Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN PENDIDIKAN 2 SKS / KIP 122 Pengertian dan Pentingnya Manajemen  Manajemen berasal dari kata to manage artinya mengatur. Pengaturan dilakukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN PENDIDIKAN 2 SKS / KIP 122 Pengertian dan Pentingnya Manajemen  Manajemen berasal dari kata to manage artinya mengatur. Pengaturan dilakukan."— Transcript presentasi:

1

2 MANAJEMEN PENDIDIKAN 2 SKS / KIP 122

3 Pengertian dan Pentingnya Manajemen  Manajemen berasal dari kata to manage artinya mengatur. Pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan fungsi manajemen untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan.

4 Muncul Pertanyaan AApa yang diatur? Semua unsur manajemen yang terdiri dari men, money, methods, materials, machines, & market (6M)

5 Lanjutan… Kenapa harus diatur?  Agar 6M lebih berdaya guna, berhasil guna, terintegrasi, dan terkoordinasi dalam mencapai tujuan yang optimal.

6 Siapa yang mengatur? SSeorang pemimpin dengan wewenang kepemimpinannya melalui instruksi atau persuasi sehingga 6M dan semua proses manajemen tertuju pada tujuan yang diinginkan.

7 Lanjutan… BBagaimana mengaturnya? Melalui proses dari urutan fungsi manajeman yaitu planning, organizing, directing, budgeting, implementing, controling, evaluating, and communicating.

8 Dimana harus diatur?  Dalam suatu organisasi, karena organisasi merupakan wadah/tempat untuk mengatur 6M dan semua aktivitas proses manajemen dalam rangka pencapaian tujuan. Manajemen Sekolah

9 Pengertian Manajemen G.R. Terry –Manajemen adalah suatu proses yang khas terdiri dari tindakan perencanaan, pengorgaqnisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan melalui pemanfaatan SDM dan sumber lainnya.

10 Lanjutan… MManajemen secara umum berhubungan dengan aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penempatan, pengarahan, pemotivasian,komunikasi dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai sumberdaya yang dimiliki sehingga menghasilkan produk/jasa secara efisien.

11 Mengapa Manajemen itu Penting? Beban kerja di org merupakan pekerjaan berat sehingga tidak dapat dikerjakan sendiri, maka diperlukan pembagian kerja, tugas, dan tanggung jawab. Akan meningkatkan daya guna dan hasil guna potensi yang dimiliki org.

12 Lanjutan… Akan mengurangi pemborosan Untuk mewujudkan dan memanfaatkan 6M dalam proses manajemen Untuk kemajuan dan pertumbuhan organisasi. Untuk pencapaian tujuan yang diharapkan Sebagai pedoman dalam mewujudkan pikiran dan tindakan. Untuk mengatur kerjasama dalam organisasi.

13 Azas Manajemen (Henry Fayol) Division of work ( azas pembagian kerja) Authority & responsibility (azas wewenng dan tanggung jawab) Discipline (azas disiplin) Unity of command (azas kesatuan perintah)

14 Lanjutan…  Unity of direction (asas kesatuan arah)  Subordination of individual interest into general interest (asas kepentingan umum diatas kepentingan pribadi)  Renumeration of personnel (asas pemberian gaji yang wajar)  Centralization (asas pemusatan wewenang)

15 Scalar of chain (asas hirarki) Order (asas keteraturan) Equity (asas keadilan) Initiative (asas inisiatif) Esprit de corps (asas kesatuan) Stability of turn-over personnel (asas kestabilan masa jabatan)

16 Kesimpulan

17


Download ppt "MANAJEMEN PENDIDIKAN 2 SKS / KIP 122 Pengertian dan Pentingnya Manajemen  Manajemen berasal dari kata to manage artinya mengatur. Pengaturan dilakukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google