulan yang tepat.

16

17


Download ppt "Latar belakang Penelitian Dugaan Awal Rumusan masalah 1. Apakah pengertian dan fungsi hipotesis? 2. Kekeliruan apakah yang terjadi dalam pengujian hipotesis?"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google