Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INDAHNYA KESABARAN Oleh : Aa Gym INDAHNYA KESABARAN Bismillahirrohmannirrohiim Di dalam bahasa Inggeris, kata Heart, yang berarti jantung digunakan sewaktu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INDAHNYA KESABARAN Oleh : Aa Gym INDAHNYA KESABARAN Bismillahirrohmannirrohiim Di dalam bahasa Inggeris, kata Heart, yang berarti jantung digunakan sewaktu."— Transcript presentasi:

1

2 INDAHNYA KESABARAN Oleh : Aa Gym

3 INDAHNYA KESABARAN Bismillahirrohmannirrohiim Di dalam bahasa Inggeris, kata Heart, yang berarti jantung digunakan sewaktu membicarakan tentang Perasaan Di dalam bahasa Indonesia, kata Hati yang digunakan sewaktu membicarakan tentang Perasaan

4 INDAHNYA KESABARAN Mudah mudahan kita digolongkan menjadi ahli [hati yang] sabar...amin. Karena ternyata kedudukan seseorang ditentukan oleh kualitas kesabarannya.“ Wallahu ma'ashshaabiriin." " dan Allah beserta orang orang yang sabar" [QS.Al Baqarah : 249 ]. Bahkan " Wasta'iinuu bishobri washsholaah". " dan mintalah pertolongan kepada Alloh dengan sabar dan sholat." [QS. Al Baqarah : 45 ]. Dalam ayat ini kata-kata sabar di dahulukan, karena orang yang tidak sabar maka sholatnya juga tidak akan khusyuk.

5 INDAHNYA KESABARAN Begitu juga dengan pemimpin yang tidak sabar, pasti tidak akan berhasil memimpin dan akan jatuh akibat ketidaksabarannya. Oleh karena itu, orang yang tidak pernah sungguh sungguh melatih kesabaran dalam kehidupan ini, maka dia akan menderita. Karena kesabaran membuat daya tahan yang luar biasa dan benar benar memperindah pribadi seseorang.

6 ASSHABUR [ALLAH MAHA PENYABAR] Menurut Bp. Quraish Shihab dalam bukunya " menyingkap Tabir Ilahi", kata Asshabur [Allah Maha Penyabar] berasal dari akar kata yg terdiri dari tiga huruf : shad, ba dan ra. Makna dari kata ini adalah : pertama " menahan", kedua,"ketinggian sesuatu", dan yang ketiga," sejenis batu". Dari makna menahan lahirlah makna "konsisten/istiqomah". karena sikap menahan pandangannya terhadap suatu gejolak dinamai sabar.

7 ASSHABUR [ALLAH MAHA PENYABAR] Seseorang yang ditahan dipenjara dan dia sabar sampai mati disebut Mashburah. Dari makna kedua lahir kata,"shubr", yang berarti puncak sesuatu. Jadi orang yang memiliki kesabaran yang tinggi maka dia akan memiliki puncak kemuliaan. Dan dari makna yang ketiga, muncul kata, "ash subrah" yakni "batu yang amat kukuh lagi kasar" atau bisa juga disebut dengan "potongan besi".

8 ASSHABUR [ALLAH MAHA PENYABAR] Apabila makna itu saling kait mengkait maka orang yang punya kemampuan sangat menahan diri, gigih, tangguh, maka dia akan punya tingkat ketinggian, kemuliaan, ketinggian kehormatan selaku manusia dan dia akan memiliki ketahanan yang amat dahsyat.

9 ASSHABUR [ALLAH MAHA PENYABAR] Oleh karena itu bagi para akhwat, andai akan mencari calon suami pilihlah laki laki yang sabar, yang tidak temperamental, dan tidak emosional. Karena berat bagi sebuah rumah tangga bila memiliki suami yang kasar,mudah marah dan mudah kecewa. Akibatnya rumah tangga akan mengarungi derita tiada akhir. Begitu juga dengan kaum laki laki, kalau mau mencari istri carilah istri yang sabar, yang bisa menahan lisannya dan istri yang sabar menghadapi kehidupan.

10 KIAT MENJADI PRIBADI SABAR Kesabaran itu amatlah berbanding lurus dengan tingkat keyakinan kepada Alloh."alladziina idzaa ashobathm mushibah qoolu innalillahi wainna ilaihirojiuun. Ulaa ika 'alayhim sholawaatum minraobbihin warohmah wauulaaikahumul muhtaduun". Yaitu orang orang yang apabla ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji'un". Mereka itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang orang yang mendapat petunjuk [QS. Al Baqarah : ]. "Maa ashoobaminmushiban illa biidznillah. Wamayyu, minbillahi yahdiqalbah“ [QS. At Taghabun : 11]. Dan orang yang yakin bahwa apapun yang terjadi mutlak karena ijin Alloh. Makhluk hanya jalanya saja. Tidak ada kejadian tanpa izin Alloh.

11 KIAT MENJADI PRIBADI SABAR Ketidaksabaran timbul ketika kita melihat makhluk terlalu hebat dan melihat sebagai makhluk sebagai sumber. Padahal makhluk cuma jalan [perantara]. Kalau fokus kita kepada makhluk maka kualitas kesabaran kita bakal berkurang. Tapi kalau kita melihat Allohlah yang menguasai setiap kejadian, maka akan meningkatkan kesabaran kita. Orang yang targetnya akherat maka kesabarannya akan meningkat. Sabar itu berat awalnya tapi manis akhirnya. Latihan sabar adalah latihan kesungguhan. Latihan sabar adalah latihan kemuliaan. Karena tiada pahala yang terputus kecuali pahala orang yang ahli sabar.

12 MACAM MACAM KESABARAN

13 ~ KESABARAN DALAM BERJUANG Dalam surah Ali Imran ayat 200 diceritakan tentang kesabaran ketika berjuang. "Hai orang orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga [diperbatasan negerimu] dan bertakwalah kepada Alloh supaya kamu beruntung." Peperangan adalah ujian kesabaran. bagaimana caranya sabar ketika dalam peperangan? Caranya, yakinlah bahwa musuh musuh kita adalah milik Alloh. Tidak ada sesuatu pun yang berperang kecuali semuanya milik Alloh Swt. Jangan gentar melihat musuh karena musuh kita adalah juga milik Alloh semuanya. Kalau nggak ada musuhnya maka susah syahidnya. Ketika melawan musuh kita harus yakin, bahwa bukan musuh itu yang berbahaya tapi sikap kita kepada musuh yang berbahaya. Apakah sikap kita pengecut atau kita penakut ? Oleh karena itu kita harus sabar ketika menghadapi ancaman musuh.

14 ~ SABAR KETIKA BERBEDA PENDAPAT "Jika ada segolongan daripada kamu beriman kepada apa yang aku diutus untuk menyampaikan dan ada [pula] segolongan yang tdak beriman maka bersabarlah, hingga alloh menetapkan hukumNya di antara kita. Dan Dia adalah Hakim yang sebaik baiknya [QS Al A'raf : 87] Jadi dalam menghadapi orang yang berbeda pendapat kita harus sabar, jangan terpancing. karena kalau Alloh menghendaki di dunia ini semua orang beragama Islam maka itu amat mudah bagi Alloh. Tapi kenyataannya Alloh tidak membuat orang beragama Islam semua. Maka wajar kalau kita menghadapi perbedaan pendapat dan keinginan. Dan sikapi semua itu dengan kesabaran. Ketika menghadapi perbedaan khilafiyah maka sabarlah. jangan sampai ketika menghadapi urusan sunnah malah melalaikan yang wajib yaitu bersatu. Kalau perbedaan pendapat terjadi saat rapat maka bersabarlah, jangan sampai rapat menjadi ajang angkara murka.

15 ~ SABAR DALAM UPAYA BERSATU Bersabarlah ketika berupaya untuk bersatu. Karena untuk bersatu memerlukan mengalah dan sikap bersabar. "Dan taatlah kepada Alloh dan RasulNya dan janganlah kamu berbantah bantahan yang menyebabkan kamu menjadi gentar, dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Alloh beserta orang orang yang sabar [QS. Al Anfal : 46]

16 ~ SABAR DALAM IBADAH Kita sering sabar dalam menghadapi musibah tapi belum tentu sabar dalam ibadah. Ada yang sabar saat ibadah tapi tidak sabar ketika menghadapi musibah. Dan tidak jarang ada orang yang tidak sabar ketika diberikan kelapangan dan kemudahan. Jangan mudah terpancing dan jangan mudah bereaksi negatif karena kesabaran itu ada pada "pukulan" pertama.

17 ~ SABAR DALAM IBADAH Yang terpenting saat ini adalah bagaimana kita bertekad untuk memiliki komitmen, "Saya harus menjadi ahli sabar!". Saya tidak boleh hancurkan hidup saya karena ketidaksabaran, saya tidak boleh hancurkan hari-hari saya karena tidak sabar, dst. Karena dunia memang tempatnya ujian. Oleh karena itu tidak ada pilihan, kecuali kita harus menjadi ahli sabar. Kita tunggu saat kematian kita dengan kesabaran. Situasi sesulit apapun sudah diukur oleh Alloh. Tidak ada yang overdosis, tidak ada yang meleset. Sesakit apapun Alloh tahu kita sakit karena Dialah yang menciptakan rasa sakit.

18 ~ SABAR DALAM IBADAH Saudara saudaraku hadapilah hidup ini. Terus dekati Alloh dengan kesabaran. Akan tampil menjadi orang yang indah, menawan, mempesona, orang yang gigih mengarungi hidup ini dengan kesabaran. Mudah mudahan kita digolongkan menjadi orang orang yang memiliki kualitas sabar. Hati yang pasrah 100% kepada Alloh, tapi dengan akal dan tubuh yang selalu gigih menyempurnakan ikhtiar di jalan Alloh, itulah sabar. Jika seseorang "lahirnya" taat kepada Alloh dan hatinya tawakal sepenuhnya kepada Alloh. Itulah kesabaran. Sabar bukan berarti pasrah, pasif, sabar adalah kegigihan kita untuk terus ada di jalan yang disukai Alloh. Wallahu'alam


Download ppt "INDAHNYA KESABARAN Oleh : Aa Gym INDAHNYA KESABARAN Bismillahirrohmannirrohiim Di dalam bahasa Inggeris, kata Heart, yang berarti jantung digunakan sewaktu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google