Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2012. Sumber Judul: MOTIVASI PETANI DALAM MENERAPKAN TEKNOLOGI PRODUKSI KAKAO KASUS KECAMATAN SIRENJA KABUPATEN DONGGALA, SULAWESI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2012. Sumber Judul: MOTIVASI PETANI DALAM MENERAPKAN TEKNOLOGI PRODUKSI KAKAO KASUS KECAMATAN SIRENJA KABUPATEN DONGGALA, SULAWESI."— Transcript presentasi:

1 INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2012

2 Sumber Judul: MOTIVASI PETANI DALAM MENERAPKAN TEKNOLOGI PRODUKSI KAKAO KASUS KECAMATAN SIRENJA KABUPATEN DONGGALA, SULAWESI TENGAH) Penulis: SYAMSYIAH GAFUR (2009)

3 Latar Belakang

4 Sub sektor perkebunan merupakan salah satu penghasil sumber devisa negara. Salah satu komoditas perkebunan yang sudah dikenal adalah kakao atau cokelat (Theobroma cacao L.). Kakao merupakan salah satu komoditas andalan nasional dan berperan penting bagi perekonomian Indonesia, khususnya dalam penyediaan tenaga kerja dan sumber devisa. Salah satu faktor berkaitan penerapan teknologi produksi kakao adalah faktor yang berasal dari dalam diri petani (faktor internal), yakni motivasi.

5 MASALAH YANG DITELITI

6 Sejauh mana penerapan teknologi produksi kakao di tingkat petani? Faktor-faktor apa yang berhubungan dengan motivasi petani dalam menerapkan teknologi produksi kakao? Sejauh mana motivasi petani dalam menerapkan teknologi produksi kakao? Faktor faktor apa saja yang berhubungan dengan persepsi petani? Sejauh mana motivasi petani berhubungan dengan penerapan teknologi produksi kakao?

7 TUJUAN

8 Mengidentifikasi motivasi petani dalam menerapkan teknologi produksi kakao. Mengidentifikasi penerapan teknologi produksi kakao di tingkat petani. Menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi petani dalam menerapkan teknologi produksi kakao. Menganalisis hubungan motivasi petani dengan penerapan teknologi produksi kakao.

9 HIPOTESIS

10 Terdapat hubungan nyata antara faktor internal dengan motivasi petani dalam menerapkan teknologi produksi kakao. Terdapat hubungan nyata antara faktor eksternal dengan motivasi petani dalam menerapkan teknologi produksi kakao. Terdapat hubungan nyata antara motivasi petani dengan tingkat penerapan teknologi produksi kakao.

11 PENDEKATAN

12 Kuantitatif

13 KERANGKA BERPIKIR

14 Syarat Mutlak Pembangunan Pertanian: - Pemasaran hasil pertanian - Teknologi yang selalu berubah - Sarana produksi yang tersedia secara lokal - Perangsang produksi untuk petani - Pengangkutan Syarat Pelancar Pembangunan Pertanian: - Pendidikan - Kredit produksi - Kerjasama - Intensifikasi dan diversifikasi - Perencanaan Nasional Motivasi (Y1) - intrinsik - ekstrinsik Karakteristik Eksternal : X8 Ketersediaan sarana dan prasarana X9 Modal X10 Intensitas penyuluhan X11 Peluang pasar X12 Sifat inovasi Penerapan Teknologi Produksi Kakao (Y2) - Pemangkasan tanaman dan penanaman pohon penaung - Pemupukan berimbang - Pengendalian hama dan penyakit ramah lingkungan - Rehabilitasi tanaman kakao dewasa - Panen dan pasca panen

15 METODE

16 Sampling Petani responden di Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala Data Data Primer: Karakteristik internal responden, yang meliputi umur, pendidikan formal, pendidikan nonformal, pengalaman berusahatani, jumlah tanggungan keluarga, luas lahan garapan dan akses informasi. Karakteristik eksternal responden adalah ketersediaan sarana dan prasarana, ketersediaan modal, intensitas penyuluhan, peluang pasar dan sifat inovasi. Data Data Primer: Motivasi responden terdiri atas motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik responden. Penerapan teknologi produksi kakao yang menyangkut pemangkasan tanaman kakao dan penanaman tanaman penaung, pemupukan berimbang, pengendalian hama dan penyakit yang ramah lingkungan, rehabilitasi tanaman kakao serta teknologi panen dan pasca panen. Data Data sekunder: kondisi umum wilayah penelitian. Sampling Petani responden di Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala

17 METODE Statistik Deskriptif Persentil, frekuensi, persentase, rataan skor, total rataan skor dan untuk menguji hipotesis digunakan analisis uji Tau B-Kendall Statistik Uji korelasi Data Data sekunder: kondisi umum wilayah penelitian. Sampling Petani responden di Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala Teknik Perolehan Data Data primer:wawancara dan obeservasi Data sekunder: diperoleh dari informan dan instansi terkait.

18 KESIMPULAN

19 Motivasi petani dalam menerapkan teknologi produksi kakao di Kecamatan Sirenja termasuk dalam kategori sedang. Penerapan teknologi produksi kakao pada tingkat petani di Kecamatan Sirenja termasuk kategori sedang Petani kakao umumnya belum melakukan penerapan teknologi produksi kakao secara intensif. Faktor internal petani diperhatikan guna meningkatkan motivasi petani dalam menerapkan teknologi produksi kakao adalah adalah luas lahan garapan dan akses informasi Faktor eksternalnya adalah ketersediaan sarana dan prasarana serta sifat inovasi yang berkaitan dengan kompleksitas teknologi. Motivasi intrinsik berhubungan sangat nyata dengan tingkat penerapan teknologi produksi kakao. Semakin tinggi motivasi semakin tinggi tingkat penerapan teknologi produksi kakao.

20 TERIMA KASIH


Download ppt "INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2012. Sumber Judul: MOTIVASI PETANI DALAM MENERAPKAN TEKNOLOGI PRODUKSI KAKAO KASUS KECAMATAN SIRENJA KABUPATEN DONGGALA, SULAWESI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google