Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Moh. Badrih, S.Pd., M.Pd BAHASA INDONESIA KEILMUAN (BIK) RUANG LINGKUP DAN KARAKTERISTIK ‘UMUM’ KARYA TULIS ILMIAH (KTI) Moh. Badrih, S.Pd., M.Pd Program.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Moh. Badrih, S.Pd., M.Pd BAHASA INDONESIA KEILMUAN (BIK) RUANG LINGKUP DAN KARAKTERISTIK ‘UMUM’ KARYA TULIS ILMIAH (KTI) Moh. Badrih, S.Pd., M.Pd Program."— Transcript presentasi:

1 Moh. Badrih, S.Pd., M.Pd BAHASA INDONESIA KEILMUAN (BIK) RUANG LINGKUP DAN KARAKTERISTIK ‘UMUM’ KARYA TULIS ILMIAH (KTI) Moh. Badrih, S.Pd., M.Pd Program Studi Manajemen Fakultar Ekonomi Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim Malang

2 Ruang Lingkup Karya Tulis Ilmiah Kenapa bernama karya tulis ilmiah? Skripsi Tesis Disertasi Artikel Ilmiah Makalah Ilmiah

3 Karakteristik Umum Objektif Jelas dan Ringkas Cendekia Konsisten Karya Tulis Ilmiah Formal

4 Objektif Kata: pronomina (saya, kita, kami, kamu, dia engkau dll.), ketidakpastian (muskin, kira- kira, seandainya), dan pamanstian (wajib, pasti, harus, dll.). Termasuk subjektif yang tidak dapat digunakan dalam KTI Supermarket telah hadir di berbagai kota kita selama tiga dekade terakhir. Selama kurun waktu tersebut, pengelola supermarket asing mulai merambah masuk pasar dalam negeri, yang mana dapat menimbulkan persaingan dengan pengelola pasar tradisional. Beberapa kelompok mengklaim bahwa merosotnya pasar tradisional mungkin salah satu dampak dari supermarket. Selain itu, hilangnya pelanggan pasar tradisional pasti merupakan dampak dari produk- produk murah dan lingkungan perbelanjaan yang lebih nyaman yang disediakan supermarket. Sebagai masyarakat akademik, kita mestinya menjadi tolok ukur berbagai kemungkinan yang tidak wajar yang terjadi di lapisan masyarakat (Sumber: Tulisan Mahasiswa).

5 Perhatikan Teks Berikut! Supermarket di beberapa kota-kota Indonesia semuanya milik swasta dan sepengetahuan saya, izinnya dikeluarkan oleh Departemen Perindustrian dan Perdagangan (Deperindag). Pada umumnya, pemerintah daerah tidak memiliki wewenang untuk menolak izin yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat, meskipun beberapa pemda mengharuskan agar supermarket mengajukan izin lokal. Selain izin yang dikeluarkan secara terpusat, supermarket biasanya harus mendapatkan izin lokal lainnya yang diperlukan oleh setiap usaha pribadi, seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin Gangguan (HO).

6 Jelas dan Ringkas ‘Jelas’ berkaitan dengan pemilihan kata, sedangkan ‘ringkas’ berkaitan dengan struktur kalimat. Nasib ritel tradisional yang menjadi saluran distribusi utama hasil pertanian rakyat Indonesia, saat ini berada di ujung tanduk karena tak mampu bersaing dengan ritel modern. Padahal tidak sedikit masyarakat yang menggantungkan hidupnya kepada ritel tradisional. Ketika dilanda krisis ekonomi, ritel tradisional mampu menjadi penopang hidup sebagian masyarakat Indonesia, baik yang berprofesi sebagai pedagang, maupun para petani yang hanya mampu memasarkan hasil pertaniannya lewat pasar rakyat. Dengan semakin tergerusnya ritel tradisional berimbas pada para pemasok lokal yang pada umumnya tidak bisa masuk ke pengecer besar (Sumber: Tulisan Mahasiswa). Nasib ritel tradisional yang menjadi saluran distribusi utama hasil pertanian rakyat Indonesia, saat ini berada di ujung tanduk karena tak mampu bersaing dengan ritel modern.

7 Formal Setiap tulisan hendaknya mengikuti kaidah Tata Bahasa Baku yang sudah dijadikan pedoman dalam penulisan KTI terdapat beberapa kelas pasar tradisional, umumnya berdasarkan aria (luas meter persegi) dan jumlah pedagang. Hal ini berdasarkan pada metodelogi klasifikasi yang berbeda pada setiap pemda, namun biasanya pasar Kelas I atau Kelas A adalah pasar terbesar. Sudah menjadi kebiasaan bagi dinas pasar untuk menentukan target penerimaan tahunan untuk setiap pengelola pasar, yang lazimnya meningkat setiap tahun.

8 Cendekia Suatu perencanaan apabila diikuti dengan pengendalian yang teratur dapat menghasilkan penghematan-penghematan di dalam perusahaan yang sekaligus akan memperkuat kemampuan perusahaan dan memberi saran-saran kepada manajemen. Suatu perencanaan dan pengendalian yang teratur dapat menghasilkan berbagai penghematan, memperkuat daya saing perusahaan, dan memberikan masukan kepada sistem menajemen atau saran-saran rekomendasi kepada pihak manajer/pengelola.

9 Konsisten …. Mula-mula yang dilakukan peneliti adalah menghimpun data di lapangan, mengelolanya dan memberikan penafsiran. Setelah data-data tersebut dikumpul, selanjutnya peneliti menganalisis dan menginterpretasi (sumber: Tulisan Mahasiswa). …. Pada awalnya yang dilakukan peneliti adalah mengumpulkan data di lapangan, menganalisis dan memberikan interpretasi. Kumpulan data lapangan, hasil analisis, dan interpretasi adalah bagian yang sangat penting dalam penelitian keilmuan.


Download ppt "Moh. Badrih, S.Pd., M.Pd BAHASA INDONESIA KEILMUAN (BIK) RUANG LINGKUP DAN KARAKTERISTIK ‘UMUM’ KARYA TULIS ILMIAH (KTI) Moh. Badrih, S.Pd., M.Pd Program."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google