Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

POLIMER. Pengenalan crew Awalaizal S J Dejan A S Fajar P Ghiriy N P Ikhwan J P Joko I M Taufik A Riki R.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "POLIMER. Pengenalan crew Awalaizal S J Dejan A S Fajar P Ghiriy N P Ikhwan J P Joko I M Taufik A Riki R."— Transcript presentasi:

1 POLIMER

2 Pengenalan crew Awalaizal S J Dejan A S Fajar P Ghiriy N P Ikhwan J P Joko I M Taufik A Riki R

3 Daftar Isi Penertian Polimer Macam-macam Polimer Rumus Polimer Kegunaan dan Contoh Polimer Dampak dan Bahaya Polimer

4 Perngertian Polimer Polimer merupakan molekul raksasa (makromolekul) yang merupakan gabungan dari monomer - monomer. polimer mempunyai massa molekul relatif yang sangat besar, yaitu sekitar kali berat molekul unit ulangnya. istilah polimer berasal dari bahasa yunani, polys = banyak dan meros = bagian, yang berarti banyak bagian atau banyak monomer.

5 Macam-macam Polimer  Menurut reaksi pembentukannya.  Menurut asalnya.  Menurut jenis monomernya.  Menurut sifatnya terhadap panas.

6 Macam-macam polimer menurut reaksi pembentukannya Polimer dari reaksi adisi yaitu polimer yang terbentuk dari reaksi polimerisasi adisi (penggabungan molekul-molekul yang berikatan rangkap membentuk rantai molekul yang panjang (polimer) contoh polimernya seperti polietena yang berasal dari etena. Polimer dari reaksi Kondensasi yaitu polimer yang terbentuk dari reaksi kondensasi contohnya adalah pembentukan nilon dari asam adipat dan heksametilendiami.

7 Macam-macam polimer menurut asalnya Polimer Alam merupakan macam polimer yang tersedia di alam dan terbentuk secara alami tanpa rekayasa oleh manusia. contoh polimer alam: Karet alam (poliiisoprena), protein, glikogen, asam nukleat, dan masih banyak lagi. Polimer MonomerPolimerisasiSumber/terdapatnya ProteinAsam amino KondensasiWol, sutera Karet alamIsoprenaAdisiGetah pohon karet SelulosaGlukosa KondensasiKayu(tumbuhan) AmilumGlukosa KondensasiBeras, gandum Asam nukleatNukleotida KondensasiDNA, RNA

8 Macam-macam polimer menurut asalnya Polimer Sintesis polimer buatan dibuat sebagai tiruan. Polimer sintetis meliputi plastik, karet sintetis, dan serat sintetis.Contohnya plastik polietilena, PVC, polipropilena, teflon, karet neoprena, karet SBR, nilon, dan tetoron. PolimerMonomerPolimerisasiSumber/terdapatnya PolietilenaEtena AdisiPlastik PVCVinilklorida AdisiPelapis lantai, pipa PolipropilenaPropena Adisi(Tali,karung,botol )plastik TeflonTetraflouroetilena AdisiGasket,panci anti lengket

9 Macam-macam polimer menurut jenis monomernya Homopolimer (polimer yang terbentuk dari monomer sejenis). Rumus polimernya (─ A ─ A ─ A ─ A ─ A ─ A ─ A ─ A ─ A ─ A ─ A ─ A ─)n contoh homopolimer :polietilen, polipropilen, teflon, PVC, poliisoprena (karet alam), amilum dan selulosa. Kopolimer (polimer yang terbentuk dari monomer tak sejenis) Rumus polimernya (─ A ─ B ─ B ─ A ─ B ─ A ─ B ─ A ─ B ─ B ─ A ─ A ─) Contoh kopolimernilon 66, dakron dan bakelit.

10 Macam-macam polimer menurut sifatnya terhadap panas Polimer Termoplas Merupakan polimer tidak tahan terhadap pemanasan, mudah meleleh jika dipanaskan, dan dapat recycle atau bisa didaur ulang. Contohnya : polietilen, PVC, polipropilen, dan polistirena. Polimer Termoset Lawan dari polimer termoplastik, polimer termosetting sifatnya tahan terhadap pemanasan, tidak melunak jika dipanaskan, dan tidak dapat didaur ulang. Polimer ini terdiri dari molekul rantai lurus dengan ikatan yang kuat antarsesamanya. Contohnya : bakelit atau fenol-formaldehida yang biasanya digunakan sebagai plastik untuk alat-alat listrik, urea- formaldehida dan melaminformaldehida.

11 Rumus polimer Homopolimer Rumus polimernya (─ A ─ A ─ A ─ A ─ A ─ A ─ A ─ A ─ A ─ A ─ A ─ A ─)n Pada polimer adisi homopolimer, ikatan rangkapnya terbuka lalu berikatan membentuk polimer yang berikatan tunggal. Kopolimer Rumus polimernya (─ A ─ B ─ B ─ A ─ B ─ A ─ B ─ A ─ B ─ B ─ A ─ A ─) proses pembentukan polimer yang digunakan katalis, struktur molekul yang terbentuk akan beraturan

12 Kegunaan dan contoh polimer Plastik Polietilentereftalat (PET)

13 Kegunaan dan contoh polimer Plastik Polietena/Polietilena (PE)

14 Kegunaan dan contoh polimer Polivinil Klorida (PVC)

15 Kegunaan dan contoh polimer Plastik Nilon

16 Kegunaan dan contoh polimer Karet Sintetik

17 Kegunaan dan contoh polimer Wol

18 Kegunaan dan contoh polimer Kapas

19 Dampak dan bahaya polimer Dalam kehidupan sehari-hari plastik cukup membantu kehidupan manusia. Akan tetapi, plastik juga menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan manusia dan terhadap lingkungan. Contoh : penumpukan sampah plastik, Susahnya penguraian sampah pelastik, dll.

20 Terima kasih atas perhatiannya Bila belum mengerti bisa rada di Menerima Mendoakan yang Dan tidak


Download ppt "POLIMER. Pengenalan crew Awalaizal S J Dejan A S Fajar P Ghiriy N P Ikhwan J P Joko I M Taufik A Riki R."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google