Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Fungsi Pengorganisasian Manajemen Sekolah Fungsi Pengorganisasian Merupakan aktivitas menyusun dan membentuk hubungan kerja antara orang- orang sehingga.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Fungsi Pengorganisasian Manajemen Sekolah Fungsi Pengorganisasian Merupakan aktivitas menyusun dan membentuk hubungan kerja antara orang- orang sehingga."— Transcript presentasi:

1

2 Fungsi Pengorganisasian Manajemen Sekolah

3 Fungsi Pengorganisasian Merupakan aktivitas menyusun dan membentuk hubungan kerja antara orang- orang sehingga terwujud suatu kesatuan usaha dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

4 Lanjutan… Dalam perngorganisasian terjadi pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab secara rinci menurut bidang dan keahlian sehingga tercipta hubungan yang harmonis.

5 Hal yang perlu diperhatikan Dalam perorganisasian ketika pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab hendaknya disesuaikan dengan bidang ilmu, pengalaman, pengetahuan, serta kepribadian masing-masing orang yang diberi tugas.

6 Ciri Organisasi yang Baik Memiliki tujuan yang jelas Memiliki tujuan yang jelas Tiap anggota dapat memahami dan menerima tujuan tsb. Tiap anggota dapat memahami dan menerima tujuan tsb. Adanya kesatuan arah yang menjadi petunjuk kesatuan tindakan dan pikiran. Adanya kesatuan arah yang menjadi petunjuk kesatuan tindakan dan pikiran. Adanya kesatuan perintah (unity of command). Adanya kesatuan perintah (unity of command).

7 Lanjutan… Adanya keseimbangan antara wewenang dan tanggung jawab masing-masing anggota. Pola organisasi hendaknya relatif permanen & struktur organisasi disusun sesederhan mungkin. Pembagian tugas yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian

8 Lanjutan… Adanya jaminan keamanan dalam bekerja Adanya gaji/insentif yang sesuai dengan beban kerja. Garis kekuasaan dan tanggung jawab serta hirarki tata kerja yang jelas tergambar dalam struktur organisasi.

9 Fungsi Pengkoordinasian Kegunaan pengkoordinasian adalah untuk menghindari kemungkinan terjadinya persaingan yang tidak sehat dalam tindakan.

10 Apa Koordinasi? Koordinasi adalah aktivitas membawa orang- orang, material, pikiran, teknik, dan tujuan ke dalam hubungan yang harmonis dalam produktif dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

11 Hal-Hal yang perlu diperhatikan Jika organisasi sudah terlalu besar koordinasi menjadi tidak efektif, karena muncul masalah birokrasi Jika organisasi sudah terlalu besar koordinasi menjadi tidak efektif, karena muncul masalah birokrasi solusinya adalah kolaborasi. solusinya adalah kolaborasi.

12 Lanjutan… Pengkoordinasian mengandung makna menjaga agar tugas yang telah dibagikan tidak dikerjakan menurut kehendak sendiri, tetapi harus menurut aturan yang telah ditentukan sehingga pencapaian tujuan dapat terjamin.

13 Pendapat The Liang Gie  Pengkoordinasian merupakan rangkaian aktivitas menghubungkan, menyatupadukan, dan menyelaraskan orang-orang dan pekerjaannya sehingga semuanya berlangsung secara tertib dan seirama menuju kearah tercapainya tujuan tanpa kekacauan, percekcokan, kekembaran kerja, atau kekosongan kerja.

14 Jadi... Koordinasi harus menghasilkan penyatuan dari tiap bagian maupun personal dalam keseluruhan agar ada sinkronisasi yang baik, sesgala sesuatu berjalan menurut rencana dan pencapaian tujuan tepat pada waktunya.

15 Lanjutan… Pentingkah koordinasi dalam pendidikan ?

16 Koordinasi dalam Pendidikan Mempersatukan rangkaian aktivitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran dengan menghubungkan, menyatupadukan dan menyelaraskan orang-orang dan pekerjaannya sehingga semuanya berlangsung secara tertib ke arah tercapainya tujuan.

17 Oleh karena itu... Pengkoordinasian mutlak diperlukan dalam organisasi pendidikan. Pengkoordinasian mutlak diperlukan dalam organisasi pendidikan. Karena dalam org pend ada pembagian kerja yang substansi, yaitu pekerjaan mendidik, pekerjaan manajemen pada satuan pend, dan manajemen pembelajaran. Karena dalam org pend ada pembagian kerja yang substansi, yaitu pekerjaan mendidik, pekerjaan manajemen pada satuan pend, dan manajemen pembelajaran.

18 Bagaimana dengan peran kepala sekolah dalam fungsi koordinasi? Menjadi sangat penting. Koordinasi yang baik memiliki syarat: –Pembagian kerja yang jelas; –Membangun semangat kerja sama yang sehat; –Tersedianya fasilitas kerja dan hubungan yang lancar bagi semua pihak; –Memuai suatu tahapan kegiaatan dengan benar & memeprtahankan kualitas.

19 Cara Mewujudkan Koordinasi Adakan rapat pleno/konfrensi/pertemuan lengkap yang mewakili seluruh unit kerja Adakan pertemuan berkala untuk pejabat-pejabat tertentu Bentuk panitia jika diperlukan Bentuk badan koordinasi staf jika org tsb besar Adakan wawancara pada bawahan Buat instruksi berantai, dan Buat tata kerja dan pedoman kerja yang jelas.

20 Yowis…

21 Fungsi Actuating (Menggerakkan)  Menurut Terry actuating artinya bahwa tugas kepala sekolah harus merangsang anggota kelompok untuk melaksanakan tugas- tugasnya dengan penuh antusias.

22 Actuating Menurut Keith Davis Kemampuan pemimpin membujuk orang-orang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan penuh semangat. Kemampuan pemimpin membujuk orang-orang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan penuh semangat. Jadi actuating merupakan tugas utama kepala sekolah untuk mengajak guru dan staf melaksanakan peran dan tugasnya dengan baik. Jadi actuating merupakan tugas utama kepala sekolah untuk mengajak guru dan staf melaksanakan peran dan tugasnya dengan baik.

23 Fungsi Komunikasi Komunikasi berfungsi untuk menyebarkan, menyampaikan gagasan, ide-ide, pikiran, dll ke seluruh struktur organisasi secara lisan maupun tertulis.

24 Pentingnya Motivasi dalam Komunikasi Komunikasi hendaknya memperhatikan: –Adanyan keinginginan untuk berhasil; –Kejelasan tindakan yang harus diambil; –Keyakinan bahwa perubahan yang diaunjurkan akan membawa hasil positif; –Keyakinan akan adanya kesempatan yang sama bagi semua anggota;

25 Lanjutan… –Keyakinan akan adanya kesempatan yang sama bagi semua anggota; –Keinginan akan adanya kebebasan untuk menentukan, menolak, ataupun menerima apa yang dianjurkan; –Adanya tendensi untuk menilai (berdasarkan moral & etika) terhadap apa yang dianjurkan sebelum melaksanakan anjuran tsb.

26 Lanjutan…


Download ppt "Fungsi Pengorganisasian Manajemen Sekolah Fungsi Pengorganisasian Merupakan aktivitas menyusun dan membentuk hubungan kerja antara orang- orang sehingga."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google