Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

11/24/2014 Oleh : Drs. H. Mulya Hudori, M.Pd Kabag Tata Usaha Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Hotel Raffles City 16 Mei 2014 Disampaikan Dalam Orientasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "11/24/2014 Oleh : Drs. H. Mulya Hudori, M.Pd Kabag Tata Usaha Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Hotel Raffles City 16 Mei 2014 Disampaikan Dalam Orientasi."— Transcript presentasi:

1 11/24/2014 Oleh : Drs. H. Mulya Hudori, M.Pd Kabag Tata Usaha Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Hotel Raffles City 16 Mei 2014 Disampaikan Dalam Orientasi Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Hindu Tahun 2014

2 Nama: Drs. H. Mulya Hudori, M.Pd Tgl Lahir: Bandung, 5 Nopember 1963 Pangkat/Gol: Pembina Tk 1 / IV/b Pendididikan : 1. S.1: IAIN Bandung tahun S.2 : Universitas Bengkulu Tahun 2007 Riwayat Pekerjaan : 1. Kepala MA Al-Hidayah – IPUH tahun Kepala MAN IPUH Kepala MAN Arga Makmur Kepala MAN 2 Padang Kemiling Kepala Seksi Penyuluhan Haji dan Umroh pada Bidang Hazawa Kanwil Kemenag tahun Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lebong ( ) 7. Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu (2013- Sekarang)

3 Visi Kementerian Agama Provinsi Bengkulu

4 Meningkatkan Kualitas Kehidupan Beragama Meningkatkan Kualitas Kerukunan Umat Beragama Meningkatkan Kualitas Raudhatul Athfal Madrasah, Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Ibadah Haji,. Mewujudkan Tata Kelola Kepemerintahan yang Bersih dan berwibawa Lima Misi Kementerian Agama

5

6 Kondisi Ekonomi Saat Ini ?? - Harga BBM Terus Melambung Tinggi - Harga Beras Ikut Naik - Transportasi Ikut Naik - Harga Daging Ikut Naik - Semuanya Menjadi Mahal - Beban kebutuhan hidup Semakin Lama Semakin Berat ?????

7 Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2008, lebih dari 35 juta, sekitar 17 persen, penduduk Indonesia tergolong miskin atau berpenghasilan kecil Bagaimana Dengan Tahun 2014 ?? Makin Miskin / Makin Kaya ?? 7 Kondisi Ekonomi Saat Ini ??

8 Ekonomi memegang peranan yang penting dalam membangun masyarakat untuk menuju masyarakat yang adil dan sejahtera. Hal yang perlu diperhatikan oleh kita semua adalah membangkitkan ekonomi ummat. 8 Pengantar

9 Kerusuhan dan kekerasan yang terjadi selama ini salah satunya disebabkan adanya kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial dapat diartikan sebagai pemisah (gap) yang makin runcing antara si miskin dan si kaya.

10 “Upaya penguatan ekonomi umat adalah upaya pengembangan sumber daya manusia,”

11

12 12 Dakwah dalam menerapkan konsep ini bisa menumbuhkan kemampuan mandiri untuk meyakinkan bahwa sebenarnya manusia memiliki kemampuan untuk lepas dari kemiskinan, karena metode dakwah lebih fleksibel yang bergerak dari sisi spiritualitas dan doktrin agama

13 2. Mengubah Idiologi Umat Mengubah idiologi konsumtif Umat menjadi idiologi produktif, penuh semangat dan berpola pada kemandirian. Upaya penegakkan masyarakat untuk orang kecil dilaksanakan dengan watak dari spiritualitas dan produktifitas yang tinggi.

14 14 3. Memanfaatkan Teknologi Mengembangkan teknologi dan pemanfaatannya termasuk pengembangan keterampilan dan pengetahuan sebagai upaya pemberian kail dan cara penggunaan kail.

15 Membangun Kerjasama Dengan Lembaga Keuangan Contoh : Islam dengan Bank Syariah Hindu ??? 4. Kerjasama Keuangan

16 Dalam agama Hindu, sejak zaman dahulu telah dikenal konsepsi tentang tujuan manusia yang diklasifikasikan menjadi empat, yakni Dharma, Artha, Kama, Moksha, yang berarti Kebenaran, Kekayaan, Kesenangan Duniawi, dan Kebebasan Hakiki (Sudharta dan Punyatmadja, 2001) Agama Hindu ??

17 17 Dari tujuan kehidupan manusia ini dapat dipahami bahwa terdapat keseimbangan antara tujuan ideal dan material, yakni moksa berdimensi ideal, sedangkan kama dan artha berdimensi material. Sementara itu, Dharma dalam pengertian lebih luas bukan hanya berarti Kebenaran, namun juga Kewajiban. Kewajiban tiap manusia terhadap manusia lain, terhadap leluhur, masyarakat, dan ketertiban dunia. Dharma adalah hukum dalam arti yang seluas- luasnya – spiritual, moral, etis, dan temporal.

18 Agama bukan hanya mengikat individu dengan yang ilahi, melainkan juga manusia yang satu dengan yang lainnya sehingga agama memang berimpit dengan kehidupan sosial. 11/24/2014 Kesimpulan

19 Agama mencerahi kehidupan manusia dalam bidang ekonomi terutama dalam mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan. Di samping agama memberikan landasan moral bagi aktivitas dalam bidang ekonomi, juga tujuan bidang kehidupan agama dan ekonomi sama-sama mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin yang dalam agama Hindu disebut jagadhita.

20  KITAB SUCI SEBAGAI PEDOMAN HIDUP UMAT  KALAU KITA AMALKAN MENDAPAT NIKMAT  JANJI ALLAH MEMBERI RAHMAT  DUNIA AKHIRAT MENJADI SELAMAT  BUKAN KETELA TETAPI KELADI  BUKAN KAIN TETAPI BAHAN  DIDUNIA INI TIDAK ADA YANG ABADI  YANG ABADI ADALAH PERUBAHAN

21 L agi jalan sambil ketawa. Gak taunya ditimpuk batu. Terimakasih atas perhatiannya. Semoga Bapak/Ibu sukses selalu. Sekian dan Terimakasih


Download ppt "11/24/2014 Oleh : Drs. H. Mulya Hudori, M.Pd Kabag Tata Usaha Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Hotel Raffles City 16 Mei 2014 Disampaikan Dalam Orientasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google