Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SIFAT PERIODIK UNSUR By : Erik Jonathan. SIFAT PERIODIK UNSUR Jari-jari atom Jari-jari atom Dari atas ke bawah dalam satu golongan, jari-jari atom semakin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SIFAT PERIODIK UNSUR By : Erik Jonathan. SIFAT PERIODIK UNSUR Jari-jari atom Jari-jari atom Dari atas ke bawah dalam satu golongan, jari-jari atom semakin."— Transcript presentasi:

1 SIFAT PERIODIK UNSUR By : Erik Jonathan

2 SIFAT PERIODIK UNSUR Jari-jari atom Jari-jari atom Dari atas ke bawah dalam satu golongan, jari-jari atom semakin besar. Dari atas ke bawah dalam satu golongan, jari-jari atom semakin besar. Dari kiri ke kanan dalam satu periode, jari-jari atom semakin kecil. Dari kiri ke kanan dalam satu periode, jari-jari atom semakin kecil. Energi Ionisasi Energi Ionisasi Dalam satu golongan, dari atas ke bawah, energy ionisasi semakin kecil. Dalam satu golongan, dari atas ke bawah, energy ionisasi semakin kecil. Dalam satu periode, dari kiri ke kanan energy ionisasi cenderung bertambah. Dalam satu periode, dari kiri ke kanan energy ionisasi cenderung bertambah.

3 SIFAT PERIODIK UNSUR Afinitas Elektron Afinitas Elektron Dalam satu golongan dari atas ke bawah, afinitas electron cenderung berkurang. Dalam satu golongan dari atas ke bawah, afinitas electron cenderung berkurang. Dalam satu periode dari kiri ke kanan, afinitas electron cenderung bertambah. Dalam satu periode dari kiri ke kanan, afinitas electron cenderung bertambah.

4 SIFAT PERIODIK UNSUR ►K►K►K►Keelektronegatifan Dari atas ke bawah dalam satu golongan, keelektronegatifan samakin berkurang. Dari kiri ke kanan dalam satu periode, keelektronegatifan semakin bertambah. ►S►S►S►Sifat Logam dan Non-logam Dari kiri ke kanan dalam satu periode, sifat logam berkurang, sedangkan sifat nonlogam bertambah. Dari atas kebawah dalam satu golongan, sifat logam bertambah, sedangkan sifat nonologam berkurang.

5 ♦ Kereaktifan ♦ Kereaktifan suatu unsure bergantung pada kecenderungan melepas atau menarik electron. ♦ Jadi, unsur logam paling reaktif adalah golongan IA (logam alkali) ♦ Sedangkan nonologam yang paling reaktif adalah golongan VIIA(halogen) ♦ Dari kiri ke kanan dalam satu periode, mila-mula kereaktifan menurun kemudian bertambah hingga golongan VIIA. Golongan VIIIA tidak reaktif.


Download ppt "SIFAT PERIODIK UNSUR By : Erik Jonathan. SIFAT PERIODIK UNSUR Jari-jari atom Jari-jari atom Dari atas ke bawah dalam satu golongan, jari-jari atom semakin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google