Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKAN KELOMPOK IKA FITRI NURHAYATI20090720192UMY.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKAN KELOMPOK IKA FITRI NURHAYATI20090720192UMY."— Transcript presentasi:

1 PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKAN KELOMPOK IKA FITRI NURHAYATI UMY

2 Lama permainan : 30 – 60 menit Perlengkapan : laba-laba &helm

3 1. Sinergi antar tim dan intra tim. 2. Mengembangkan komunikasi efektif antar tim dan intra tim. 3. Mengembangkan strategi bersama. 4. Membangun kepercayaan diantara anggota tim. 5. Melaltih proses pemacahan masalah. 6. Mengerti kebutuhan akan adanya koordinasi seorang pemimpin dan kesediaan menerima masukan dari anggota. 7. Memahami saling ketergantungan antar sesama anggota kelompok

4 Debriefing : 1. Sering kali peserta tidak melakukan kerjasama antar tim. Yang dilakukan biasanya adalah kerja intra tim mereka sendiri. Kalau hal ini terjadi tanyakan kenapa mereka tidak mau bekerja sama. 2. Tanyakan apa hubungan permainan ini dengan posisi di suatu organisasi. 3. Tanyakan konsekuensi kalau menyentuh serangga dan semua peserta harus mengulang kembali. Kaitkan dengan manajemen kualitas.

5 LANGKAH-LANGKAH: 1. Peserta dibagi menjadi 2 kelompok 2. Peserta diminta untuk menyeberang seluruh dari bawah laba laba ke sebelah yang lainnya. Setiap anggota kelompok harus menyebrang dari bawah laba laba

6 3. Di saat menyeberangi tersebut anggota badan tidak bolh kena serangga.Kalau terjadi sentuhan maka anggota tersebut harus mengulangi penyeberangan itu

7 4. Hasilnya antar anggota dapat bergantian tempat dengan anggota lain

8 GAMES PICTURE PUZZLE  Lama permainan : 30 – 60 menit  Perlengkapan : Gambar yang dipotong-potong menjadi bagian

9 Debriefing : 1. Apa kesulitan peserta dalam menyusun gambar ? 2. Bagaimana cara mereka mengaplikasikan pengalaman pada kehidupan ? 3. Apakah seseorang dengan mudah dapat melakukannya sendiri ? 4. Apa sebenarnya kekuatan dari regu tersebut ? Kelemahannya ? Apa hubungannya dengan kehidupan seharihari ? Tujuan : 1. Membangun rasa saling percaya kepada sesama kawan. 2. Kerja sama regu. 3. Komunikasi yang efektif. 4. Rasa percaya diri

10 LANGKAH LANGKAH: 1. Peserta dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 4-5 orang, salah satunya menjadi pengamat (ditentukan sendiri oleh masing-masing kelompok). 2. Tiap peserta dalam kelompok memperoleh satu gambar yang sudah dipotong-potong (kecuali pengamat), yang dijadikan satu dalam satu wadah/meja dengan potongan- potongan gambar peserta lain. 3. Tugas masing-masing peserta menyusun kembali potongan-potongan gambar menjadi satu gambar yang utuh, dengan ketentuan : a. Jika memperoleh potongan gambar yang tidak diperlukan/tidak sesuai, peserta harus segera mengembalikan ke dalam wadah/meja agar peserta lain dapat mengambil jika cocok dengan gambar yang dimiliki

11 b. Tidak boleh meminta atau mengambil dari peserta lain, tetapi hanya boleh mengambil potongan gambar dari wadah/meja; c. Tidak boleh saling berbicara, berkomunikasi dengan isyarat ataupun campur tangan dalam pekerjaan peserta lain......Tugas pengamat dalam setiap kelompok mengamati dan mencatat apa yang terjadi padak kelompoknya selama permainan berlangsung a. Adakah peserta yang melanggar peraturan ? b. Peraturan mana yang dilanggar ? c. Mengapa peraturan itu dilanggar ? d. Adakah peserta yang menumpuk banyak potongan gambar dan tidak mau mengembalikan ke wadah/meja ? Ulangi permainan ini dengan ketentuan, peserta boleh berkomunikasi dan saling membantu dalam kelompoknya.

12 Setiap kelompok dapat menyusun puzzle dengan rapi

13  Lama permainan : 15 – 30 menit Perlengkapan : Balon dan tali pembatas, balon sejumlah peserta yang ditiup cukup besar untuk setiap peserta

14 Tujuan 1. Memahami bahwa teman dalam regu bagian dari tim. Sukses regu sangat ditentukan oleh kemampuan anggota untuk memahami kondisi anggota regu. 2. Perlunya pemahaman dan fokus terhadap tujuan kegiatan oleh semua anggota regu. 3. Kerjasama kelompok/kebersamaan, kepemimpinan dan kejujuran

15 LANGKAH LANGKAH: 1. Peserta diminta berbaris dalam satu baris menghadap ke punggung teman yang di depan (kecuali yang paling depan tidak menghadap punggung temannya). Balon yang sudah ditiup diletakan badan antara dirinya dengan temannya.. 2.`peserta menjoget sesuai dengan ketentuan,usahakan balon tidak jatuh

16 3.Apabila salah satu balon jatuh maka yang memegang harus keluar dari barisan dan mengambil balon tersebut dan posisinya digantikan oleh pesrta yang dibelakangnya, dan peserta yang balonya jatuh tersebut dinyatakan gugur

17 4. Hal tersebut dilakukan berulang ulang hingga akhirnya menemukan 2 pasangan yang bertahan, dan ke2 orang tersebut lah yang akhirnya menjadi pemenang

18 Dan akhirnya ditemukan 2 pemenagnya yang tersisa

19  Lama permainan: 30 menit  Perlengkapa 1.Sebuah tongkat berukuran 30cm

20 Peserta dibagi menjadi 2 kelompok masing masing kelompok terdiri dari 8 orang Masing masing kelompok baris menghadap punggung temanya yang didepan, Peserta paling belakang di berikan tongkat Kemudian mereka berlari menuju garis finish dengan saling memberikan tongkat tersebut Kel A Kel B

21 Siapa yang mencapai garis finish dan tongkat sudah berada pada peserta paling depan, kelompok tersebutlah yang menjadi pemenangnya Kel A

22 Kel B Pemenang

23 Kelompok yang kalah diberika hukuman dengan cara joged bersama untuk menghilangkan rasa capek Kel A Kalah Kelompok yang kalah diberika hukuman dengan cara joged bersama untuk menghilangkan rasa capek

24 Tujuan Membangun rasa saling percaya atar teman Komunikasi yang efektif Menyegarkan pikiran

25 Dalam permainan ini ada larangan tersenyum atau tertawa. Pertama, pilih salah satu peserta sebagai korban. Usahakan memilih peserta yang biasanya paling konyol, yang tingkah lakunya selalu melucu Tugas korban adalah menyatakan cintanya, tanpa melihat jenis kelaminnya. Di depan orang yang dipilihnya, ia menyatakan, “Sayang, jika kamu mencintai diriku, tersenyumlah.” Jika kamu mencintai diriku tersenyumlah

26 Atau bisa mengucapkan dengan kata-kata lain yang intinya sama. Ia boleh melakukan apa saja untuk membuat orang yang dipilihnya tersenyum, kecuali menggelitiki Q menyukaiimu

27 Q jg menyukaim u Orang yang dipilih harus menjawab dengan berkata,”Sayang, aku juga menyukaimu… tetapi aku tak bisa tertawa.” tiga kali dengan pelan dan tidak boleh tersenyum apalagi tertawa. Jika ia tersenyum atau tertawa, maka ia menggantikan korban. Tetapi jika berhasil, korban harus mencari orang lain

28  TIPS Korban bisa menyatakan cinta sambil mengelus dagu orang yang dipilihnya. Biasanya justru lebih berhasil pada sesama laki-laki atau wanita. Bisa juga dengan membisikkan sesuatu

29


Download ppt "PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKAN KELOMPOK IKA FITRI NURHAYATI20090720192UMY."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google