Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JENIS-JENIS MUSIK KOMPETENSI Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis musik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JENIS-JENIS MUSIK KOMPETENSI Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis musik."— Transcript presentasi:

1 JENIS-JENIS MUSIK KOMPETENSI Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis musik

2 JENIS-JENIS MUSIK A. MUSIK KLASIK B. MUSIK POPULER C. MUSIK KERONCONG

3  MUSIK KLASIK Musik yang berasal dan berkembang di negara barat (Eropa) pada abad pertengahan setelah masehi. Musik klasik berarti sesuatu yang serius/gaya musik yang berlawanan dengan musik populer (RANDEL, 1986).

4  Para ahli sejarah musik berpendapat bahwa pada abad pertengahan di Eropa ( ) adalah awal dari semua kegiatan musik yang ada hingga sekarang.  Musik klasik yang asalnya memang dari benua Eropa sering disebut musik Barat.  Musik klasik ini dapat dikelompokkan dalam masa waktu tertentu.

5 Periodisasi Musik Klasik 1. Periode Abad Pertengahan (Middle Ages)- Tahun Periode Reneisan (Renaissance) -Tahun Peiode Barok (Baroque)- Tahun Periode Klasik (Classical) - Tahun Periode Romantik (Romantic) -Tahun

6 Periode Abad Pertengahan ( ) Pendidikan musik yang ada pada waktu itu dimaksudkan untuk pendidikan musik gereja, dan untuk keperluan beribadah. Karya musik pada masa ini adalah musik vokal yang kebanyakan diciptakan untuk soloist/ penyanyi tunggal yang diiringi dengan orgen. Tokoh musik (kompuser) yang terkenal pada periode ini adalah PEROTIN dengan karyanya Alleluya Nativitas.

7 Periode Reneisan/Renaissance ( )  Pada periode ini di Eropa dikenal dengan julukan reneisan, yang artinya lahir kembali.  Musik pada waktu itu masih tetap untuk kegiatan ibadah di gereja. Karya musik pada masa ini adalah musik vokal yang diciptakan untuk koor (paduan suara). Pada saat ini hanya laki2 yang boleh bernyanyi untuk paduan suara di gereja.  Perlahan-lahan kegiatan musik mulai diadakan di luar gereja.

8 Periode Barok ( )  Karakteristik musik pada masa ini adalah banyaknya ornamen-ornamen atau hiasan pada susunan nada-nadanya dan penggunaan dinamik yang sangat kontras.  Misalnya, untuk mewakili satu kata dalam teks lagu sipencipta membuat beberapa nada.  Pada saat ini pula mulai menciptakan musik untuk suatu pertunjukan, seperti musik untuk nyanyian dan tarian.

9 Periode Klasik ( )  Musik pada masa ini lebih dominan pada nada-nada yang sederhana, lincah, riang, dan gembira.  Para komposer pada saat ini mulai mencipta berbagai bentuk lagu.  Di Indonesia, pengaruh musik klasik memberi inspirasi pada beberapa komponis untuk mencipta karya musik

10 Periode Romantik ( )  Awal tahun 1900 kehidupan manusia diwarnai dengan romantisme, ditandai dengan pergerakan kebudayaan yang menekankan kepada emosi, imajinasi dan individualisme.  Karya musik pada masa ini masih meneruskan gaya musik pada masa klasik. Para pencipta lebih menekankan pada kepentingan ekspresi individu mereka.

11  MUSIK POPULER  Musik populer atau lebih dikenal dengan musik pop mulai berkembang pada abad 20, dan musik ini banyak orang yang memberi arti musik pop masa kini.  Segala jenis musik yang sedang berkembang sejajar dengan perkembangan media audio- visual (Mack. D.).  Pada saat ini, karya musik dengan gaya baru, yang disebut populer, modern atau kontemporer mulai bermunculan.

12  Jenis musik pop ini memiliki karakter yang sederhana, tidak terlalu panjang, dan menjadikan suatu karya musik yang enak didengar dan sangat menghibur.  Di Indonesia musik pop dapat diterima oleh masyarakat sebagai musik hiburan.

13 Jenis-jenis Musik Populer  Jenis Aliran Musik Jazz  Jenis Musik Rock

14 Musik Jazz  Musik jazz mulai berkembang di Amerika pada awal kurang lebih tahun 1900 dan didominasi oleh orang kulit hitam yang mengadakan pertunjukan di jalanan dan di bar-bar.  Karakter musik jazz adalah improvisasi, ritmik yang tetap.

15 Musik Rock  Pada pertengahan tahun 1950 mulai terlihat perkembangan baru dalam musik pop, yaitu yang pertama-tama disebut rock’n rooll, yang kemudian disingkat menjadi musik rock.  Karakteristi musik rock adalah iramanya yang menghentak-hentak, cenderung berupa musik vokal, penggunaan gitar elektrik dan penggunaan pengeras suara.

16  MUSIK KERONCONG  Di antara jenis musik yang ada di Indonesia, musik keroncong merupakan musik asli Indonesia. Gaya vokal pada musik keroncong banyak ornamen- ornamen atau hiasan-hiasan.  Sejarah musik keroncong dimulai sejak datangnya kapal-kapal Portugis yang datang di kepulauan Indonesia sebelum abad XVI untuk mengadakan perdagangan, yang akhirnya meninggalkan bekas dengan adanya keturunan mereka yang disebut Indo Portugis atau Portugis hitam. Musik yang dibanggakan oleh keturunan Portugis inilah yang disebut keroncong (Harmunah, 1987).

17 TERIMA KASIH


Download ppt "JENIS-JENIS MUSIK KOMPETENSI Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis musik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google