Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

M. Rijat Aulia, A.Md. Latar Belakang Undang Undang No 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan menyebutkan bahwa fungsi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "M. Rijat Aulia, A.Md. Latar Belakang Undang Undang No 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan menyebutkan bahwa fungsi."— Transcript presentasi:

1 M. Rijat Aulia, A.Md

2 Latar Belakang Undang Undang No 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan menyebutkan bahwa fungsi sistem penyuluhan antara lain adalah mengupayakan kemudahan akses pelaku utama dan pelaku usaha ke sumber informasi teknologi dan sumber daya lainnya agar mereka dapat mengembangkan usahanya. Salah satu tugas dari kelembagaan penyuluhan di tingkat pusat sebagaimana amanah Pasal 9 ayat 1 butir b Undang- Undang No. 16 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan yaitu menyelenggarakan pengembangan penyuluhan, pangkalan data, pelayanan dan jaringan informasi penyuluhan.

3 Tujuan Tujuan dari dari pengadaan Sistem Layanan dan Jaringan Informasi Penyuluhan KP melalui pesan singkat (SMS) adalah: Mendapatkan data dan informasi yang cepat dan akurat capaian kegiatan pembangunan kelautan dan perikanan Mendapatkan data dan informasi sebagai bahan perumusan kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan melalui penyajian data yang informatif dari lapangan dengan aplikasi perangkat lunak (software) khusus

4 Status Aset Handset Sistem Layanan dan Jaringan Informasi Penyuluhan KP Status aset handset adalah sebagai berikut: Handset pengadaan Pusat Penyuluhan KP merupakan barang inventaris dinas yang menangani penyuluhan atau badan pelaksana penyuluhan yang akan digunakan oleh penyuluh perikanan sesuai dengan Keputusan Kepala Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan. Selaku Kuasa Pengguna Anggaran Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan. Dinas yang menangani kelautan dan perikanan atau badan pelaksana penyuluhan menerbitkan SK dan Berita Acara Pinjam Pakai Handset untuk penyuluh perikanan di wilayah masing-masing. Penyuluh perikanan berkewajiban menjaga aktivasi kartu Nomor handset sehingga dapat terus digunakan untuk mengirim data ke server Pusat setiap minggunya. Pada kondisi penyuluh perikanan mutasi, wafat, atau mengundurkan diri atau tidak menjabat dalam jabatan fungsional penyuluh perikanan, handset dikembalikan ke dinas yang menangani penyuluhan atau badan pelaksana penyuluhan setempat.

5 Mekanisme Pengumpulan dan Waktu Pelaporan Data dari Lapangan Mekanisme pengumpulan dan pelaporan data dari lapangan adalah sebagai berikut: Setiap penyuluh perikanan penerima handset berkewajiban mengumpulkan data primer dari lapangan pada wilayah kerja penyuluhan masing-masing sebagaimana format yang sudah ditetapkan. Untuk memudahkan pengisian dan meminimalisasikan kekeliruan pengisian data pada handset serta untuk arsip/dokumentasi, penyuluh perikanan terlebih dahulu mengisi data pada format yang sudah ditetapkan sebelum mengisi data pada handset. Penyuluh perikanan mengumpulkan data sesuai format yang sudah ditetapkan dan mengirimkan ke server pusat melalui aplikasi pada handet selambatnya pada hari kamis setiap minggu (4 kali dalam sebulan). Pusat Penyuluhan KP membayar biaya pengiriman data/pulsa sms yang diterima oleh server Pusat.

6 Ketentuan dan Sanksi Ketentuan dan sanksi adalah sebagai berikut: Penyuluh Perikanan (PPTK) yang tidak melakukan pengumpulan, pencatatan dan pengiriman data selama 3 kali berturut-turut akan dikenai sanksi yaitu penundaan pembayaran honorarium bulan berjalan. Penyuluh Perikanan (PPTK) yang tidak melakukan pengumpulan, pencatatan dan pengiriman data selama 4 kali berturut-turut maka penyuluh perikanan (PPTK) tersebut dianggap mengundurkan diri. Penyuluh Perikanan (PPTK dan PNS) yang karena kelalaiannya menyebabkan hilangnya handset maka wajib untuk menggantinya dan menginstall ulang aplikasi tersebut agar handset dapat beroperasional kembali.

7

8

9 Isikan kotak masukan “Password” dengan default password “1234” tanpa tanda petik dan tekan dengan tombol “Login” untuk masuk ke aplikasi

10 Ganti nomor SMS Gateway dengan nomor server ( )

11

12

13 Perikanan Budidaya, merupakan menu untuk menampilkan formulir isian untuk data perikanan budidaya. Perikanan Tangkap, merupakan menu untuk menampilkan formulir isian untuk data perikanan tangkap. Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, merupakan menu untuk menampilkan formulir isian untuk pengolahan dan pemasaran hasil perikanan. Garam Rakyat, merupakan menu untuk menampilkan data tentang garam rakyat.

14 Profil Penyuluh, yaitu menu untuk menampilkan formulir isian profil penyuluh seperti yang telah dibahas sebelumnya. Silakan buka kembali pokok bahasan “Menjalankan Aplikasi Pertama Kali”.Menjalankan Aplikasi Pertama Kali Ubah Password, yaitu menu untuk menampilkan formulir isian untuk melakukan perubahan password. Unsent Box, yaitu menu untuk mengakses modul unsent box yaitu modul untuk mengelola sms yang gagal dikirim oleh aplikasi. Settings, yaitu menu mengakses formulir untuk melakukan peng-set-an nomor SMS gateway. Bahasannya bisa dilihat kembali pada pokok bahasan “Menjalankan Aplikasi Pertama Kali”.Menjalankan Aplikasi Pertama Kali Tombol menu/setting berada pada bagian pojok kiri bawah Hand Phone SMS Gateway

15 M. Rijat Aulia, A.Md

16 Tekan ikon “Perikanan Budidaya” pada menu utama. Formulir isian untuk perikanan budidaya akan tampil seperti gambar berikut.

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34

35

36

37

38 Unsent Box adalah fasilitas yang disediakan untuk mengelola SMS yang gagal dikirim. Semua sms yang gagal dikirim akan tersimpan sementara pada unsent box menunggu untuk dikirim kembali atau dihapus. Perhatikan gambar berikut

39 Untuk mengirim kembali SMS tersebut tekan tombol “Kirim” dan untuk menghapusnya secara permanen tekan tombol “Hapus”. Pada Tabel Berikut

40 *) Tampilan disederhanakan agar mudah untuk dipahami


Download ppt "M. Rijat Aulia, A.Md. Latar Belakang Undang Undang No 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan menyebutkan bahwa fungsi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google