Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perumusan dan pelaksanaan strategi Falih suaedi. Langkah pertama Perumusan tujuan : interaksi tata nilai manajer, misi organisasi, sasaran organisasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perumusan dan pelaksanaan strategi Falih suaedi. Langkah pertama Perumusan tujuan : interaksi tata nilai manajer, misi organisasi, sasaran organisasi."— Transcript presentasi:

1 Perumusan dan pelaksanaan strategi Falih suaedi

2 Langkah pertama Perumusan tujuan : interaksi tata nilai manajer, misi organisasi, sasaran organisasi “impian tentang jasa telepon yg baik, murah, cepat dan menjangkau dunia bukanlah sebuah spekulasi…” (misi AT&T) “faktor utama dlm gerakan dan manajemen informasi yg menjangkau dunia” (misi AT&T)

3 Langkah kedua Identifikasi strategi dan tujuan sekarang : Apakah yg menjadi usaha kami dan apakah memang seharusnya demikian ? Siapakah yg menjadi pelanggan kami dan memang apakah mereka pelanggan yg seharusnya ? Kemana kami menuju ? Keuntungan persaingan utama apa yg kami nikmati ? Dalam bidang kompetensi apa kami unggul ?

4 Langkah ketiga Analisis lingkungan : mengidentifikasi cara bagaimana perubahan dalam lingkungan ekonomi, teknologi, sosio-kultural dll suatu organisasi dpt scr tak langsung mempengaruhi organisasi. Analisis ini membantu organisasi menyesuaikan diri dengan perubahan dlm lingkungan kekuatan tak langsung dan mengantisipasi serta mempengaruhi kegiatan dlm lingkungan kekuatan langsung

5 Langkah keempat Analisis sumberdaya : apakah kita melakukan dng lebih baik atau lebih buruk drpd yg dikerjakan pihak lain ? Hofer and Schendel :4 langkah Membuat profil sumberdaya dan keahlian Tentukan syarat utama keberhasilan pasar Membandingkan (point1 dan 2) Membandingkan kekuatan dan kelemahan organisasi dengan pesaing

6 Langkah kelima Identifikasi peluang dan ancaman strategik Mengidentifikasi, menganalisis lingkungan, menganalisis sumberdaya organisasi (langkah 2,3,4) bermuara dalam langkah 5.

7 Langkah keenam Analisis senjang prestasi (performance gap): penentuan tingkat perubahan yg diperlukan dalam strategi sekarang Perbedaan antara sasaran yg ditentukan dalam proses perumusan tujuan dan hasil yg mungkin dicapai bila strategi yg ada diteruskan.

8 Langkah ketujuh Pengambilan keputusan strategik : melibatkan identifikasi alternatif strategik, evaluasi alternatif strategik, seleksi. Identifikasi alternatif : penciptaan pasar baru yg dimasuki, merancang kembali produk utama etc. Evaluasi alternatif strategik : Richard P. Rumelt

9 Evaluasi alternatif strategik : Richard P Rumelt Empat kriteria untuk mengevaluasi hal ini Strategi itu dan bagian komponennya hrs mempunyai tujuan, sasaran dan kebijakan yg konsisten Strategi itu hrs memusatkan sumberdaya dan upaya pd hal-hal penting yg diidentifikasi dlm proses perumusan strategi dan memisahkannya dari hal-hal yg tidak penting.

10 lanjutan Strategi itu hrs menangani sub masalah yg dpt dipecahkan dng memperhatikan sumberdaya dan ketrampilan organisasi. Strategi itu hrs mampu memproduksi hasil yg diharapkan, yang dijanjikan.

11 Langkah kedelapan dan kesembilan Implementasi strategi : Pengukuran dan pengendalian kemajuan : Apakah strategi tersebut dapat diimplementasikan sesuai rencana dan apakah strategi tersebut mencapai hasil yg diharapkan ?

12 Kesalahan umum manajer Asosiasi yang salah mengenai kejadian : Anggapan yg salah bahwa kejadian- kejadian berhubungan karena mereka serupa Anggapan yang salah bahwa kejadian adalah penyebab penting karena menjadi pusat perhatian

13 Harapan yang salah mengenai kejadian Anggapan yg salah bahwa kejadian tidak terjadi, meskipun sesungguhnya terjadi, karena tidak sesuai dengan pola kejadian yg diharapkan. Anggapan yg salah bahwa kejadian telah terjadi, meskipun tidak, karena diharapkan terjadi Gagal untuk memperhitungkan kejadian yang ekstrim atau mengejutkan yg bertentangan dengan harapan

14 Persepsi diri dan citra sosial yg salah Kesukaan akan informasi yang dwiarti menyangkut kenyataan yang sulit yg dapat mencerminkan kesalahan dari keputusan terdahulu Pemusatan perhatian dan tindakan yang berhasil sambil mengabaikan keputusan yang salah Sumber: Sara Kiesler dan Lee Sprull (1982)


Download ppt "Perumusan dan pelaksanaan strategi Falih suaedi. Langkah pertama Perumusan tujuan : interaksi tata nilai manajer, misi organisasi, sasaran organisasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google