Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 7 Reaksi Kesetimbangan Contoh: Kesetimbangan yang hanya melibatkan satu fasa. Semua spesi berada dalam fasa gas Semua spesi berada dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 7 Reaksi Kesetimbangan Contoh: Kesetimbangan yang hanya melibatkan satu fasa. Semua spesi berada dalam fasa gas Semua spesi berada dalam."— Transcript presentasi:

1

2 KELOMPOK 7

3

4 Reaksi Kesetimbangan

5 Contoh: Kesetimbangan yang hanya melibatkan satu fasa. Semua spesi berada dalam fasa gas Semua spesi berada dalam fasa larutan

6 Kesetimbangan yang melibatkan lebih dari satu fasa. Contoh:

7 Dengan Tetapan Kesetimbangan

8 aA + bB cC + dD

9 Nilai K dapat ditentukan dari percobaan. Jika konsentrasi awal semua spesi diketahui, cukup diketahui konsentrasi satu spesi pada kesetimbangan, sehingga nilai K C bisa dihitung. Soal: Reaksi.0,1 mol gas HI dimasukkan dalam labu 1 liter. Jika I 2 yang terbentuk adalah 0,02 mol, maka tentukan harga tetapan kesetimbangan reaksi tersebut!

10 Untuk reaksi dalam fasa gas, tekanan parsial dapat digunakan sebagai pengganti konsentrasi, sehingga tetapan kesetimbangannya disimbolkan dengan K P. Soal: Turunkanlah persamaan yang menggmbarkan hubungan antara K P dan K c jika diasumsikan gas yang bereaksi adalah gas ideal !

11 Contoh soal

12 Disosiasi dan Derajat Disosiasi

13 Disosiasi adalah peristiwa penguraian suatu zat menjadi beberapa zat lain yang lebih sederhana menurut persamaan reaksi kesetimbangan. Contoh : 2SO 3 (g) 2SO 2 (g) + O 2 (g) 2NO (g) N 2 (g) + O 2 (g) Berdasarkan wujud zat yang terdapat dalam sistem kesetimbangan disosiasi, disosiasi dibedakan atas disosiasi homogen dan disosiasi heterogen.

14 Derajat Disosiasi adalah perbandingan mol zat yang terdisosiasi dengan mol zat mula-mula sebelum disosiasi. Secara sistematis dapat dirumuskan sbg: α = mol zat yang terdisosiasi/terurai mol zat mula-mula Harga α berkisar antara 0 sampai dengan 1. dengan demikian, kesetimbangan disosiasi akan terjadi jika harga α sebesar 0< α<1.

15 Pada suhu tertentu dalam ruangan dengan volume 1 liter terdapat reaksi penguraian gas AB 5 : Gas AB 5 mula-mula 0,25 mol. Pada saat setimbang terdapat gas B 2 sebanyak 0,05 mol. Tekanan total sistem 10 atm. a. Derajat disosiasi b. Tetapan kesetimbangan gas (Kp)

16 a. Derajat disosiasi Reaksi: Mula”: 0,25 mol -- Reaksi: 0,05 mol0,05 mol Setimbang: 0,2 mol0,05 mol

17 b. Jumlah mol sistem saat setimbang: 0,2 + 0,05 + 0,05 = 0,3 Tekanan total sistem saat setimbang = 10 atm

18 Hubungan Kesetimbangan dengan Derajat Disosiasi

19 Reaksi: Mula”: n mol 0 mol Terurai: n α mol2 n α mol Sisa : n - n α mol 2 n α mol

20

21 Dengan cara yang sama seperti diatas, dapat diperoleh hubungan antara tetapan ketimbangan dan derajat disosiasi untuk reaksi kesetimbangan yang lain, baik kesetimbangan homogen maupun kesetimbangan heterogen.

22 Didalam suatu wadah yang bervolume 1 liter pada temperatur 250 ᵒC terdapat reaksi kesetimbangan:

23

24

25

26 Sekian Dan Terima Kasih


Download ppt "KELOMPOK 7 Reaksi Kesetimbangan Contoh: Kesetimbangan yang hanya melibatkan satu fasa. Semua spesi berada dalam fasa gas Semua spesi berada dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google